Sensor Mundur Mobil Tidak Bunyi: Kenali Beberapa Penyebabnya

Sensor mundur mobil tidak bunyi tentu merupakan salah satu tanda adanya kerusakan pada mesin mobil sehingga harus kamu berikan perhatian agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan selama berkendara nantinya.

Teknologi canggih berupa sensor mundur mobil ini umumnya lumrah didapatkan pada mobil-mobil keluaran terbaru untuk menambah kenyamanan dan keamanan selama berkendara.

Beberapa kegunaan sensor mundur ini biasanya akan sangat bermanfaat terutama saat memarkirkan mobil.

Saat ini, telah terdapat dua jenis sensor mundur mobil yang digunakan oleh banyak merk mobil di Indonesia yaitu “sensor parkir infrared” dan juga “sensor parkir kamera“.

Oleh sebab itu, jika sensor mundur ini tidak berbunyi maka akan menimbulkan rasa tidak nyaman saat berkendara.

Namun kenapa sensor mundur mobil tidak bunyi dan bagaimana cara mengatasinya agar berkendara dan proses parkir menjadi kembali nyaman? Simak penjelasannya pada artikel ini!

Kenali penyebab sensor mundur mobil tidak bunyi

Terkadang kita suka bertanya kenapa sensor mundur mobil tidak bunyi dan apa penyebab kerusakannya?

Nyatanya ada berbagai penyebab sensor mundur mobil tidak bunyi yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan untuk mengatasi masalah tersebut pada kendaraanmu.

Fungsi utama dari sensor mundur mobil adalah sebagai pendeteksi utama area bagian belakang mobil agar dapat terhindar dari tabrakan karena kesalahan pribadi terutama saat hendak melakukan parkir.

Jadi tentu, sensor mundur mobil memiliki fungsi yang sangat penting dan bekerja dengan mengeluarkan bunyi saat area belakang kendaraanmu hendak menabrak sebuah objek di belakang.

Oleh sebab itulah, jika tidak muncul suara sensor maka telah terjadi kerusakan pada salah satu bagian di mobilmu.

Agar tidak salah saat mengatasi masalah tersebut, berikut adalah beberapa penyebab sensor mundur mobil tidak bunyi yang perlu untuk kamu ketahui, diantaranya adalah:

1. Sensor yang tertutup oleh cat body mobil

Salah satu penyebab sensor mundur mobil tidak bunyi bisa terjadi karena bagian tersebut tertutup oleh cat body mobil. Jika mobilmu pernah melakukan proses pengecatan, maka coba cek kembali apakah sensor tersebut tertutupi oleh cat mobil yang pernah diaplikasikan.

Selain itu, jika kamu berencana untuk melakukan pengecatan body mobil pastikan agar sensor mobil diberikan pelapis agar tidak terkena cat yang sedang diaplikasikan.

2. Instalasi kabel sensor putus

Penyebab sensor mundur mobil tidak bunyi kedua yang mungkin dapat terjadi adalah putusnya Instalasi kabel sensor sehingga komponen kendaraan tersebut tidak dapat menyala. 

Jadi, sebelum memutuskan untuk melakukan penggantian sensor baru penting mengecek instalasi kabelnya terlebih dahulu.

3. Penumpukan kotoran pada bagian sensor mobil 

Penumpukan kotoran pada bagian sensor mobil tentu juga dapat menjadi penyebab utama tidak munculnya bunyi pada komponen kendaraan tersebut. 

Kamu dapat melakukan pengecekan pada setiap sisi sensor mobil karena besar kemungkinan terjadi penumpukan noda pada bagian tersebut yang harus segera dibersihkan.

4. Kerusakan pada arus listrik kendaraan

Penting untuk melakukan cek arus dan tegangan listrik juga saat sensor mundur mobil tidak bunyi. Sebab, ada kemungkinan telah terjadi kerusakan seperti sumber arus listrik yang tidak lancar sehingga sensor tidak dapat menyala.

Kamu dapat melakukan pengecekan tegangan listrik di bagian sensor untuk memastikan apakah aliran listrik tersebut sampai ke komponen ini atau hanya berhenti di tengah. Hal ini karena sensor mundur memiliki fitur yang membutuhkan aliran listrik yang cukup untuk dapat bekerja dengan baik.

5. Switch dan ECU sensor mengalami kerusakan

Alasan kenapa sensor mundur mobil tidak bunyi yang lainnya yaitu adalah karena switch dan ECU sensor yang mengalami kerusakan. 

Jadi, jika sensor mundur mobil tidak bunyi secara tiba-tiba maka kamu dapat mengecek bagian modul atau ECU apakah masih berfungsi dengan baik ataukah sudah hancur sehingga harus ditukar. 

Selain itu, Switch Sensor juga merupakan salah satu komponen penting dalam fitur kendaraan yang satu ini dan mudah putus atau hancur sehingga tidak dapat mengeluarkan bunyi.

Cara merawat sensor parkir mobil

Setelah mengetahui beberapa penyebab sensor mundur mobil tidak bunyi, maka tentu penting juga untuk mengetahui cara merawat komponen kendaraan tersebut agar awet dan dapat terus bekerja dengan maksimal.

Berikut ini adalah beberapa cara mudah untuk merawat sensor parkir mobil agar tetap awet dan tidak mudah rusak, diantaranya adalah:

1. Sambungkan kembali instalasi kabel sensor yang putus

Menyambungkan kembali instalasi kabel yang ternyata mengalami pemutusan akibat penggunaan yang terlalu sering ataupun digigit tikus. Bisa dengan mengikat kembali kabel tersebut ataupun langsung membawanya ke bengkel untuk ditangani dengan teknisi yang lebih ahli.

2. Rutin membersihkan sensor mundur dari kotoran

Penumpukan kotoran dapat menyebabkan sensor mundur tidak dapat mengeluarkan bunyi sehingga penting untuk melakukan pembersihan bagian ini secara rutin pada setiap sisinya. 

Terlebih, penting untuk membersihkan bagian sensor setelah hujan karena sering kali hal ini dapat menimbulkan sisa noda yang rentang mengalami penumpukan.

3. Rutin periksa tegangan listrik pada bagian sensor mobil

Penting untuk rutin memeriksa aliran tegangan listrik ke bagian sensor mobil. Kamu dapat melakukan pengecekan dengan menggunakan alat ukur sehingga dapat mengetahui apakah supply listrik kurang ataukah sudah cukup.

4. Ganti setiap komponen sensor yang mengalami kerusakan

Jika ditemukan komponen pendukung sensor mobil mengalami kerusakan, maka kamu wajib menggantinya dengan yang baru agar mesin dapat bekerja kembali secara prima. 

Terlebih bila komponen yang rusak tersebut menjadi sumber kerusakan sehingga kamu perlu untuk langsung membawanya ke bengkel langganan agar dapat segera mendapatkan penanganan terbaik sebelum komponen lain disekitarnya ikut rusak.

Komponen di sekitar sensor mundur mobil yang mengalami kerusakan dapat diganti dengan membawa kendaraan untuk service di bengkel resmi ataupun bengkel spesialis yang paling dekat dengan domisili kamu.

Sebab, ketikan sensor mundur mobil ini sudah diperbaiki, maka tentu fungsi dari fitur ini akan dapat bekerja dengan normal seperti biasanya.

Tips dari Lifepal! Sensor mundur mobil tidak bunyi tentu merupakan salah satu tanda adanya kerusakan pada mesin mobil sehingga harus kamu berikan perhatian agar terhindar dari kecelakaan dan menabrak objek di bagian belakang khususnya saat parkir.

Oleh sebab itulah, beberapa penyebab sensor mundur mobil tidak bunyi seperti sensor mobil tertutup cat hingga adanya kerusakan pada kabel, arus listrik, hingga switch dan ECU sensor tentunya menjadi hal penting yang harus kamu perhatikan.

Simak pula ulasan mengenai sensor parkir mobil yang bagus di artikel Lifepal lainnya!

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Manfaat memiliki asuransi mobil

Biaya servis mobil dan perawatan tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Yuk, coba gunakan kalkulator menabung Lifepal!

Sudah tahu berapa yang harus kamu tabung untuk sesuatu setiap bulannya? Walaupun pemasukan kamu tidak besar, kamu harus berusaha memprioritaskan menabung. Sebab dana tabungan bisa kamu gunakan untuk uang darurat, modal, atau modal usaha.

Gunakanlah kalkulator menabung bulanan untuk bantu menghitung besarnya uang yang harus kamu tabung untuk tujuan kamu. Cobalah kalkulator menabung bulanan ini.

Gunakan pula kalkulator waktu menabung di bawah ini untuk menghitung waktu menabung yang dibutuhkan untuk mencapai target nilai akhir tabungan.

Cek uang pertanggungan asuransi kamu

Uang pertanggungan adalah sejumlah uang yang akan cair jika terjadi risiko meninggal dunia. Produk asuransi umumnya akan memberikan uang pertanggungan asuransi (UP).

Nilai uang pertanggungan adalah hasil perhitungan Nilai Hidup Manusia. Jika kamu ingin mengetahui berapa besarannya, manfaatkan kalkulator nilai hidup manusia berikut ini untuk menghitungnya:

Perlu kamu ketahui, asuransi memiliki sejumlah risiko, terutama mengenai risiko kerugian investasi. Jika produk yang kamu pilih berbentuk unit link, maka ada risiko kerugian investasi di dalamnya.

Artinya, ada kemungkinan kamu perlu membayar premi lebih lama dari ketentuan awal jika terjadi risiko kerugian tersebut. Kalau kamu tidak mengisi ulang saldo unit link yang kosong, bisa-bisa polis kamu lapse.

Maka dari itu, pastikan sebelum memilih produknya kamu sudah membaca polisnya secara rinci. Mau cara yang lebih simple? Manfaatkan fitur perbandingan asuransi terbaik di Lifepal!

Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi jiwa terbaik

Pertanyaan seputar sensor mundur mobil tidak bunyi

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.