Erick Thohir Beberkan Rencana Ridwan Kamil Bangun Kawasan Baru di Jawa Barat

portalutama.com – JAKARTA, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir membeberkan rencana pemerintah daerah Jawa Barat untuk membangun kawasan kota baru di luar kota Bandung. Menurutnya, rencana tersebut saat ini tengah digodok Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Erick mengatakan, Ridwan Kamil sudah bertemu pemerintah Jerman soal pembangunan kota baru tersebut. Menurutnya, pembangunan kawasan kota baru perlu dilakukan lantaran jumlah penduduk kian menjamur.

“Karena itu tadi Pak Gubernur Jabar, Ridwan Kamil kemarin ketemu pemerintah Jerman, itu menjadi kota baru lagi, tapi bukan artinya meninggalkan Bandung, ini yang salah juga, tetapi membangun area baru lagi, itu yang kita sampaikan 273 juta penduduk Indonesia tidak mungkin selalu bertempat di kota yang sudah sangat terlalu padat dalam menampung jumlah penduduk,” ucap Erick, Rabu (19/10/2022).

Di sisi lain, Erick juga akan memindahkan Kawasan Industri Pulogadung yang dikelola PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) ke wilayah Subang, Jawa Barat (Jabar). Erick menilai, keberadaan Kawasan Industri di Pulogadung sudah tidak tepat.

“Jadi, kawasan industri itu tidak cocok lagi di tengah kota, menambah polusi dan harus pindah, itu pun berubah menjadi green factory di Subang,” kata dia.

Editor : Aditya Pratama

error: Content is protected !!