3 Program Prioritas TJSL Pegadaian Tahun 2022

PT Pegadaian merumuskan 3 Program prioritas Tanggung Jawab Sosial (TJSL) di tahun 2022 tersebut. Program tersebut sejalan dengan amanat BUMN yang mengisyaratkan program TJSL harus memperhatikan 3 aspek yakni people yang terdiri dari masyarakat dan karyawan, planet atau lingkungan hidup, dan profit.

Ketiga program prioritas meliputi program bidang pendidikan, lingkungan, pengembangan UMK. Pada bidang lingkungan, perusahaan plat merah tersebut fokus pada energi dan emisi mislanya melakukan penghematan energi daN BBM. “Seluruh karyawan terlibat dalam program ini. Bahkan mereka juga terlibat dalam gerakan memilah sampah dan gerakan hemat energi,” kata Rully Yusuf, Kadiv CSR PT Pegadaian dalam webinar yang bertajuk ‘Peran Tanggung Jawab sosial & Lingkungan Perusahaan Menuju Pembangunan Berkelanjutan’ yang diselenggarakan oleh Forum Doktor Bisnis Indonesia, (09/10/2022).

Limbah sampah yang dikumpulkan kemudian disetorkan ke bank sampah terdekat yang saat ini berjumlah 17 di seluruh wilayah Indonesia. Rully menjelaskan komitmen terhadap people bukan hanya ditujukan untuk komunitas atau masyarakat, tetapi juga untuk karyawan Pegadaian. Dalam hal ini, perseroan memberikan pelatihan kepada seluruh karyawan untuk meningkatkan kompetensi, meningkatkan kesehatan, dan keselamatan kerja melalui program k3. “Dalam pelaksanaanya, kami berkolaborasi dengan holding, komunitas, serta BUMN lain,” ujarnya.

Sementara di sisi pendidikan, Pegadaian juga memberikan beasiswa kepada anak pengurus bank sampah dan untuk mahasiswa di perguruan tinggi bekerjasama dengan KSE. Sedangkan untuk mendorong kreativitas, Perseroan juga membangun The Gade Creative Lounge di 9 perguruan tinggi. Lounge ini merupakan working space yang diharapkan dapat menumbuhkan kreatifitas dan interaksi antar mahasiswa di univeritas. “Saat ini kami sudah memiliki 9 co-working space dan akan kami tambah lagi. Program ini akan kami anggarkan setiap tahun,” ujarnya menjelaskan.

Di bidang pengembangan UMK, salah satu ang dilakukan adalah mendirikan Rumah Digital Pegadaian. Program ini untuk membantu proses akselerasi dan pemerataan kapabilitas digital masyarakat untuk meningkatkan produktivitas melalui pemberian bantuan Sarana dan prasarana serta pelatihan untuk pengembangan UMKM. Saat ini, rumah digital Pegadaian sudah berada di Desa Cihaur, Kabupaten Karo, Kab Gunung Kidul, Desa Siri Sori Islam, Desa Oemofa.

Webinar bertajuk Peran Tanggung Jawab sosial & Lingkungan Perusahaan Menuju Pembangunan Berkelanjutan ini merupakan webinar hasil kolaborasi Forum Doktor Bisnis Indonesia (Fordobi), UNP Kediri, SDM Cendekia, dan PT Pegadaian. Webinar yang diselenggarakan secara hybrid tersebut diselenggarakan di IPB International Convention Center dengan menghadirkan pembicara Teddy Poernama Koordinator TJSL Madya Kementerian BUMN, Dr. Subagyo Dekan FEB UNP Kediri, dan Rully Yusuf Kadiv CSR PT Pegadaian.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


Artikel ini bersumber dari swa.co.id.