Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pedagang Jus di Kota Medan

portalutama.com – Indonesia mengalami tantangan untuk menghadapi naik turunnya kasus covid-19 dalam kurung waktu 2 tahun ini, berbagai macam aspek mulai dari kesehatan, sosial,dan ekonomi berjalan beiringan saling mendukung. Potensi penularan covid 19 yang cukup besar adalah tempat juga fasilitas umum, dimana pada area ini masyarakat melakukan aktifitas kehidupan sosial untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Covid 19 ini memberikan dampak yang besar dalam bidang ekonomi terutama pedagang. Akibatnya pendapatan yang diperoleh masyarakat juga semakin menurun maka dari itu sulit untuk me- menuhi kebutuhan kehidupan sehari- harinya. Rendahnya daya beli warga masyarakat saat pandemi banyak para pedagang kehilangan mata pencaharian juga penutupan lokasi jualan dan terpaksa berhenti untuk jualan karena sepinya pembeli.

Hal tersebut membuat biaya yang dikeluarkan oleh seorang pedagang jus yang bernama kak Dewi Natasya yaitu semakin besar dibanding pemasukan yang didapat, sehingga omset dari usaha kak Dewi tersebut mengalami penurunan dratis selama pandemi.

Kak Dewi Natasya ini adalah seorang pedagang jus yang sudah tiga tahun lamanya berjualan dan juga sudah merasakan turunnya omset pendapatan kakak tersebut selama pandemi ini, yang dimana sebelum pandemi omset yang di dapat kak Dewi ialah sebesar:

Kalau di perkirakan omset penjualan kak Dewi dapat dilihat di gambar diatas,dan selama masa pandemi covid 19 cara kak dewi menangani omset penurunan ini adalah bersabar dengan keadaan dan selalu bersyukur juga berdoa agar masa pandemic covid 19 ini segera berakhir,tetapi sangat salut dengan kak dewi,karena di masa pandemi ini,kk Dewi tetap bersemangat dan tidak putus asa dengan usaha-usaha dia, meskipun omset turun nya sangat drastis.

error: Content is protected !!