3 Cara Menyimpan Bahan Makanan di Kulkas dengan Benar, biar Awet dan Tetap Segar

Merdeka.com – Ada beberapa bahan makanan yang harus dimasukkan ke dalam kulkas agar bisa awet dan terjaga kesegarannya. Namun, menyimpan bahan-bahan tersebut juga tak bisa dilakukan dengan sembarangan. Karena, salah cara sedikit saja, kualitas bahan makanan bisa menjadi rusak dan kandungan gizinya juga akan berkurang.

Jika makanan sudah tak layak lagi untuk dikonsumsi dan terbuang, maka yang akan rugi juga diri sendiri, bukan? Untuk itu, perlu sekali mengetahui tata cara penyimpanan makanan yang benar di dalam peti pendingin ini. Berikut ini tiga cara yang bisa bikin bahan makanan agar bisa bertahan lama di dalam kulkas.

1. Menyimpan Bahan Makanan Berdasarkan Jenisnya

3 cara menyimpan bahan makanan di kulkas dengan benar biar awet dan tetap segar

┬ęShutterstock

Di dalam kulkas biasanya terdapat beberapa rak yang bisa dipakai untuk menyimpan berbagai makanan. Terlebih, ada pula freezer yang memiliki fungsi untuk membekukan makanan atau minuman. Namun, perlu diingat bahwa bahan makanan yang kamu punya tak boleh diletakkan secara sembarangan.

Ada beberapa bahan makanan yang perlu dijauhkan dari jenis lainnya. Misalnya saja keju, yogurt, ikan, dan daging merah. Sebaiknya, makanan-makanan tersebut tak boleh didekatkan dengan jenis buah-buahan atau sayur-sayuran. Bila perlu, gunakan juga wadah bening tertutup untuk menyimpan ikan atau berbagai jenis daging. Sehingga, aroma-aroma yang ditimbulkan tak akan mengganggu bahan makanan lainnya.

2. Mengatur Suhu Kulkas

3 cara menyimpan bahan makanan di kulkas dengan benar biar awet dan tetap segar

┬ęShutterstock

Untuk mencegah terjadinya kerusakan terhadap bahan makanan, maka perlu sekali untuk mengatur suhu pada kulkas dengan benar. Umumnya, suhu kulkas berada di bawah 10 derajat celcius. Namun, untuk bahan makanan berupa daging merah, bisa disimpan di dalam freezer yang memiliki suhu dibawah 0 derajat celcius.

Menjaga suhu di dalam kulkas secara tepat, dapat mencegah pertumbuhan bakteri yang mungkin bisa hinggap di makanan. Bila sudah begitu, bahan-bahan tersebut bisa membahayakan kesehatan jika dijadikan sebagai konsumsi. Oleh karena itu, perlu untuk sekali-kali memeriksa suhu pada kulkas supaya tak mengancam berbagai makanan yang ada di dalamnya.

3. Memutar Posisi Makanan Segar

3 cara menyimpan bahan makanan di kulkas dengan benar biar awet dan tetap segar

┬ęShutterstock

Cara terakhir ini pastinya sudah familiar di telinga banyak orang. Memutar posisi bahan makanan di dalam kulkas, sangat direkomendasikan untuk bisa menjaga kesegaran dan mencegah terjadinya kerusakan. Selain itu, melakukan hal ini juga bisa memudahkan kamu untuk mengambil barang yang paling sering digunakan.

Ketika hendak menata bahan makanan di kulkas, pastikan untuk meletakan jenis makanan dengan masa paling singkat di posisi paling depan. Sehingga, bahan-bahan tersebut tak perlu berada di dalam kulkas dan bisa segera digunakan. Kamu juga bisa menambahkan label tanggal pada setiap makanan yang disimpan. Tujuannya, agar bisa mengetahui berapa lama barang tersebut telah ada di lemari pendingin.

Itu dia beberapa cara untuk menyimpan bahan makanan dengan baik di dalam lemari pendingin. Lalu, kamu juga perlu untuk memeriksa kebersihan kulkas secara rutin. Supaya tak terjadi hal buruk pada bahan makanan kesayanganmu. Semoga bermanfaat.


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.