10 Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Dunia, Ada Jakarta?

portalutama.com – Baru-baru ini Economist Intelligence Unit (EIU) yang berbasis di London mengeluarkan laporan indeks Biaya Hidup Sedunia. Dalam laporan itu ditemukan bahwa saat ini New York dan Singapura telah menjadi kota termahal untuk ditinggali di dunia.

Sementara itu, kota Tel Aviv yang sebelumnya menempati posisi satu tahun lalu, kali ini jatuh di urutan ketiga dalam indeks Biaya Hidup Sedunia. Sedangkan Hong Kong dan Los Angeles berada di beringkan 4 dan 5 dengan nilai seri.

Melansir CNN, dijelaskan bahwa hal ini terjadi karena melonjaknya biaya hidup di kota-kota terbesar di dunia karena perang di Ukraina dan berlanjutnya pembatasan pandemi di China. Hal ini tentu mengganggu rantai pasokan, terutama untuk energi dan makanan yang membuat harga-harga kebutuhan pokok menjadi naik.

Bahkan hal ini dinilai menjadi penyebab dari kenaikan harga rata-rata di 172 kota yang disurvei dalam laporan tersebut. Jadi tidak heran bila menurut Indeks Biaya Hidup Sedunia tahun ini, faktor-faktor di atas membuat biaya hidup secara global rata-rata naik 8,1% pada tahun 2022.

“Perang di Ukraina, sanksi Barat terhadap Rusia dan kebijakan nol-Covid China telah menyebabkan masalah rantai pasokan yang, dikombinasikan dengan kenaikan suku bunga dan pergeseran nilai tukar, telah mengakibatkan krisis biaya hidup di seluruh dunia,” jelas kepala biaya hidup dunia di EIU, Upasana Dutt dikutipdari CNN.

“Kenaikan harga bensin di kota-kota sangat kuat (seperti tahun lalu), tetapi makanan, utilitas, dan barang-barang rumah tangga semuanya menjadi lebih mahal bagi penduduk kota,” jelasnya lagi.

Lalu kota apa saja dengan biaya hidup paling mahal? Berikut ini daftarnya:

1. New York dan Singapura3. Tel Aviv4. Hong Kong dan Los Angeles6. Z├╝rich7. Jenewa8. San Fransisco9. Paris10. Kopenhagen

error: Content is protected !!