Simak 5 Cara Memakai Sumpit yang benar dan 10 Etikanya

VIVA Lifestyle – Sumpit merupakan sepatu tongkat kecil yang meruncing dan biasanya terbuat dari kayu. Alat makan ini diyakini telah digunakan sejak 5000 tahun yang lalu. Sumpit memainkan peran penting dalam budaya makan Asia Timur.

Sumpit juga memiliki filosofi khusus loh. Tepatnya bagian yang runcing di bawah yang menguasai bumi. Sementara bagian yang lebih tumpul di atas surga. Filosofi sumpit ini datang dari masa Cina kuno, karena menjaga persediaan makanan harus melibatkan langit dan bumi. Selain itu, ternyata sumpit juga digunakan sebagai mahar untuk melamar seseorang, loh.

Simak 5 Cara Memakai Sumpit yang benar dan 10 Etikanya

Uniknya Sejarah Perbedaan Sumpit China, Jepang, dan Korea

Sumpit juga menjadi jenis alat makan yang biasanya digunakan untuk menyantap masakan Asia. Hal ini terutama berlaku untuk masakan China, Korea, dan Jepang, yang hampir semuanya dimakan hanya dengan sepasang sumpit.

Misalnya di Jepang sendiri, sumpit tak hanya digunakan saat makan nasi dan lauk, tetapi juga mie, seperti soba dan udon. Meskipun mungkin tampak mencengangkan atau rumit pada awalnya, makan dengan sumpit cukup mudah setelah anak tahu cara memegang dan menggerakkan masing-masing sumpitnya dengan benar.

Ilustrasi sumpit

Untuk memakai sumpit yang benar-benar di Jepang cara yang dilakukan adalah;

  • pertama adalah ambil satu sumpit;
  • selipkan di antara ibu jari dan jari telunjuk Anda, seperti sedang memengang pena;
  • pidahkan sumpit;

tempat sumpit kedua di pangkal antara ibu jari dan jari telunjuk, sehingga menyentuh sisi jari manis.

Adapun beberapa poin yang harus dipertimbangkan untuk menggunakan sumpit yang benar-benar di Jepang.

  • Poin 1: pastikan sumpit dapat dipegang di ujung bawahnya;
  • Poin 2: sumpit harus secara alami ditopang oleh jari manis dan jari kelingking;
  • Poin 3: Sumpit harus pas dengan jari.

5 cara mudah untuk memakai Sumpit Umum

Sumpit

Berikut 5 cara yang dapat digunakan untuk memakai sumpit.

  1. pilihan sumpit pertama di antara jari telunjuk dan ibu jari; seimbangkan di jari manis
  2. pilihan sumpit kedua di antara jari telunjuk dan ibu jari; tempat di jari tengah
  3. Gunakan ibu jari, telunjuk dan jari tengah untuk menggenggam sumpit kedua dengan kuat
  4. Jari telunjuk dan jari tengah digerakan dan diangkat;
  5. Gunakan jari telunjuk dan tengah untuk menutup sumpit.

Etika Memakai Sumpit

Bayi makan mi pakai sumpit.

Bayi makan mi pakai sumpit.

1. Jaga Kedua Sumpit Agar Tetap Menyatu

Saat meletakkan sumpit, pastikan kamu meletakkannya di sisi-sisi mangkuk atau piringmu. Pastikan kamu meletakkannya berdekatan dengan ujung yang saling bertemu.

Jangan pernah menyilangkan sumpit di atas piring. Pasalnya, hal ini merupakan pertanda terhadap tuan rumah maupun orang yang sedang menjamu. Jadi, jangan sampai salah, ya!

2. Jangan Gunakan Sumpit untuk Mengoper atau Menerima Makanan

Jika seseorang mengundang kamu untuk makan masakan oriental, pastikan kamu menggunakan tanganmu untuk menerima atau mengoper makanan daripada menggunakan sumpit.

Menggunakan sumpit untuk mengoper atau menerima makanan dianggap tidak sopan. Sebab, hal ini berkaitan dengan tradisi Tionghoa pada upacara pemakaman. Dalam tradisi Tionghoa, tulang-tulang orang yang telah meninggal dan dikremasi, abunya akan disimpan dan diawetkan keluarga dengan sumpit.

3. Jangan Pernah Bermain dengan Sumpit saat Makan

Dalam budaya kita sehari-hari, mungkin sumpit hanya menyajikan alat makan pada umumnya. Namun, kita juga harus menghormati budaya lain.

Pastikan kamu tidak menggunakan sumpit untuk bermain-main, seperti mengetuk-ngetuknya membenturkan sumpit besama-sama, atau memukul piring atau alat main dengannya. Sebenarnya, etika makan seperti ini juga berlaku untuk alat makan lain, seperti sendok dan garpu. Jadi pastikan kamu memperhatikannya, ya.

4. Jangan Menyendok Makanan dengan Sumpit

Menyendok maupun makanan dewasa dengan sumpit merupakan tindakan yang dianggap tidak. Kamu bisa dianggap tidak tahu tata krama dasar jika melakukannya.

Nah, jika kamu ingin mengecek makananmu, kamu bisa menggunakan alat makan lain seperti sendok atau garpu. Jika tidak ada, mintalah pada tuan rumah atau pelayan restoran tempat kamu makan.

5. Selalu Miringkan Sumpit Saat Menggunakannya

Saat selesai makan dengan menggunakan sumpit, pastikan kamu meletakannya dengan cara miring dan tidak menunjuk langsung ke orang yang duduk di depanmu.

Meletakkan sumpit lurus menunjuk ke orang yang duduk di depanmu dianggap sebagai salah satu sikap kasar dan tidak sopan. Jadi, jangan pernah melakukannya ya.

Bagian atas sumpit.

6. Licin Mengambil Makanan yang Besar dan Licin

Sebenarnya, tidak masalah mengambil sepotong makanan besar seperti ayam goreng atau ikan dengan sumpit. Namun, sebelumnya kamu wajib memastikan makanan tersebut tidak licin agar tidak mudah terjatuh.

Sebagai solusi, kamu dapat terlebih dahulu terlebih dahulu menggunakan kecil-kecil dan baru setelahnya sumpit untuk memakannya.

7. Jangan Pernah Menempelkan Sumpitmu pada Makanan

Jika kamu sudah kenyang dan tidak ingin makan lagi, jangan menempelkan sumpit pada makanan tersebut.

Sebab, hal ini berkaitan dengan tradisi orang Tionghoa dalam mempersembahkan persembahan kepada arwah orang-orang yang telah mati. Kamu bisa dianggap tidak sopan jika dilakukan, loh.

8. Jangan Pernah Menjatuhkan Sumpit

Meskipun Kamu baru belajar menggunakan sumpit, pastikan jangan sampai menjatuhkannya meskipun secara tidak sengaja. Selain dianggap tidak sopan, hal ini juga berkaitan dengan kepercayaan orang Tionghoa.

Orang Tionghoa percaya bahwa nenek moyang mereka yang sudah meninggal tidur di bawah tanah. Suara sumpit yang jatuh dapat membangunkan mereka dari mimpi indahnya.

9. Pastikan Panjang Sumpit Sama Saat Menggunakannya

Menurut tradisi Tionghoa, sumpit yang tidak sama panjangnya dapat membawa kemalangan. Oleh karena itu, jika kamu mendapatkan sumpit yang tidak sama panjang, mintalah ganti.

Orang Tionghoa memiliki ungkapan untuk hal ini, yaitu s?n cháng li?ng du?n yang berarti tiga panjang, dua pendek.

Dalam prosesi pemakaman, dibutuhkan tiga papan panjang dan dua pendek. Nah, dari sana lah makna tradisional terkait panjang sumpit berasal.

10. Jangan Pernah Menahan Sumpit Di Dalam Mulut

Saat memasukkan makanan ke dalam mulut, pastikan kamu tidak menahan sumpitmu terlalu lama di sana. Hal ini juga berlaku untuk peralatan makanan lain seperti sendok dan garpu.

Sebab, selain dianggap kurang sopan, hal ini juga dapat membuat orang yang makan merasa kurang nyaman melihatnya.

Nah, itu deretan informasi yang Viva dapat berikan mengenai cara memakai sumpit dan bagaimana etika memakainya. Semoga bermanfaat ya!

Artikel ini bersumber dari www.viva.co.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *