3 Aturan yang Perlu Diperhatikan saat Berkunjung ke Rumah Orang Lain, Wajib Tahu!

Merdeka.com – Melakukan kunjungan ke rumah saudara, teman, ataupun rekan kerja memang jadi hal yang umum untuk dilakukan. Tak jarang pula, aktivitas seperti menginap semalaman menjadi sesuatu yang biasa bila sudah mendapatkan izin dari sang pemilik rumah. Tentunya, jika ingin bepergian sekaligus menginap di rumah seseorang, maka perlu juga untuk mengetahui hal-hal yang seharusnya dilakukan agar tak membuat si tuan rumah merasa terganggu.

Berkunjung ke rumah orang lain, biasanya selalu diawali dengan memberikan kabar jika hendak menuju ke sana. Selain itu, sampaikan juga salam agar pemilik rumah merasa dihormati dan dihargai. Ada pula beberapa hal lainnya yang wajib diketahui saat hendak melakukan kunjungan ini. Lantas, apa saja aturan-aturan yang wajib diterapkan bila ingin bersambang ke rumah orang lain?

1. Wajib Menjaga Sopan Santun

3 aturan yang perlu diperhatikan saat berkunjung ke rumah orang lain wajib tahu

©Shutterstock

Menyambangi teman ataupun keluarga pastinya harus selalu mengingat sopan santun agar si tuan rumah merasa nyaman dengan kehadiranmu. Jangan sekali-kali mengeluarkan kata-kata yang tak pantas ketika berbicara, apalagi sampai membicarakan hal-hal yang tak sopan dan tak enak untuk didengar. Selain itu, penting pula untuk menjaga setiap tingkah laku yang kamu miliki.

Menjaga diri agar tetap berkelakuan sopan di rumah orang lain akan bisa membuat kamu menjadi sangat diterima bila melakukan kunjungan. Selain itu, sang pemilik pun jadi merasa senang bila tamu yang datang ke rumah mereka memiliki rasa hormat yang tinggi dan tahu akan tata krama yang ada.

2. Tidak Membuat Kebisingan

3 aturan yang perlu diperhatikan saat berkunjung ke rumah orang lain wajib tahu

©Shutterstock

Selain menjaga kesopanan, perlu juga untuk tidak membuat kebisingan saat datang ke rumah orang lain. Dengan tidak membuat kebisingan, maka keberadaan kamu tidak akan menjadi gangguan bagi si pemilik rumah. Sehingga, mereka juga bisa menyambut kamu sebagai tamu yang baik dan dihargai.

Peraturan ini wajib sekali untuk diperhatikan, apalagi bagi kamu yang baru pertama kali melakukan kunjungan ke rumah orang lain. Oleh karenanya, penting sekali untuk tidak membawa barang-barang yang akan membuat keributan seperti speaker, instrumen musik, dan lain sebagainya. Selain itu, jangan pula menyalakan TV jika jam tidur di rumah tersebut telah tiba.

3. Jangan Membuang Sampah Sembarangan

3 aturan yang perlu diperhatikan saat berkunjung ke rumah orang lain wajib tahu

©Shutterstock

Aturan terakhir yang perlu diingat adalah jangan membuang sampah secara sembarangan. Di setiap rumah saat ini tentunya sudah menyiapkan tempat sampah setidaknya satu buah. Kamu, sebagai seorang tamu, haruslah tahu cara agar bisa menjaga kebersihan dari rumah yang sedang disambangi.

Menerapkan hal ini juga tidak sulit. Ketika selesai makan pastikan bungkus yang tersisa dirapikan dan segera dibuang ke tempat sampah yang tersedia. Kalau bisa, jangan menunda untuk melakukan hal ini. Karena semakin sigap kamu mengerjakan kegiatan bersih-bersih ini, maka semakin senang pula si pemilik rumah akan keberadaan kamu.

Itulah beberapa aturan yang perlu diingat dan dikerjakan saat mendatangi kediaman orang lain. Meskipun kedengarannya seperti hal yang sepele, menerapkan hal ini ternyata bisa membuat kesanmu menjadi baik di mata tuan rumah. Sehingga, bila hendak melakukan kunjungan kembali ke rumah orang tersebut, mereka bisa menyambut kamu dengan baik dan akan dihargai.


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.