Cara Emina Mengedukasi Kepedulian Lingkungan Untuk Remaja

Berangkat dari motivasi untuk menciptakan perubahan di lingkungan, Emina mengajak seluruh remaja Indonesia untuk mulai melakukan langkah-langkah kecil yang positif.

Menurut data Waste4Change, Indonesia mencatat sebanyak 185 ribu ton sampah setiap harinya, dan hanya sedikit dari sampah-sampah tersebut yang dikelola dengan baik. Sejak akhir tahun 2021, Emina telah menghadirkan berbagai inisiatif Corporate Social Responsibility (CSR) dan sustainability melalui program #EminaGotYourBack yang mengajak masyarakat terutama remaja Indonesia untuk memulai langkah kecil dengan berdonasi buku dan mengumpulkan sampah produk kosmetik mereka yang nantinya didaur ulang. Emina mendorong seluruh remaja Indonesia dan mengaktifkan dukungan mereka untuk masa depan yang lebih sehat dan berkelanjutan.

Emina telah menginisiasi beberapa gerakan CSR sejak tahun 2021. Bekerja sama dengan Guardian, produk ini menyediakan beauty dust bin yang di sekitar 42 gerai Guardian di Indonesia, yang mana masyarakat dapat menaruh sampah kemasan produk kosmetik mereka ke dalam Emina beauty dust bin.

Brand ini juga berkolaborasi dengan Lyfe With Less dalam program #PakaiSampaiHabis untuk mengajak masyarakat mengumpulkan sampah produk kosmetik Emina mereka dan melakukan edukasi kepada remaja baik secara offline (program goes to school) dan online (event daring, livestream social media). Melalui kerja sama dengan Guardian dan Lyfe With Less, Emina telah mengumpulkan 1 ton sampah berupa kemasan produk kosmetik.

Clarissa A. Gunawan, Teens & Emerging Brand Group Head Emina mengatakan, pihaknya mengedepankan inovasi dalam setiap inisiatif dan produk yang dihadirkan. Pihaknya percaya bahwa langkah kecil jika dilakukan bersama secara konsisten akan memberikan dampak besar yang positif. Menjadi beauty bestie seluruh remaja Indonesia, Emina selalu ingin memberikan yang terbaik.

Setelah berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mengumpulkan sampah kemasan produk kosmetik, Emina mendaur ulang sampah tersebut menjadi barang berguna. Sebagai langkah awal, Emina bekerja sama dengan Trashsmith mengubah 90 kg sampah kemasan produk kosmetik yang terkumpul menjadi rak buku dan kursi yang selanjutnya didonasikan kepada berbagai Taman Bacaan daerah Indonesia Timur seperti Kupang dan Kabupaten Malaka melalui kerja sama dengan Taman Bacaan yang merupakan mitra dari Indorelawan. Selain itu, Emina juga menghadirkan program Donate Book ntuk menyalurkan ratusan buku dan melakukan sharing session tentang kepercayaan diri, cita-cita, dan kesehatan kulit wajah ke Taman Bacaan jejaring Indorelawan seperti Taman Bacaan Perigi (Depok, Jawa Barat), Bale Baca Cijayanti (Bogor, Jawa Barat), OKL Street Library (Malaka, NTT), dan Rumah Sejuta Mimpi (Kupang, NTT).

Selain berinovasi melalui program CSR, Emina juga mengedepankan inovasi dalam produknya. Tahun lalu, Emina telah meluncurkan Emina Naturapal sebagai langkah awal menuju keberlanjutan melalui inovasi ingredients dan kemasan yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar dan alam.

“Kita memang selalu punya pilihan, termasuk memilih untuk ambil satu langkah kecil yang dapat memberikan dampak besar kepada lingkungan. Seiring dengan program keberlanjutan yang terus kami lakukan, Emina akan terus berkolaborasi dengan berbagai pihak melalui kegiatan-kegiatan berkelanjutan #EminaGotYourBack. Harapannya, program ini dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terutama remaja Indonesia terhadap lingkungan,” tambah Clarissa.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


Artikel ini bersumber dari swa.co.id.