Inflasi AS Melandai, Capai 8,2 Persen di September 2022

portalutama.com – NEW YORK, Inflasi Amerika Serikat (AS) pada September 2022 mencapai 8,2 persen secara tahunan (year on year/yoy). Inflasi ini lebih rendah dibanding bulan sebelumnya sebesar 8,3 persen dan merupakan level terendah sepanjang tahun ini sejak Februari 2022.

Dikutip dari Associated Press, data Departemen Tenaga Kerja AS juga mencatat inflasi inti naik 6,6 persen secara tahunan. Ini merupakan inflasi tertinggi sejak 1982. Sedangkan inflasi inti bulanan (MoM) naik 0,6 persen.

Para pakar sebelumnya memprediksi inflasi AS mencapai September 8,1 persen, sebagaimana tersaji dalam survei FactSet. Sedangkan inflasi inti sebelumnya diperkirakan naik 0,4 persen dari Agustus.

Lonjakan harga yang cukup fantastis dengan proyeksi tren suku bunga tinggi diperkirakan bisa membawa AS dalam jurang resesi. Lonjakan harga di tingkat konsumen akan menjadi tumpuan bagi bank sentral AS/Federal Reserve untuk mengerek suku bunganya pada pertemuan selanjutnya.

The Fed telah menaikkan suku bunga hingga 300 bps sejak Maret lalu, yang merupakan kenaikan tercepat sejak awal 1980-an. Kenaikan tersebut untuk menaikkan biaya pinjaman di sektor properti, pinjaman pembelian kendaraan, dan kredit bisnis lainnya.

Sementara itu, risalah pertemuan terbaru The Fed pada akhir September lalu menunjukkan belum adanya kemajuan dalam upaya mereka meredakan inflasi.

Para pejabat Fed sebelumnya memproyeksikan akan menaikkan suku bunga acuan dengan tambahan 1,25 persentase selama dua pertemuan berikutnya pada November dan Desember. Jika itu terjadi, akan menempatkan suku bunga utama The Fed dalam level tertinggi dalam 14 tahun.

Editor : Jujuk Ernawati

error: Content is protected !!