Cara Aruna Dukung Pariwisata Indonesia

Menparekraf Sandiaga S. Uno pada peresmian ‘A Lobster Farm’ yang dibangun oleh Aruna

Aruna Indonesia, perusahaan supply chain aggregator perikanan asal Indonesia yang berkomitmen untuk meringkas rantai pasok produk perikanan dengan menghubungkan nelayan skala kecil ke pasar global melalui teknologi, bersama  Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI), melaksanakan peresmian program inovasi ecotourism berbasis pengembangan industri budidaya lobster, ‘A Lobster Farm’ di Pantai Amed, Karangasem Bali secara hybrid dari Nusa Dua, Kamis (6/10). 

Inisiasi terbaru Aruna yang berfokus pada konsep keberlanjutan ekosistem kelautan dan  sustainable tourism ini   menghadirkan produk hasil perikanan (from sea to table) yang berkualitas dan bernilai tambah bagi wisatawan, sekaligus masyarakat pesisir setempat.   

Juga akan berperan sebagai Aruna Hub yang berlokasi di Bali, sekaligus sebagai visitor centre bagi Aruna untuk melakukan penelitian, pembelajaran, sekaligus kolaborasi dengan mitra Aruna untuk mengembangkan inovasi-inovasi baru yang mendukung keberlanjutan sektor perikanan dan kelautan Indonesia.

“Bali merupakan garda terdepan untuk transformasi pariwisata di Indonesia, bukan hanya dari sisi keindahannya, namun juga dari potensi laut yang dimilikinya. Ini dapat mendorong terwujudnya pariwisata yang inklusif dan sustainable. Saya harap, niat baik Aruna ini dapat semakin menyejahterakan nelayan dan komunitas pesisir, baik dari segi ekonomi, sosial, maupun lingkungan, sehingga percepatan pemulihan ekonomi Bali dapat segera terjadi. Jaya terus untuk Aruna!,” ujar Sandiaga Uno.

Menparekraf  memuji langkah yang dilakukan Aruna  telah melakukan transaksi hingga Rp 2,5 miliar perbulannya di 350 hotel dan restoran. “Saya pasti akan mengunjungi Amed melihat lobster dan berharap bisa menjadi destinasi unggulan Bali. Saat ini kita kurang desa wisata berbasis pesisir,” tambah Sandiaga Uno.

Utari Octavianty, Co-Founder dan Chief Sustainability Officer Aruna, menyatakan ‘A Lobster Farm’ merupakan kolaborasi antarsektor dengan pelaku pariwisata untuk pemulihan ekonomi, sosial, dan lingkungan yang berkelanjutan dan . semakin mempertegas komitmen Aruna untuk terus memberdayakan nelayan serta masyarakat pesisir.  “Inisiasi terbaru Aruna ini merupakan implementasi perdana konsep sustainable tourism yang diwujudkan melalui pengalaman diving. Di Amed, Aruna juga mulai mendirikan Aruna Visit Center sebagai tempat showcase produk seafood Aruna, serta restoran di mana pengunjung dapat mencicipi menu-menu seafood segar Aruna. Aruna ingin terus memperluas cakupan fungsi dari A Lobster Farm ini. Dengan demikian, edukasi dan pengalaman yang menarik dapat semakin dibagikan kepada lebih banyak orang,” ujar Utari Octavianty.


Artikel ini bersumber dari swa.co.id.