Bisnis  

Punya Tabungan Puluhan Juta Pasti Aman? Segini Idealnya!

portalutama.com – Pergantian tahun tinggal beberapa hari lagi. Ini jadi saat yang tepat untuk mengevaluasi kesehatan keuangan pribadi, terutama tabungan.

Menabung adalah kebiaasaan baik yang perlu dilakukan sebagai jalan untuk memenuhi kebutuhan di masa depan dengan menyisihkan sebagian penghasilan. Lalu berapa jumlah ideal tabungan?

Untuk mengukur ideal tabungan pribadi atau rumah tangga bisa diukur dengan membagi jumlah tabungan dengan jumlah arus kas masuk alias pendapatan kotor setahun.

Seorang individu atau rumah tangga bisa dikatakan sehat secara keuangan jika memiliki rasio tabungan minimal 10%.

Sebagai contoh saat ini tabungan yang sudah dikumpulkan mencapai Rp10 juta. Sementara pendapatan kotor sebesar Rp5 juta per bulan yang berasal dari gaji.

Langkah pertama, jumlah pendapatan sebulan disetahunkan terlebih dahulu dengan cara dikalikan 12. Sehingga jumlah pendapatan kotor setahun sebesar Rp60 juta.

Kemudian, jumlah tabungan dibagi dengan pendapatan kotor yang telah disetahunkan. Maka total rasio tabungan sebesar 17%, ini menjadi indikasi jika keuangan pribadi sehat.

Bagaimana jika berada di bawah rasio ideal 10%?

Caranya adalah sisihkan 10% dari pendapatan bulanan untuk masuk ke dalam tabungan. Hal ini juga dapat menjadi salah satu resolusi keuangan 2023.

error: Content is protected !!