CEK FAKTA: Hoaks, TNI Siapkan Rudal 200 Mengarah ke Malaysia

Merdeka.com – Baru-baru ini, beredar sebuah video di Facebook membagikan dan disebut Tentara Nasional Indonesia (TNI) telah memasang 200 rudal di Selat Malaka yang diarahkan ke Kuala Lumpur.

Video berdurasi 30 detik itu juga menuliskan narasi, “Mengertikan Rudal TNI Keluar Semua.”

Disebutkan beberapa target penembakan antara lain, gedung parlemen, pusat pemerintahan Ahmad Badawi, menara Petronas, serta beberapa obyek vital lainnya.

Suara perempuan dalam video itu juga menyebutkan bahwa peluncuran rudal tersebut akan segera dilakukan jika Malaysia kembali mengklaim warisan budaya tradisional Indonesia.

Narasi yang dibagikan seperti ini.

Saat ini militer Indonesia telah memasang 200 rudal jarak jauh berbagai varian di sekitar Selat Malaka yang diarahkan ke Ibu Kota Malaysia, Kuala Lumpur. Adapun target utama antara lain gedung parlemen, pusat pemerintahan Ahmad Badawi, menara Petronas serta beberapa obyek vital lainnya. Peluncuran rudal-rudal tersebut segera dilakukan apabila Malaysia kembali membuat ulah terkait dengan klaim atas warisan budaya tradisional budaya Indonesia maupun pelanggaran teritorial baik disengaja maupun tidak disengaja.

Penelusuran

Dilansir Kompas.com, tidak ditemukan informasi kredibel tentang klaim TNI memasang 200 rudal di Selat Malaka untuk menyerang Malaysia.

Klip video tersebut merupakan gabungan video di YouTube Garuda NET dan Cumimif Chanel yang memperlihatkan sejumlah TNI dalam tengah melakukan latihan militer. Video di YouTube Garuda NET melalui judulnya diketahui bahwa kegiatan tersebut merupakan latihan puncak antar-kecabangan TNI Angkatan Darat tahun 2017. Sementara, di Cumimif Chanel merupakan latihan menembak meriam 155 mm Caesar tahun 2018 satuan Yonarmed 9/2/1 Kostrad dan penyematan Brevet Armed ke Pangkostrad.

Dalam dua video tersebut pun tidak ditemukan adanya narasi tentang pemasangan 200 rudal di Selat Malaka serta penyerangan terhadap Malaysia.

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran terhadap isu tentang TNI yang memasang rudal untuk Malaysia, kabar tersebut merupakan hoaks. Video tersebut adalah potongan dari kegiatan latihan TNI yang diambil dari berbagai sumber di YouTube.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Sumber:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/09/01/172700182/-hoaks-tni-pasang-200-rudal-di-selat-malaka-untuk-serang-malaysia?page=all

Reporter Magang Aslamatur Rizqiyah

[lia]


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.