Sebelum Beli, Ketahui Masalah pada Honda Mobilio Ini

Jangan sampai biaya perbaikan mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaran. Manfaatkan asuransi mobil all risk untuk mendapatkan jaminan ganti rugi atas biaya perbaikan mobil secara menyeluruh di bengkel terbaik.

2. Kabin kedap

Kabin kedap atau tingkat peredaman kabin yang bermasalah seringkali terjadi pada Honda Mobilio keluaran lama. 

Hal ini akan sangat terasa ketika angin bertabrakan dengan body mobil atau saat ban mobil bergesek hingga hingar bingar jalanan semuanya dapat terdengar di dalam kabin dan akan mengurangi kenyamanan.

Akan tetapi jangan khawatir, sebab Honda Mobilio saat ini sudah memiliki banyak perubahan baik dibandingkan generasi pertamanya sehingga masalah ini sudah diatasi.

3. Kualitas interior yang ringkih

Masalah pada Honda Mobilio lainnya yang kerap terjadi pada generasi awal adalah beberapa kualitas interior di dalamnya yang ringkih setelah pemakaian beberapa tahun. 

Sebelum Beli, Ketahui Masalah pada Honda Mobilio Ini

Hal ini akan sangat terlihat saat melewati jalanan yang bergelombang lalu kemudian bagian seperti panel dashboard dan double blowernya menimbulkan suara berisik dan mengganggu.

Getaran ini terjadi karena panel di dalam mobil mudah kendur dan kemudian saling bertabrakan saat mobil dioperasikan. Jadi, sangat penting untuk mengencangkan baut-baut disekitarnya agar tetap kokoh. 

Namun, jangan lupa untuk pasangkan double tape busa pada bagian panel dashboard untuk meminimalisir timbulnya getaran di dalam mobil.

4. Gangguan pada saat switch AC

Masalah di Honda Mobilio generasi awal lainnya yang perlu kamu perhatikan adalah adanya gangguan pada sistem AC. Sebab, Mobilio lama memiliki sistem AC yang terpisah antara blower dan kompresornya. 

Hal ini tentu akan menyulitkan pemilik mobil saat hendak menyalakan AC karena adanya fitur switch AC yang terpisah. Bahkan, masalah ini akan bertambah karena switch AC ini seringkali tidak mau hidup.

5. AC mengalami mampet

AC mampet juga menjadi salah satu masalah pada mobil Honda Mobilio yang kerap kali terjadi sehingga harus dijadikan perhatian. Jalur AC mampet ini tentu akan menyebabkan hembusan angin menjadi lebih pelan dan tertahan.

Terlebih Honda Mobilio ini tidak memasang filter kabin sehingga evaporator AC mobil bisa mengalami kebuntuan. Jadi, jika kamu memiliki jenis mobil ini ada baiknya dipasang filter AC agar penanganan yang dilakukan ketika terjadi perawatan menjadi lebih mudah.

Jadi, masalah seperti AC mampet ataupun evaporator yang kotor dapat dihindari. Adanya filter AC ini akan membantu penanganan menjadi lebih mudah karena jika kotor hanya tinggal disemprot menggunakan angin saja tidak perlu sampai diganti.

Cara merawat Honda Mobilio agar tidak mudah rusak

Setelah mengetahui beberapa masalah Honda Mobilio, bukan berarti mobil ini tidak layak dibeli.

Kamu tetap bisa kok membeli mobil Honda Mobilio ini. Namun, kamu harus tahu cara merawatnya agar mesin tidak mudah rusak seperti yang sudah disebutkan.

Jika kamu tertarik memiliki jenis mobil ini ataupun berencana untuk membelinya, maka ada beberapa cara merawat Honda Mobilio agar tidak mudah rusak, di antaranya adalah:

1. Rutin mengganti oli

Salah satu cara untuk menjaga agar tidak terjadi masalah pada mobil Honda Mobilio maka kuncinya adalah rutin mengganti oli secara teratur. 

Sebab, oli memiliki peranan penting pada mesin karena dapat meminimalisir terjadinya gesekan yang ada di dalam mesin.

Pastikan penggantian dilakukan setidaknya setiap jarak tempuh mobil menjadi 5.000 km.

2. Cek cairan radiator secara berkala

Salah satu fungsi utama pada cairan radiator mobil yaitu adalah untuk menetralkan suhu mesin setelah mengalami pembakaran agar mesin tidak overheating. Karena itulah penting bagi setiap pemilik Honda Mobilio untuk rutin mengecek cairan radiator secara berkala untuk memastikan kualitas dan kondisinya. 

Cairan radiator yang kotor ataupun akan habis harus segera dilakukan perawatan agar tidak membahayakan orang sekitar saat mobil sedang dikendarai.

3. Rutin memanaskan mobil

Mesin mobil merupakan hal penting dalam sebuah kendaraan, sehingga kamu perlu melakukan pemanasan secara rutin agar aki tidak mudah soak. 

Sebab, aki yang memiliki kualitas bagus dan selalu dijaga akan membuat performa kendaraan menjadi terus prima.

4. Membersihkan bagian filter karburasi

Membersihkan filter karburasi pada Honda Mobilio tidak boleh mengalami keterlambatan. Sebab, mesin akan jadi sulit untuk dihidupkan jika filter karburasi kotor dan berkerak. Tentu hal ini akan memunculkan masalah lain bagi komponen yang ada di sekitarnya.

Cara membersihkan filter tersebut juga cukup mudah hanya cukup dengan menggunakan sikat bulu yang ringan. 

Ingat, untuk tidak menggunakan hair dryer atau kompresor saat membersihkan komponen ini karena panasnya akan menyebabkan lapisan filter menjadi mudah rusak.

Segera beli asuransi mobil agar tabunganmu tidak habis

Setiap mobil tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, termasuk pada mobil Honda Mobilio. 

Untuk mengantisipasi pengeluaran yang besar karena masalah pada mobil Mobilio, sebaiknya lindungi finansialmu dengan asuransi mobil.

Asuransi mobil akan memberikan jaminan perlindungan atas risiko mobil rusak, baret, hingga hilang karena dicuri. Jadi, tabungan dan finansialmu tentunya aman.

Pihak asuransi nantinya akan menanggung biaya perbaikan mobil Honda Mobilio kamu. Bahkan, ada bengkel rekanan yang berkualitas, sehingga kamu tak perlu repot-repot mencari bengkel sendiri.

Cek besaran iuran asuransi mobil dengan kalkulator premi asuransi mobil berikut ini dari Lifepal!

Tips dari Lifepal! Ada beberapa masalah pada Honda Mobilio yang kerap terjadi pada jenis mobil generasi lama maupun baru karena kelalaian sendiri akibat tidak melakukan perawatan rutin. 

Brand_A_10_IBD
Brand_A_10_IBM

Beberapa masalah pada Honda Mobilio ini mulai dari adanya gangguan pada bagian transmisi, kabin yang tidak kedap, interior ringkih, hingga gangguan pada AC mobil. 

Jadi, pastikan untuk selalu rutin melakukan perawatan secara berkala mulai dari ganti oli hingga cek radiator agar mobil tetap dapat dikendarai dengan prima.

Dengan melakukan perawatan, maka Mobil Honda Mobilio kamu akan awet dan tetap prima.

Pertanyaan seputar masalah Honda Mobilio

Ada beberapa hal yang menyebabkan mesin Mobilio menjadi kasar salah satunya adalah kemungkinan oli mesin yang tidak bisa naik karena oli di dalamnya terlalu sedikit atau bahkan habis. 

Jadi sangat penting untuk memastikan kondisi oli mesin terlebih dahulu saat hendak berkendara.

Mobil Honda Mobilio memiliki konsumsi bbm dengan rute kombinasi sekitar 12,7 km per liter.

Asuransi mobil adalah produk pengelolaan keuangan yang menawarkan jaminan ganti rugi atas kerusakan yang menimpa mobil. Dengan memiliki jaminan finansial dari asuransi mobil, pemilik mobil tidak perlu khawatir lagi dengan mahalnya tagihan perawatan dan perbaikan di bengkel karena perusahaan asuransi yang akan menanggungnya.

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *