Baru Menjadi Anak Kos? 4 Barang Ini Wajib Banget untuk Dimiliki

Merdeka.com – Menjadi anak kos artinya kamu harus tinggal terpisah dari orang tua dan dituntut untuk bisa jadi lebih mandiri. Kebanyakan orang memulai kehidupan terpisah dari keluarga ketika mereka hendak bersekolah atau bekerja di tempat yang jauh dari rumah. Bila sebelumnya ada yang membantu dalam berbagai hal seperti memasak, mencuci, dan sebagainya, sekarang harus bisa melakukan kegiatan tersebut dengan sendiri.

Sebagai seseorang yang hidup sendiri, artinya kamu juga perlu untuk mempersiapkan banyak barang yang akan memberikan kemudahan di saat-saat ngekos. Untuk itu, sederet benda ini wajib banget untuk dimiliki. Kira-kira apa saja, ya?

1. Rice Cooker

baru menjadi anak kos 4 barang ini wajib banget untuk dimiliki

©Shutterstock

Menjalani kehidupan sebagai anak kos, tak lengkap rasanya bila tak memiliki rice cooker. Alat elektronik ini penting banget karena bisa membantu menghemat biaya makan. Memiliki benda ini, artinya kamu tak perlu mengeluarkan uang ekstra untuk membeli makanan.

Selain nasi, rice cooker bisa dimanfaatkan pula untuk memasak berbagai hidangan lainnya seperti sop, tumis sayur, atau soto ayam. Terlebih, barang ini juga bisa dipakai untuk menggoreng olahan lainnya seperti tempe atau tahu. Sungguh praktis, bukan?

2. Peralatan Makan

baru menjadi anak kos 4 barang ini wajib banget untuk dimiliki

©Shutterstock

Selain rice cooker, kamu perlu juga untuk menyediakan peralatan makan yang lengkap. Mulai dari piring, sendok, mangkuk dan bahkan garpu. Memiliki peralatan ini, tentunya akan memudahkanmu untuk menyantap makanan.

Jangan lupa pula untuk memberi label nama di setiap alat makan yang dimiliki, ya. Sehingga, barang-barang mu tak akan tertukar dengan tetangga sebelah kamar atau hilang entah ke mana. Selain itu, kamu bisa membawa set perlengkapan ini dari rumah atau bisa membelinya di toko terdekat bila tak ingin ribet.

3. Alat Bersih-Bersih

baru menjadi anak kos 4 barang ini wajib banget untuk dimiliki

©Shutterstock

Biasanya beberapa rumah kos sudah menyiapkan peralatan kebersihan. Namun, barang-barang tersebut tentunya dipergunakan untuk keperluan bersama bagi seluruh penghuni kos. Oleh karenanya, lebih baik membawa alat bersih-bersih sendiri agar bisa digunakan secara pribadi.

Membersihkan kamar kos itu hal yang wajib banget untuk dilakukan. Minimal kamu perlu menyapu dan membersihkan debu yang ada setiap harinya. Jika pun luang, maka bisa mengepel lantai kamar setiap satu kali seminggu.

4. Colokan Listrik

baru menjadi anak kos 4 barang ini wajib banget untuk dimiliki

©Shutterstock

Barang wajib lainnya yang harus dimiliki oleh anak kos adalah colokan listrik. Alat ini pasti diperlukan banget, terutama untuk bisa bantu mengisi daya pada handphone atau laptop. Selain itu, peralatan elektronik yang lain sangat bisa digunakan bila di kamar terdapat colokan listrik ini.

Meskipun biasanya kamar kos menyediakan colokan listrik, namun tentunya hal tersebut ada dalam jumlah yang terbatas. Untuk itu, ada baiknya bila memiliki cadangan colokan listrik, supaya bisa berjaga-jaga untuk hal yang tak diinginkan. Kamu bisa menyiapkan colokan listrik yang memiliki minimal 3 lubang. Kalaupun mau lebih juga tak jadi masalah.

Itulah 4 barang wajib yang harus dimiliki anak kos. Dikatakan wajib, karena berbagai alat ini bisa menunjang kehidupan mereka yang tinggal jauh dari kedua orang tua. Sehingga, kegiatan sehari-hari pun jadi lebih mudah untuk dijalani.


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.