BEI Bakal Buka Galeri Investasi dan Edukasi di Kampus Luar Jawa

(kanan atas) Dedy Priadi, Kepala Divisi Pengembangan Pasar BEI pada 6 Oktober 2022. (Tangkapan layar : Vicky Rachman/SWA).

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) berencana membuka galeri investasi dan edukasi di perguruan tinggi di luar Pulau Jawa. Dedy Priadi, Kepala Divisi Pengembangan Pasar Bursa Efek Indonesia menyampaikan BEI pada Semester II/2022 ini berencana membuka galeri investasi dan edukasi di perguruan tinggi yang berlokasi di Pontianak, Kalimantan Barat dan Papua .

“Dalam waktu dekat, kami akan membuka di Pontianak dan Papua. Galeri Investasi dan Edukasi BEI ada di seluruh Indonesia, tidak hanya di perguruan tinggi, tetapi juga di SMA,” ujar Dedy di edukasi wartawan bertajuk Akselerasi Pertumbuhan Investor Pasar Modal Indonesia di Jakarta pada Kamis (6/10/2022)

Dedi mengatakan BEI berinisiatif membuka Galeri Investasi dan Edukasi untuk meningkatkan literasi keuangan dan investasi para mahasiswa. Selain itu, BEI rutin menggencarkan literasi mengenai pasar modal kepada para pelajar SMA. “Kurikulum mengenai pasar modal diajarkan kepada siswa SMA. BEI mengakselerasi literasi kepada para pelajar SMA dan cara ini sangat efektif karena setelah mereka lulus maka sudah terbiasa mengetahui tentang pasar modal,” tutur Dedi.

Jumlah galeri investasi per September 2022 sebanyak 710 unit yang yang tersebar di seluruh Indonesia.  Dedi menyebutkan minat generasi muda berinvestasi di pasar modal itu sangat tinggi di masa pandemi Covid-19. “Kami mengapresiasi kalangan muda, untuk itu kami menghimbau para investor untuk menerapkan prinsip 3P, yaitu Paham, Punya, dan Pantau. Prinsip 3P ini untuk memitigasi risiko serta menjadikan investor itu cerdas untuk menganalisa portofolio investasi, misalnya di pasar saham,” tutur Dedi.

Sumber : BEI

Investor dimudahkan untuk mengakses informasi dan keterbukaan informasi di situs BEI, situs perusahaan tercatat (emiten), berita di media massa serta alat bantu yang disediakan BEI (notasi khusus, trading halt, daftar saham dalam pemantauan khusus dll). Jumlah emiten di BEI per 7 Oktober 2022 ini sebanyak 810 emiten. Agar meningkatkan pengetahuan investor. BEI juga rutin menggelar kegiatan edukasi tentang pasar modal di platform digital dan konvesional.

Jumlah kegiatan edukasi yang digelar BEI hingga Agustus 2022 sebanyak 6.822 kali dengan jumlah total peserta sebanyak 495.097 peserta. Rinciannya jumlah kegiatan di ranah digital sebanyak 5.650 kali dan 439.737 peserta, kemudian jumlah kegiatan edukasi tatap muka sebanyak 1.175 kali yang diikuti 55.360 peserta. “BEI juga mengadkan Sekolah Pasar Modal (SPM) level 1, 2 dan tingkat lanjutan. Hingga Agustus tahun ini, SPM level 1 hingga tingkat lanjutan ini diadakan sebanyak 2.906 kali yang pesertanya sebanyak 116.535 orang,” ucap Dedy menjabarkan.

Demografi InvestorRitel

Halaman Selanjutnya

Adapun, jumlah investor pasar modal di Agustus tahun…


Artikel ini bersumber dari swa.co.id.