4 Tas Mahal dengan Nilai Investasi Tinggi di Dunia

portalutama.com – JAKARTA, iNews,id – Ada 4 tas dengan nilai investasi tinggi di dunia yang selalu diburu para kolektor. Pasalnya, tas tesebut memiliki keunikan yang klasik dan harganya terus melambung dari tahun ke tahun.

Banyak orang menganggap instrumen investasi yang wajib dimiliki adalah emas, rumah, tanah, dan saham. Namun bagi penyuka brand mahal, tas juga menjadi salah satu jenis investasi yang bernilai tinggi.

Itu sebabnya, banyak perempuan dari kalangan atas, seperti selebriti, istri pejabat atau konglomerat selalu mengoleksi tas branded. Alasannya bukan hanya untuk prestise, tetapi juga investasi.

Berikut 4 tas mahal dengan nilai investasi tinggi di dunia yang dirangkum dari berbagai sumber, dikutip Minggu (27/11/2022):

1. The Birkin Bag by Hermes

Tas dengan model klasik yang diciptakan pada 1984 ini menjadi salah satu tas wanita paling didambakan di dunia dalam beberapa dekade terakhir.

The Birkin Bag dari brand Hermes ini terinspirasi dari aktris Inggris, Jane Birkin yang mengeluh tentang tas perempuan yang tak sesuai dengan kebutuhan ibu muda pada saat itu.

Keluhan yang disampaikan Jane Birkin kepada Jean-Louis Dumas, Ketua Eksekutif Hermès (1978-2006) itu kemudian melahirkan tas wanita dengan bentuk persegi yang isunya luas dilengkapi dengan penutup dari metal mengilap, bahkan dilengkapi dengan ruang khusus untuk botol bayinya!

Beberapa dekade berlalu, The Birkin menjadi satu-satunya tas tangan mewah yang paling didambakan di dunia, sekaligus merupakan tas termahal dalam sejarah mode.

Harga tas Birkin dibanderol mulai dari 8.500 dolar AS-300.000 dolar AS atau sekitar Rp133.394.750 hingga Rp4,708 miliar. Uniknya, harga tas ini meningkat sekitar 14,2 persen setiap tahun.

2. The Kelly Bag by Hermes

Pada tahun 1930-an, Robert Dumas, menantu Émile Hermès, yang menggantikannya sebagai kepala Hermès (1951-1978), menciptakan tas wanita dengan tali pengikat.

Tas tangan ini berbentuk trapesium dengan dua gusset segitiga, disertai pegangan dan tali yang dapat digunakan sebagai tas selempang membuatnya menjadi salah satu tas dengan desain moderen dan berani pada masa itu.

20 tahun setelah diluncurkan, tas tersebut menjadi sorotan saat dipakai aktris Hollywood, Grace Kelly yang menikah dengan keluarga Kerajaan Monako. Posenya yang memegang tas mungil itu dengan dua tangannya di bagian atas perut untuk menutupi kehamilannya, membuat tas itu menjadi sorotan dan terkenal secara internasional.

Sejak saat itu, tas tangan itu disebut dengan The Kelly Bag dan rumah mode Hermes mengubah namanya mengikuti sang aktris Hollywood itu.

Harga The Kelly Bag dibanderol sebesar 8.000 dolar AS hingga 12.500 dolar AS atau sekitar Rp125,548 juta hingga Rp200 juta. Jika Anda membeli The Kelly bag di eropa, maka akan dikenai pajak antara 6.000 euro hingga 9.000 euro atau sekitar Rp94,161 juta hingga Rp141,241 juta. Dalam 10 tahun nilai tasnya meningkat sebesar 93 persen.

3. The Classic Flap Bag by Chanel

Tas tangan dengan ciri khas tali metal yang dililit kulit ini dibuat oleh Karl Lagerfeld saat kedatangannya pada tahun 1983.

The Classic Flap Bag merupakan tas tangan klasik yang ikonik hingga saat ini dan paling banyak ditiru karena modelnya yang simple tapi elegan.

Menurut penelitian Jeffries Group, The Classic Flap Bag by Chanel ini harganya terus meningkat. Bahkan pada 2021, Channel menaikkan harganya hingga 60 persen menjadi 8,200 dolar AS atau sekitar Rp128,686 juta.

Sementara untuk model yang lebih besar, dibanderol seharga 9.500 dolar AS atau sekitar Rp150 juta. Dalam 10 tahun terakhir, harga The Classic Flap Bag by Chanel tercatat meningkat sebesar 132 persen.

4. The Boy Bag by Chanel

The Boy Bag by Chanel merupakan tas tangan wanita yang diciptakan oleh Karl Lagerfeld. Disebut The Boy Bag karena tas dengan desain klasik ini dipersembahkan oleh Gabrielle Chanel untuk cinta pertamanya yang bernama Boy Capel.

Garis The Boy Bag yang ramping berbentuk persegi panjang menegaskan daya pikat klasik dan casual, dilengkapi dengan rantai tautan besar yang mengekspresikan jiwa androgini.

Tas ini memiliki ciri unik, yaitu pengikat di bagian depan tas dengan inisial double C disertai tanda tangan yang dapat diidentifikasi.

Pada tahun 2011, harga The Boy Bag dipasarkan sekitar Rp36 juta. Di tahun 2022, harga The Boy Bag melambung menjadi sekitar Rp95 juta hingga Rp105 juta.

Demikian 4 tas mahal dengan nilai investasi tinggi di dunia. Apakah Anda jadi tertarik untuk investasi tas?

Editor : Jeanny Aipassa

error: Content is protected !!