Erick Thohir: 58 BUMN Fokus Salurkan Bantuan ke 40 Desa di Cianjur yang Terdampak Gempa

portalutama.com – JAKARTA, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan sebanyak 58 BUMN akan fokus menyalurkan bantuan ke 40 desa di Cianjur, yang terdampak gempa. Bantuan BUMN tidak hanya diberikan saat ini, tapi juga pada saat pemulihan pascabencana.

Karena itu, Erick meminta Satuan Tugas (Satgas) BUMN mendistribusikan bantuan untuk para korban gempa Cianjur secara maksimal. Dia juga mendorong kerja sama dengan kementerian maupun lembaga lain.

‚ÄúSelain kolaborasi 58 BUMN, kita juga mendorong sinergitas dengan kementerian dan lembaga lain. Semoga bantuan dapat kami maksimalkan dan meringankan masyarakat yang terdampak,” kata dia, Jumat (25/11/2022).

Adapun Erick telah mengunjungi lokasi pengungsian dan perkampungan warga yang terdampak gempa di Cianjur. Dia pun memastikan BUMN akan membangun Puskesmas tahan gempa, yang dapat digunakan sebagai posko kesehatan dan penyaluran obat-obatan ke depannya.

Sementara perwakilan warga RT 01 RW 02 Kampung Berenuk mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan oleh BUMN. Adapun warga kampung yang terdampak sebanyak 700 orang.

Satgas BUMN terus mengirimkan bantuan untuk membantu korban gempa melalui 3 posko Utama Satgas BUMN, 9 posko bantuan, 4 posko kesehatan dan 4 dapur umum yang tersebar di berbagai titik wilayah yang terdampak bencana. Adapun Kementerian BUMN juga telah menurunkan 349 relawan dan 61 tenaga kesehatan untuk membantu lebih dari 60.000 pengungsi mendapat bantuan dan tempat tinggal sementara.

Soal infrastruktur, Satgas BUMN telah mengirimkan 23 unit bantuan genset dan sanitasi, 33 bantuan alat berat, 17 unit ambulans, 2 unit rescue, dan 168 unit tenda.

Editor : Jujuk Ernawati

error: Content is protected !!