CEK FAKTA: Tidak Benar, Video PSI Sakit Hati Dipermalukan Ganjar Pranowo

Merdeka.com – Sebuah video beredar di media sosial dengan klaim PSI sakit karena dipermalukan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Video itu dibagikan oleh kanal Youtrod Official dan telah ditayangkan lebih dari dua ribu kali.

Sedangkan, pada thumbnail tampak Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie bercucur air mata dan disandingkan dengan foto Ganjar Pranowo.

Sosok Grace Natalie, Wakil Ketua Partai Solidaritas Indonesia (PSI) juga memberikan keterangan di awal video mengenai calon presiden 2024.

Sementara gambar dan judul pada video tersebut menggunakan narasi ‘DIPERMALUKAN GANJAr, PSI AKUI SAKIT HATI.

Penelusuran

Pencarian sumber video asli dilakukan dengan memasukkan tangkapan video ke situs Yandex dan Google Images.

Video yang menampilkan Grace Nathalie merupakan momen ketika dirinya memberikan keterangan bahwa PSI klaim Ganjar Pranowo menjadi capres pilihan rakyat berdasarkan Rembuk Rakyat. Dalam Video yang diunggah di kanal YouTube Kompas.com, Grace mengatakan PSI akan mencalonkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden PSI 2024.

Kemudian, muncul pula Ketua Bapilu DPP PDI-P, Bambang Wuryanto menanggapi mengenai kabar PSI yang mengusung Ganjar Pranowo. Dirinya menyebut pengusungan Ganjar ibarat anak yang dipinang oleh orang lain sehingga jika seseorang ingin meminang anak orang lain, orang tersebut harus berbicara terlebih dahulu ke orangtuanya. Video itu juga diunggah di Kompas.com.

Video itu juga memuat kritik Justin Andrian Udaya kepada Anies Baswedan yang membuat sumur resapan. Menurutnya, penanggulangan masalah banjir seharusnya dengan normalisasi sungai sehingga sumur resapan dijadikan sebagai supporting system, bukan media utama penanggulangan banjir.

Video itu sama sekali tidak menampilkan Grace Natalie menangis dan bercucuran air mata ataupun adegan Ganjar yang mempermalukan PSI.

Kesimpulan

Video yang mengeklaim PSI sakit hati akibat dipermalukan Ganjar ialah hoaks. Konten yang beredar itu tidak memuat video sesuai narasi yang dibagikan sehingga dapat dikatakan click bait.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.suara.com/news/2022/10/13/183933/cek-fakta-benarkah-video-bernarasi-bercucur-air-mata-ketum-psi-sakit-hati-dipermalukan-ganjar-pranowo
https://www.youtube.com/watch?v=m1rZuJUfxeY
https://www.youtube.com/watch?v=HoafuEtRU_s
https://www.youtube.com/watch?v=9eEkJZwOy_Q

Reporter Magang: Aslamatur Rizqiyah

[lia]


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.