Erick Thohir Ungkap Hanya 23 Persen Masyarakat RI Punya Akses Air Bersih

portalutama.com – JAKARTA, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebut, hanya 23 persen dari total penduduk Indonesia yang mendapatkan akses air bersih. Sementara, beberapa warga lainnya menghadapi ketidaksetaraan harga air bersih.

Erick menjelaskan, ketidaksetaraan harga air bersih berada di kisaran Rp65.000-Rp140.000 per meter kubik.

“Hanya 23 persen populasi Indonesia telah mendapatkan akses air bersih, dan beberapa warga lainnya masih menghadapi ketidaksetaraan dari sisi harga air bersih dengan rentang antara Rp65.000 hingga Rp140.000 per meter kubik,” ujar Erick dalam gelaran SOE International Conference, Nusa Dua, Bali, dikutip, Selasa (18/10/2022).

Dia menyebut, isu air bersih hingga saat ini belum dapat ditangani secara baik, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta. Untuk menjawab isu atau permasalahan air bersih di Indonesia, pemerintah meluncurkan Indonesia Water Fund (IWF).

Program tersebut diinisiasi oleh Kementerian BUMN melalui sinergi Holding BUMN Danareksa yakni Danareksa, Nindya Karya, Perum Jasa Tirta 1, dan Perum Jasa Tirta 2, untuk menghadirkan sambungan air ke berbagai wilayah di Indonesia.

Editor : Aditya Pratama

error: Content is protected !!