Dukung Prabowo, Menko Polhukam Sebut Indonesia Butuh 200 Pesawat Tempur

portalutama.com – JAKARTA, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, menyebut Indonesia butuh 200 pesawat tempur.

Dia mengungkapkan, sangat mendukung Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto, yang mengatakan investasi pertahanan Indonesia khususnya untuk peralatan perang perlu ditambah.

Menurut dia, jumlah pesawat tempur Indonesia masih jauh dari yang seharusnya. Menhan Prabowo mengatakan Indonesia setidaknya membutuhkan 200 pesawat tempur, tapi saat ini hanya memiliki 17 pesawat tempur.

“Kita baru punya 17 pesawat tempur jenis tertentu. Ini pun, dua sudah dikanibal,” ujar Mahfud MD, dalam diskusi bersama Rocky Gerung, di RGTV Channel ID, Selasa (19/10/2022).

Menurut dia, investasi pertahanan Indonesia sangat mencemaskan. Hal itu, sesuai dengan kajian Kementerian Pertahanan (Kemenhan) sehingga mengajukan proposal kepada Presiden Joko Widodo untuk menambah investasi pertahanan.

“Kalau kita hanya berpikir soal kemampuan atau kekuatan persenjataan, kita memang sangat sangat mencemaskan. Bukan mencemaskan, tapi sangat mencemaskan,” ujar Mahfud.

Dia mengungkapkan, kondisi yang sama juga terjadi pada senjata dan kapal perang. “Untuk kapal perang dengan senjata yang jarak tembaknya 200.000 km, kita punya berapa? Sementara kebutuhan dengan luasan seperti ini kita sudah menghitung semua,” tutur Mahfud MD.

Editor : Jeanny Aipassa

error: Content is protected !!