4 Kedai Kopi asal RI Ini Buka Gerai di Luar Negeri, Apa Saja?

portalutama.com – JAKARTA, Industri kopi di Tanah Air tumbuh cepat dalam satu dekade belakangan. Indonesia sebagai salah satu penghasil kopi terbesar di dunia, membuat produk turunan dari biji kopi yang beragam.

Bahkan di dalam negeri, kedai kopi mulai bermunculan hampir di setiap kota. Sajian menu olahan minuman berbahan dasar kopi pun tergolong variatif antara kedai kopi satu dengan yang lainnya.

Tidak hanya didalam negeri, bahkan belakangan kedai kopi lokal mulai eksis melakukan ekspansi dan mebuka kedainya di luar negeri. Dikutip dari berbagai sumber, berikut empat kedai kopi Indonesia yang membuka gerai di luar negeri:

1. My Bali Coffee

My Bali Coffee mendirikan kedai kopinya di Jerman. Meskipun nama gerainya Bali, kedai tersebut bukan hanya menjual produk olahan biji kopi kintamani khas Bali. Beberapa biji kopi yang cukup popular di Tanah Air, seperti Aceh Gayo pun tersedia di kedai tersebut.

My Bali Coffee ini tepatnya berada di kota tua Altstadt, N├╝rnberg. Pemilik My Bali Coffee, Sascha Bayu Handoyo menyebut, kota tua Altstadt cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan. Hal ini lah yang menjadi salah satu motivasi Bayu membawa brand Indonesia ke tanah Eropa.

Dia menguraikan, beberapa produk biji kopi asal Indonesia yang siap ditawarkan di kedainya, seperti Aceh Gayo, Manheling, Balistar, Luwat, Lintong hingga robusta.

2. Dua Coffe

Kedai kopi lokal ini membuka gerai di Amerika Serikat (AS) pada September 2019. Keberhasilan Dua Coffee melakukan ekspansi ke AS tidak lepas dari dukungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk memasarkan produk dalam negeri di AS.

Sesuai namanya, kedai kopi ini mempunyai dua owner, yaitu Omar Karim dan Rinaldi Nur Pratama. Awalnya, kedai kopi tersebut berdiri di Cipete Jakarta Selatan, hingga saat ini berhasil membuka cabang di Negeri Paman Sam.

Ada beberapa menu favorit yang ditawarkan oleh kedai kopi asal Cipete ini, seperti varian jenis kopi berbasis espresso seperti latte, cappucino, mocha, hingga flat white.

3. Kopi Kalyan

Kopi Kalyan merupakan brand lokal yang berasal dari Kecamatan Cikajang, Garut, Jawa Barat. Kini Kopi Kalyan telah sukses membuka cabang di luar negeri dengan membuka gerai kopi di Osaka, Jepang.

Adapun menu yang ditawarkan oleh Kopi Kalyan ini bukan hanya minuman, namun makanan khas Indonesia pun juga dijajakan kepada masyarakat Jepang, seperti tempe goreng tepung (mendoan).

Sedangkan dari segi menu Coffee yang ditawarkan seperti kopi blend klasik dari Jakarta. Bahkan melalui usahanya di Tokyo Kalyan Coffee juga membuat menu signature yaitu “Tokyo Blend”.

4. Tanamera

Kedai kopi asal Indonesia ini berhasil membuka cabang internasional pertamanya di Change Alley Mall (CAM), Singapura. Ekspansi yang dilakukan Tanamera tergolong cukup berani karena dilakukan di tengah pandemi.

Namun demikian, ekspansi yang dilakukan itu pun membuahkan hasil. Banyak orang Singapura yang berminat pada produk olahan kopi asal Indonesia itu, baik warga asli Singapura maupun orang Indonesia yang bermukim disana.

Di Tanamera, para pengunjung akan disuguhkan oleh sajian khas biji kopi asal Indonesia, sehingga mereka yang datang bisa menyicip langsung bagaimana kopi asli Indonesia yang full bodied, intens, kompleks, lembut, manis, syrupy, dan fruity.

Selain itu, Tanamera juga menyediakan varian seduhan kopi mulai dari espresso, cold brew, hingga kopi filter. Selain kopi ada makanan yang juga bisa dipesan untuk menemani waktu ngopi anda.

Editor : Aditya Pratama

error: Content is protected !!