Antam Jajaki Join Venture Garap Baterai Kendaraan Listrik

portalutama.com – JAKARTA, PT Aneka Tambang Tbk (Antam) menjajaki pembentukan joint venture (perusahaan patungan) untuk menggarap proyek baterai kendaraan listrik atau electronic vehicle (EV). Saat ini, Antam sedang menjajaki kerja sama dengan salah satu produsen prekursor terbesar di dunia.

Prekursor merupakan bahan kimia yang secara luas digunakan berbagai industri, baik skala besar maupun kecil untuk berbagai keperluan seperti industri farmasi, kosmetika, makanan, tekstil, cat, termasuk pula proses vulkanisir ban.

Direktur Utama Antam, Nico Kanter, mengatakan joint venture tersebut dibentuk guna memenuhi permintaan produksi dari perusahaan yang sudah lebih dulu bekerja sama dengan perseroan, antara lain PT Ningbo Contemporary Brunp Lygend Co, Ltd (CBL) dan LG Energy Solution (LG).

Menurut dia, baterai merupakan komponen penting dalam perkembangan ekosistem kendaraan listrik atau EV. Untuk itu, perseroan mengambil langkah kerja sama dengan mitra-mitra strategis di bidang terkait.

“Mitra-mitra tersebut tentunya yang merupakan pemain global,”kata Nico dalam acara BNI Investor Daily Summit 2022, dikutip Rabu (12/10/2022).

Dia menjelaskan, Antam harus bisa memenuhi tuntutan dari perusahaan yang tergabung dalam perusahaan tersebut untuk meyakinkan para investor bahwa perseroan mampu mengeksekusi berbagai proyek dengan baik.

Terkait pembentukan perusahaan patungan dengan salah satu produsen prekursor tersebut, Nico menyampaikan, saat ini perseroan tengah dalam tahap penjajakan yang akan segera dirampungkan.

“Diskusi dengan mitra kami pastikan terus berjalan,” tutur Nico.

Editor : Jeanny Aipassa

error: Content is protected !!