BI Optimistis Pertumbuhan Ekonomi 2023 Cukup Baik 4,5 sampai 5,3 Persen

portalutama.com – Gubernur Bank Indonesia ( BI ) Perry Warjiyo mengatakan, Indonesia tetap harus waspada dan bangkit di tengah gejolak ekonomi global.

Ia mengatakan, ekonomi Indonesia akan bertahan menghadapi gejolak ekonomi global dengan pertumbuhan ekonomi pada 2023 sekitar 4,5-5,3 persen.

“Kami perkirakan bahwa pertumbuhan ekonomi tahun 2023 akan cukup baik 4,5 sampai 5,3 persen,” kata Perry dalam Podcast Birama secara virtual, Jumat (2/12/2022).

Perry juga mengatakan, inflasi indeks harga konsumen (IHK) diperkirakan akan kembali menyasar 3,0±1 persen pada 2023. Selain itu, nilai tukar rupiah akan stabil dan cenderung menguat.

“Demikian juga stabilitas keuangan terjaga dan lebih dari itu digitalisasi ekonomi dan keuangan akan meningkat pesat baik berkaitan dengan e-Commerce uang elektronik dan perbankan digital,” ujarnya.

Lebih lanjut, Perry mengatakan, dalam menghadapi dampak gejolak ekonomi global, BI akan terus melakukan pembauran kebijakan dan bersinergi erat dengan pemerintah dan Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK).

Adapun pembauran kebijakan tersebut di antaranya yaitu, kebijakan moneter yang pro stabilitas, menurunkan inflasi, menstabilkan nilai tukar rupiah dari tekanan global.

“Perkuat sinergi, koordinasi inovasi kebijakan pemerintah BI, KSSK dan berbagai pihak untuk menyongsong 2023 dengan ketahan dan kebangkitan, itulah pesan utama yang akan disampaikan dalam acara ini,” ucap dia.

error: Content is protected !!