3 Posisi Tidur Terbaik dan Bagus untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

Merdeka.com – Tidur merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap manusia. Beristirahat barang sejenak, mampu memberikan banyak manfaat yang baik bagi tubuh. Misalnya, menghilangkan rasa lelah, meningkatkan metabolisme, dan lain sebagainya.

Namun, pernahkah kamu memikirkan bagaimana posisi tidur yang tepat? Faktanya, posisi tidur dapat memberikan pengaruh terhadap kualitas tidur yang dimiliki dan bisa berdampak juga bagi kesehatan. Lantas, bagaimana posisi tidur yang seharusnya diterapkan?

1. Telentang

3 posisi tidur terbaik dan bagus untuk kesehatan sudah tahu

┬ęShutterstock

Salah satu posisi tidur yang bagus bagi kesehatan tubuh adalah telentang. Posisi ini diyakini memiliki segudang manfaat yang baik bagi tubuh. Tidur secara telentang, dipercaya dapat melindungi tulang belakang dan ampuh untuk mengurangi rasa nyeri pada pinggul atas.

Posisi tidur ini juga akan membantu meluruskan posisi badan, agar bisa tetap sejajar di atas tulang belakang. Sehingga, tekanan terhadap punggung dan persendian bisa lebih berkurang dan tidak menimbulkan rasa sakit ketika bangun tidur nantinya. Meski begitu, posisi ini tidak dianjurkan pada seseorang yang menderita apnea tidur dan masalah punggung. Karena hal tersebut bisa menimbulkan masalah yang serius bila mereka menerapkan posisi ini saat beristirahat.

2. Tengkurap

3 posisi tidur terbaik dan bagus untuk kesehatan sudah tahu

┬ęShutterstock

Tidur tengkurap jarang kali diterapkan orang karena kaprah yang salah mengenai posisi ini. Padahal, tengkurap merupakan cara tidur yang baik, karena bisa mengatasi permasalahan tidur, seperti mendengkur dan apnea tidur. Namun, hal tersebut boleh dilakukan hanya jika posisi leher sudah dalam keadaan netral. Artinya, kamu harus menggunakan bantal yang lembut atau boleh tidak menggunakan bantal sama sekali, agar posisi netral ini bisa didapatkan.

Meskipun demikian, bagi orang-orang yang memiliki masalah pada perut atau punggung, maka tidak akan disarankan untuk tidur dengan posisi ini. Takutnya, hal tersebut akan memperparah kondisi tubuh dan menimbulkan komplikasi yang lainnya.

3. Posisi Tidur Menyamping

3 posisi tidur terbaik dan bagus untuk kesehatan sudah tahu

┬ęShutterstock

Tidur secara menyamping merupakan salah satu posisi yang paling direkomendasikan untuk kebanyakan orang pada umumnya. Tidur menyamping, khususnya ke arah kiri, mampu membantu sirkulasi udara yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga, proses pernapasan jadi lebih mudah dilakukan dan mengurangi rasa sesak pada tubuh.

Selain itu, posisi ini juga memberikan manfaat baik lainnya bagi tubuh, seperti mengurangi dengkuran, meminimalisir rasa mulas pada perut, dan menjaga kesehatan sistem pencernaan. Akan tetapi, posisi ini juga memiliki efek negatif bila digunakan terlalu lama. Karena, cara tidur ini dapat menyebabkan lengan dan bahu menjadi kaku dan kram. Oleh karenanya, perlu untuk mengganti posisi tidur yang lain dalam beberapa waktu, agar efek seperti ini bisa dicegah.

Setiap orang pastinya memiliki gaya tidur masing-masing. Mau itu tengkurap, telentang, ataupun menyamping, tidak ada yang salah dengan ketiganya. Hanya, wajib sekali untuk diingat bahwa posisi tidur ini harus selalu diganti penerapannya agar kualitas tidur jadi bisa lebih maksimal.


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.