Bali Jagadhita Culture Week III Tahun 2022, Upaya BI Bangkitkan  UMKM Bali

G. A. Diah Utari (Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali), Trisno Nugroho ( Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali), dan Ali Charisma (Ketua Indonesian Fashion Chamber)

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali kembali akan menyelenggarakan “Bali Jagadhita Culture Week III Tahun 2022”, strategic event tahunan Bank Indonesia Provinsi Bali, Jumat – Minggu, 4 – 6 November 2022 di Discovery Shopping Mall, Kuta.

Bali Jagadhita merupakan hasil sinergi Bank Indonesia dengan Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Kementerian Koperasi dan UMKM, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Pemerintah Provinsi Bali, Dekranasda Provinsi Bali, Indonesian Fashion Chamber (IFC) dan perbankan serta Penyelenggara Jasa Pembayaran (PJP) di Bali. 

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho, mengatakan, tema yang diangkat pada event Bali Jagadhita Culture Week III Tahun 2022 adalah “Sinergi dan Bangkit bersama UMKM Bali: Go Digital dan Go Global”, selaras dengan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2022 yang telah diselenggarakan 26 – 29 Mei 2022 di Jakarta yaitu “UMKM Indonesia Bangkit melalui Digitalisasi dan Globalisasi Menuju Pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutan”. Kegiatan ini juga merupakan dukungan terhadap Gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Gerakan Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja (BBWI).

Kegiatan Bali Jagadhita Culture Week III Tahun 2022 terdiri dari serangkaian kegiatan pameran UMKM, fashion show, talkshow, workshop, business matching, sosialisasi, serta aneka lomba dan hiburan untuk lebih memeriahkan acara.

 “Pada Bali Jagadhita tahun ini, Bank Indonesia bekerja sama dengan Perusahaan Umum Daerah juga menyelenggarakan operasi pasar di area kegiatan sebagai bentuk dukungan terhadap Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP)”, ujar Trisno Nugroho. 

Penyelenggaraan Bali Jagadhita Culture Week III tahun 2022 ini menurut Trisno akan diikuti oleh 34 UMKM Bali binaan Bank Indonesia Provinsi Bali dan Pemerintah Provinsi Bali, 5 UMKM binaan Bank Indonesia Provinsi NTB dan NTT, 6 perbankan, 11 tenant makanan kolaborasi dengan perbankan dan Gojek, serta 2 Perumda untuk pelaksanaan operasi pasar dan beberapa lomba untuk tingkat TK, SD, SMP dan masyarakat umum. 

“Sinergi dan kolaborasi dengan perbankan, seperti BPD Bali, BNI, BRI, Bank Mandiri, BCA, dan Bank BJB juga dilaksanakan untuk memperluas akses pembiayaan kepada UMKM,” tambah Trisno. 

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, G. A. Diah Utari menyampaikan, berbeda dari tahun lalu, Bali Jagadhita Culture Week III tahun 2022 memiliki konsep festival yang dibuka untuk umum. Oleh karena itu, pusat perbelanjaan dipilih menjadi tempat penyelenggaraan acara. 

Ali Charisma, Ketua Indonesian Fashion Chamber, menyampaikan, rangkaian kegiatan Bali Jagadhita Culture Week III Tahun 2022 ini juga akan diisi dengan fashion show hasil karya UMKM Bali. “Pada tahun ini, kita akan menampilkan rancangan busana dengan desain dan buatan dari UMKM binaan Bank Indonesia Bali. Tahun ini, UMKM ditantang untuk dapat meningkatkan added value dari wastra yang diproduksi sehingga dapat membuat sebuah produk ready to wear,” ujar Ali. Dengan adanya kegiatan ini, Trisno berharap dapat meningkatkan kapasitas UMKM, memperluas akses UMKM ke pasar domestik dan global, meningkatkan pemanfaatan digitalisasi, serta memfasilitasi pembiayaan oleh lembaga formal bagi UMKM. “Dengan demikan, kegiatan ini dapat membawa UMKM Bali menuju “Jagadhita” yang bermakna memberikan kebahagiaan dan kesejahteraan bagi masyarakat,” tutur Trisno. 


Artikel ini bersumber dari swa.co.id.