Apa Itu CNG? Bahan Bakar Pengganti Pertalite, tapi Setara Pertamax Turbo Ron 98

portalutama.com – Pemerintah tengah merencanakan untuk menghadirkan bahan bakar baru di tengah harga BBM naik.

Bahan bakar baru itu nantinya akan menggantikan BBM jenis Pertalite, namun memiliki kualitas setara Pertamax Turbo Ron 98.

Bahan bakar yang baru itu adalah CNG atau compressed natural gas.

Pertamina sendiri sudah melakukan berbagai pengujian CNG , baik untuk mobil, motor, hingga perahu nelayan.

Lalu apa itu CNG ?

Saat ini bahan bakar CNG digunakan kurang dari 2 persen kendaraan di seluruh dunia. Akan tetapi, jumlah itu terus bertambah seiring dengan naiknya harga minyak dunia.

CGN terdiri dari 70 persen hingga 90 persen metana, gas rumah kaca paling signifikan kedua yang berkontribusi terhadap perubahan iklim, setelah karbon dioksida.

Di Amerika Serikat, lebih dari dua pertiga gas alam berasal dari rekahan hidrolik, juga dikenal sebagai fracking. 3 Persentase sisanya merupakan produk sampingan dari pengeboran minyak mentah. Mengompresi gas alam menguranginya menjadi 1 persen dari volume aslinya, membuatnya dapat digunakan sebagai bahan bakar transportasi.

Melansir dari bumn.go.id, gas alam yang diproses menjadi CNG merupakan sumber energi yang hemat dan ramah lingkungan.

Sehingga pemerintah tampaknya mulai serius mempertimbangan CNG menggantikan Pertaline.

“Program gas bumi untuk transportasi darat dan kapal nelayan tradisional akan menggunakan CNG ,” ucapnya dalam paparan pada webinar “Kedaulatan Energi” di UII Yogyakarta.

“Kami proyeksikan program ini akan mengoptimalkan pemanfaatan SPBG milik Pertamina yang dibangun menggunakan dana mandiri dan APBN. Ada 35 SPBG untuk direaktivasi secara bertahap. Saat ini, sudah tiga unit di Semarang (Jawa Tengah) yang telah direvitalisasi,” tutur Haryo Yunianto menambahkan.

Menggunakan bahan bakar CNG selain lebih bersih, juga diklaim lebih murah.

Pasalnya, energi yang dibutuhkan untuk mengekstrasi gas alam lebih rendah daripada ekstrasi minyak mentah.

Dan karena CNG berbentuk gas, tidak ada proses penyulingkan membuat biaya produksi 50 persen lebih rendah daripada bensin, solar, maupun jenis BBM lain.

Selain itu, kendaraan yang menggunakan CNG juga memiliki biaya operasi yang lebih rendah daripada kendaraan diesel dan bensin.***

error: Content is protected !!