CEO BRINS Raih Penghargaan sebagai Top Executive of Insurance 2022

portalutama.com – Chief Executive Officer (CEO) PT BRI Asuransi Indonesia ( BRINS ) Fankar Umran terpilih sebagai The Best CEO (Tokoh Finansial Indonesia) untuk kategori industri asuransi yang diselenggarakan Media Investor, B-Universe Media Holding pada Jumat (9/12/2022).

Penghargaan diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap capaian seorang CEO atas kinerja keuangan dan inovasi yang dilakukannya dalam mengembangkan bisnis.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada B-Universe atas penghargaan yang telah diberikan,”ujar Fankar dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (12/12/2022).

Ia menambahkan, penghargaan yang ia dapat tidak lepas dari hasil kerja keras semua pihak, baik itu seluruh pekerja BRINS maupun customer BRINS.

“Penghargaan ini menjadi motivasi bagi kami untuk memberikan pelayanan terbaik demi masyarakat Indonesia untuk mendapatkan proteksi,” tambah Fankar.

Ketua Dewan Juri gelaran tersebut, Aviliani, mengatakan, selain berkontribusi pada pencapaian kinerja, seorang CEO panutan juga harus punya kontribusi pada sektor industri yang digeluti dan lingkungan sosial.

Tak hanya itu, daya tahan perusahaan melewati pandemi Covid-19 ikut ditentukan oleh kapabilitas dan kepiawaian seorang CEO mengendalikan perusahaan.

“Prestasinya akan makin mendapat pengakuan jika bisa menjadi inspirasi perusahaan lain untuk mampu melewati tantangan krisis ekonomi,” jelasnya.

Oleh karena itu, menurutnya, CEO harus mampu berinovasi dan dapat menyelesaikan semua tantangan yang dihadapi.

“Prestasinya bukan saja dilihat dari sisi kinerja finansial, tapi juga dilihat rekam jejaknya dan komunikasi dengan publik,” ujar Aviliani.

Tim juri yang menilai para CEO dipilih dari profesional yang pernah berkarier di lingkungan finansial, dan para praktisi keuangan, yakni ekonom Indef Aviliani, Penasehat Asosiasi Emiten Indonesia Gunawan Tjokro, mantan Ketua Umum Asosiasi Dana Pensiun Indonesia (ADPI) Suheri Lubis, Executive Director Intelectual Business Community Bayu Prawira Hie, Pengawas Dewan Asuransi Indonesia Kornelius Simanjuntak, dan Pemimpin Redaksi Investor Daily Primus Dorimulu.

Para CEO yang dinobatkan menjadi Tokoh Finansial Indonesia 2022 dipilih atas dasar penilaian kinerja finansial, hasil polling, dan penilaian juri berdasarkan data kualitatif yang dikumpulkan dari berbagai sumber dengan bobot penilaian masing-masing 40 persen, 20 persen, dan 40 persen.

Sebagai informasi, di bawah Fankar Umran, BRINS menunjukkan perubahan yang signifikan dalam dua tahun terakhir. Saat menghadapi situasi sulit karena pandemi, BRINS tetap mencatatkan pertumbuhan positif dan membukukan laba.

Sejumlah terobosan dan inovasi pun telah dihasilkan dalam kepemimpinan Fankar, antara lain membuat produk greensurance. Konsep ini kian diminati dan relevan untuk perkembangan bisnis ke depan seiring dengan komitmen global terhadap ekonomi berkelanjutan yang mengedepankan konsep ramah lingkungan atau enviroment, social, governance (ESG).

Fankar terbilang giat dalam mengembangkan dan memopulerkan produk asuransi mikro , terutama untuk segmen usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), seperti Asuransi Mikro Kerusakan Tempat Usaha dengan premi Rp 40.000 per tahun dan Asuransi Mikro Rumahku sebesar Rp 50.000, per tahun.

Selain itu, ada pula produk mikro lainnya agar para pelaku UMKM memperoleh perlindungan tanpa khawatir usahanya terpuruk bila terjadi risiko.

Di masa kepemimpinannya, BRINS pun memiliki program yang bertujuan untuk melindungi UMKM lewat kegiatan corporate social responsibility (CSR) BRINS Jagain Teman UMKM agar pelaku usaha mikro termotivasi untuk bangkit di tengah keterpurukan kondisi pandemi.

BRINS juga terus mengembangkan teknologi digital dan produk yang inovatif dalam memenuhi kebutuhan pasar, terutama membidik kalangan muda dan milenial yang lebih akrab dengan cara-cara digital.

Dalam hal itu, BRINS berupaya menawarkan produk yang dapat disesuakan dengan kebutuhan. Selain menyediakan aplikasi BRINS Mobile sebagai one stop insurance services, BRINS juga menjalin kerja sama dengan berbagai platform online serta aggregator (marketplace) untuk memperluas jangkauan.

Sebagai informasi, penghargaan untuk CEO berprestasi oleh Media Investor pada 2022 merupakan gelaran yang ke-19.

Ada 9 kategori penghargaan yang diberikan kepada para CEO yang dinilai layak menyandang predikat Tokoh Finansial 2022, meliputi Top Executive of Listed Company, Top Executive of Securities Company, Top Execurive of Insurance Company, Top Executive of Multifinance Company, Top State Owned Banker, Top Private Banker, Top Regional Banker, Top Fund Manager dan Agent of Change of State Owned Enterprises.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!