BRI Hadirkan 500 UMKM Terpilih di UMKMEXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022

portalutama.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk selenggarakan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 pada 1-31 Desember 2022 dengan tema ‘Brings MSMEs Indonesia to the World’. Acara tersebut bertujuan untuk mendorong UMKM Indonesia agar masuk ke pasar global.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan kegiatan ini pihaknya menghadirkan lebih dari 500 UMKM terpilih. Adapun dalam pemilihan peserta UMKM mempertimbangkan aspek Environmental, Social, Governance (ESG). Hal tersebut diungkapkan olehnya saat Press Conference UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022, hari ini.

Turut hadir dalam acara tersebut Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari, Direktur Bisnis Konsumer Handayani, Kurator Brilianpreneur 2022 Diana Nazir, Owner CV Ade Soelistyowati, dan perwakilan peserta UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR Gemilang Inovasi.

“UMKM harus banyak mendapatkan kesempatan agar dapat melakukan ekspor dan masuk pasar internasional karena UMKM saat ini merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Program UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR menjadi salah satu langkah konkret BRI sebagai lembaga keuangan yang turut bertanggung jawab memajukan UMKM Indonesia. BRI melihat adanya peluang besar bagi produk Indonesia untuk masuk ke pasar global. Hasil karya anak bangsa dinilai memiliki kualitas yang dapat bersaing dengan produk dari negara -negara lain,” kata Sunarso dalam keterangan tertulis, Jumat (2/12/2022).

Ia mengatakan para pelaku UMKM akan memperlihatkan keunikan, kualitas, dan kisah dibalik produk, bahan baku serta material ramah lingkungan, hingga pemberdayaan masyarakat pada proses produksi yang beragam kepada audience nasional hingga buyer internasional dari 19 negara. Ada beragam kategori produk yang ditampilkan Home Decor & Craft, Fashion & Wastra, dan Healthcare atau Wellness melalui Indonesia’s Finest.

“Dengan adanya kerja sama yang dibentuk oleh BRI tersebut tentunya akan semakin membantu para UMKM yang akan go global untuk semakin mudah menembus pasar internasional,” jelasnya.

Sementara itu, Amam mengatakan BRI terus mendorong antusiasme pelaku UMKM untuk menembus pasar global. Hal ini dibuktikan dengan jumlah pendaftar UMKM dalam BRILIANPRENUER 2022 yang meningkat signifikan 126% Year on Year (YoY). Tidak hanya itu, semangat untuk go global juga semakin menyebar di berbagai wilayah di Indonesia, sebagaimana tampak dari asal kota yang berpartisipasi dalam UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR yang melesat 113% YoY.

“Sebanyak 1.189 UMKM binaan BRI dan 128 UMKM terpilih yang berasal dari komunitas, lembaga dan kementerian terkait, yang telah mendaftar sebagai peserta kurasi UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022 hingga terpilih 500 pelaku UMKM,” kata Amam.

Ia menjelaskan pihaknya memperkuat pemberdayaan melalui berbagai pelatihan, pendampingan, hingga pembiayaan.

“Untuk mendukung merealisasikan penjualan UMKM secara go global, selain kami kini memiliki 6 kantor di luar negeri yang sudah bekerjasama dengan 1.200 bank, kami juga tentunya membekali UMKM dengan berbagai pelatihan yang telah diselenggarakan sebelum business matching dilaksanakan,” jelasnya.

Di sisi lain, Diana Nazir mengatakan untuk sesi penilaian terhadap UMKM terpilih bakal lebih komprehensif. Di mana pihaknya bakal melakukan kurasi UMKM secara lebih mendalam.

“Proses kurasi UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR tahun ini yang cukup panjang, telah melalui beberapa tahapan, baik administrasi, observasi semua produk secara langsung dan juga interview dengan pemilik usaha,” kata Diana.

Selama acara UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2022, nasabah BRI dapat menikmati berbagai promo menarik berupa diskon dan cashback 57% hingga Rp 227 ribu dari 1 hingga 31 Desember 2022. Promo tersebut dapat diperoleh jika melakukan pembelian produk via e-commerce Tokopedia, Shopee, Blibli, dan PADI UMKM, serta melakukan pembayaran menggunakan Debit dan Kartu Kredit BRI.

error: Content is protected !!