5 Konglomerat Dunia yang Pilih Hidup Sederhana, Salah Satunya dari Indonesia

portalutama.com – JAKARTA, Kehidupan seorang konglomerat biasanya diwarnai dengan berbagai kemewahan, dengan banyaknya harta yang dimiliki. Mereka bisa melakukan apa pun tanpa harus mengalami kesulitan.

Namun ternyata, ada beberapa konglomerat dunia yang lebih memilih hidup sederhana padahal memiliki harta yang berlimpah.

Berbagai alasan yang mendasari mereka lebih memilih hidup sederhana, mulai dari prinsip hidup, hingga ada juga yang menilai bahwa uang bukanlah segalanya dan lebih memilih untuk banyak melakukan amal.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut 5 konglomerat yang memilih hidup sederhana:

1. Jack Ma
Jack Ma merupakan seorang pengusaha sukses pendiri e-commerce nomor satu di China, Alibaba. Dia juga menaungi beberapa anak perusahaan ternama. Harta kekayaannya bahkan mencapai 22,8 miliar dolar AS atau setara dengan Rp354,24 tirliun.

Mantan guru Bahasa Inggris yang sempat ditolak puluhan kali saat melamar pekerjaan ini berasal dari keluarga sederhana. Karena itu, ketika dia sudah memiliki banyak uang, gaya hidupnya tak banyak berubah.

Ma selalu berpenampilan sederhana. Dia juga lebih suka makan mi instan di kantornya dibanding makan di restoran. Dikutip dari goodyfeed, makanan kesukaannya adalah mi instan merek Maggi Mee, yang harganya murah.

Salah satu karyawannya sempat mengabadikan fotonya ketika sedang makan mi tersebut. Sang karyawan mengatakan bahwa bosnya itu sudah makan siang di kantor seperti itu selama 18 tahun terakhir.

Selain masalah penampilan dan makanan yang sederhana, Ma juga menggunakan mobil murah buatan negaranya, yakni Roewe RX5. Harga mobil tersebut sekitar Rp200-an juta.

2. Bill Gates
Bill Gates merupakan orang terkaya keempat di dunia dengan kekayaan mencapai 102,40 miliar dolar AS atau setara Rp1.591 triliun. Gates juga pernah menempati posisi pertama orang terkaya di dunia sejak 1995 dan 2010, kemudian pada 2013 hingga 2017. Posisi Gates kemudian digeser oleh pendiri Amazon, Jeff Bezos pada 2017.

Sama dengan Buffett, Gates juga suka menyantap makanan cepat saji. Bahkan dia pernah tertangkap kamera mantan karyawannya ketika sedang mengantre sendiri membeli burger di Seattle.

Gates juga bukan orang kaya yang suka foya-foya. Dia kerap berpakaian sederhana dan tidak suka menghabiskan uangnya untuk perhiasan atau pakaian. Bahkan, dia mengaku memakai arloji seharga 10 dolar AS merek Casio dan mobil yang sering digunakan adalah Ford Focus model lawas.

Dibanding foya-foya, dia menggunakan uangnya untuk berderma. Pria 64 tahun itu, bersama istrinya mendirikan yayasan amal, Bill and Melinda Gates Foundation.

3. Warren Buffett
Warren Buffett merupakan CEO Berkshire Hathaway. Ia dinobatkan Forbes sebagai salah orang terkaya di dunia tahun 2022 dengan total kekayaan mencapai 98,8 miliar dolar AS atau setara Rp1.535 triliun.

Mayoritas kekayaan Buffett berasal dari 16 persen Berkshire Hathaway, sebuah perusahaan investasi publik miliknya. Berkshire telah memberikan keuntungan tahunan gabungan dalam nilai pasar per saham sebesar 20 persen sejak tahun 1965

Dia pernah mengatakan bahwa kualitas hidupnya tidak dipengaruhi oleh banyaknya uang yang dimiliki. Dia tak suka menghamburkan uang. Uangnya digunakan untuk investasi dan amal. Buffet dikenal sebagai salah satu orang paling dermawan.

Dia juga tak suka menggunakan uangnya untuk membeli banyak rumah atau mobil. Buffett masih menempati rumah sederhana yang dia beli pada tahun 1958 di Omaha senilai 31.500 dolar AS.

“Hidupku tidak bisa lebih bahagia dari ini. Bahkan, akan lebih buruk jika aku memiliki enam atau delapan rumah. Jadi aku memiliki semua yang aku butuhkan dan aku tidak ingin lebih karena itu tidak akan membuat sebuah perbedaan,” katanya, dikutip dari Business Insider.

Dia juga tak pernah membawa telepon selular (ponsel) dan tak punya komputer di mejanya. Bahkan, dia pernah menjemput sendiri sahabatnya, Bill Gates di bandara.

Buffett juga hanya punya mobil Cadillac XTS pada 2014. Selain itu, pria 89 tahun ini pun gemar mengonsumsi junk food, seperti Burger King, Dairy Queen, Cheetos, keripik kentang dan Cola.

Editor : Aditya Pratama

error: Content is protected !!