Penyebab Remote Mobil Tidak Berfungsi dan Cara Meresetnya

Remote mobil adalah sebuah perangkat yang dikhususkan untuk membuka maupun mengunci pintu mobil secara otomatis. Meskipun praktis, terkadang remote mobil juga tidak berfungsi. 

Karena terhubung dengan alarm mobil, hal ini pun membuat kamu sulit mematikan alarm ketika berbunyi. Mau tak mau kamu harus mematikan alarm secara manual.

Agar hal ini dapat teratasi, berikut kami jelaskan penyebab utama remote mobil tidak berfungsi dan cara melakukan resetnya. 

Penyebab remote mobil tidak berfungsi

Mungkin kamu penasaran, mengapa remote mobil bisa rusak atau error, padahal jika diingat-ingat kamu tidak pernah melakukan apapun terhadap remote tersebut.

Tentu, hal ini seringkali tidak disadari oleh kamu si pemilik mobil atau bahkan orang lain yang pernah meminjam mobil kamu.  Bahwasanya, remot error itu bisa disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya:

1. Sering Menyimpan Remote Alarm di Saku Celana

Siapa sangka menyimpan remote alarm mobil di saku celana, ternyata bisa menyebabkan sistem error pada remote? Hal kecil seperti ini pasti membuat kamu bertanya-tanya, bagaimana bisa terjadi.

Tentu, hal ini bisa terjadi terutama jika kamu memakai celana ketat seperti jeans yang kantongnya bisa menekan benda-benda di dalamnya.

Remote yang diletakkan di dalam kantong, nyatanya bisa menyebabkan remote tertekan secara tidak sengaja sehingga membuat sistem menjadi error.

2. Korsleting

Remote alarm merupakan barang elektronik yang mana ada baterai di dalamnya, apabila remote terjatuh ke dalam kubangan air atau tidak sengaja tertumpahkan air, maka bisa menyebabkan korsleting.

Oleh sebab itu, jauhilah apapun yang berisi air, sehingga remote bisa terhindar dari kerusakan akibat korsleting.

3. Sering Terjatuh

Remote mobil yang sering terjatuh, bisa jadi penyebab mengapa remote tidak berfungsi dengan semestinya. Hal tersebut menyebabkan sistem yang ada di dalamnya ikut melemah.

Apalagi kalau remote terjatuh dari tempat yang tinggi, hal ini menimbulkan alat elektronik tersebut tidak berfungsi dengan sempurna.

4. Sensor Alarm dengan Kepekaan Tinggi

Sensor alarm yang sangat peka, bukanlah penyebab dari remote mobil yang error melainkan mobil yang sering berbunyi sendiri.

Biasanya hal tersebut disebabkan oleh adanya goncangan dari benda sekitar atau efek petir sehingga membuat alarm mobil mudah menyala.

10 Cara reset remote mobil yang mudah

Untuk mengatasi remote mobil yang tidak berfungsi secara semestinya, maka ada beberapa cara reset alarm mobil atau remote mobil yang bisa kamu lakukan, yaitu:

1. Perhatikan Baterai Remote

Baterai merupakan perangkat elektronik yang digunakan untuk mengendalikan sebuah alat agar dapat bekerja sesuai fungsinya. Begitupun dengan remote, yang mana kegunaannya hanya bisa dikendalikan dengan baterai.

Apabila baterai yang digunakan melemah atau bahkan sudah habis, bisa jadi itulah penyebab mengapa remote mobil kamu tidak berfungsi sempurna. Baterai yang melemah akan menyulitkan kamu ketika akan membuka atau menutup pintu mobil.

2. Pintu Mobil Dibuka Secara Manual

Mungkin sebagian dari kamu masih belum ada yang belum mengetahui apa penyebab alarm mobil berbunyi sendiri secara terus menerus. Ya, penyebabnya adalah baterai remote yang hampir habis.

Maka dari itu terpaksa kamu harus mengendalikan alarm dengan cara lain, yakni membuka pintu mobil secara manual untuk memberhentikan bunyi alarm yang bisa mengganggu warga sekitar.

Ketika menutup pintu kembali, pastikan ditutup dengan benar agar alarm yang disebabkan oleh pintu longgar tidak berbunyi lagi.

3. Memastikan Indikator Alarm

Carilah indikator yang menyebabkan terjadinya alarm berbunyi, kasus paling umum yaitu karena pintu yang belum tertutup dengan sempurna ketika kamu hendak meninggalkan mobil.

Oleh sebab itu, sebaiknya saat kamu membuka pintu untuk keluar, pastikan pintu mobil tertutup dengan rapat dan jangan biarkan pintu mengambang sehingga membuat sistem pintu mobil kurang pas saat ditutup.

4. Masukan Kunci Mobil

Cara reset remote mobil berikutnya adalah memasukan kontak kunci mobil ke dalam lubang kunci guna menyalakan mesin. Setelah dimasukkan, kamu bisa memutarnya hingga berubah menjadi ON.

5. Menekan Tombol “Lock”

Jika kunci sudah berubah menjadi ON, maka tekanlah tombol “lock” pada remote mobil hingga 5-10 detik saja. Pastikan kamu menekannya dengan benar agar bisa berlanjut ke tahap berikutnya.

6. Lepaskan “Lock Button”

Apabila kamu telah mengikuti langkah dengan menekan tombol “lock” selama waktu yang ditentukan. Maka setelahnya, lepaskanlah tombol tersebut dan posisikan kunci mobil berubah menjadi mode OFF.

7. Pastikan Lampu dalam Mobil Mati

Lampu yang masih menyala di dalam mobil menandakan bahwa pintu mobil belum tertutup dengan sempurna. Setelah memposisikan kunci mobil kamu yang berubah menjadi OFF.

Pastikan indikator alarm mobil yang ada di dashboard mobil dan lampu di dalamnya sudah benar-benar dalam kondisi mati.

8. Testing Mobil

Jika lampu indikator sudah dipastikan mati saat kunci masih dalam keadaan ON. Maka selanjutnya, kamu bisa menguji atau testing mobil untuk memastikan apakah remote sudah berfungsi kembali atau belum.

9. Memastikan Keadaan Mobil

Sebelum memastikan apakah remote sudah berfungsi, jangan lupa untuk melihat keadaan mobil.

Kamu bisa cek seluruh keadaannya mulai dari pintu depan, pintu tengah hingga pintu bagasi. Setelah dipastikan semua tertutup dengan sempurna, barulah kamu bisa testing remote tersebut.

10. Coba Ulang Kembali

Apabila remote mobil masih tidak berfungsi dengan semestinya, kamu bisa melakukan langkah-langkah diatas kembali dengan melakukan hal yang sama. Pada intinya pastikanlah baterai masih berfungsi dan tutup pintu mobil dalam keadaan rapat.

Jika kamu bertanya, apakah langkah-langkah tersebut dapat digunakan untuk semua jenis mobil? Ya, cara reset remote mobil inova atau cara reset remote mobil Avanza juga bisa melakukan 10 langkah tersebut.

Bagi kamu yang sering mengalami sistem error pada remot mobil. Maka, ikutilah cara reset remote mobil diatas dan ketahui apa saja penyebabnya. Dengan mengetahui penyebabnya, diharapkan kamu bisa lebih berhati-hati lagi terhadap mobil remote.

Pentingnya memiliki asuransi mobil

Asuransi mobil adalah asuransi yang memberikan ganti rugi jika kendaraan rusak, baik rusak parah atau sekadar lecet, dan hilang. Selain itu, terdapat manfaat tambahan berupa penggantian kerusakan akibat banjir, huru-hara (kerusuhan), dan bencana alam.

Dengan proteksi kendaraan, perusahaan asuransi akan meng-cover biaya apabila mengalami kerusakan atau hilang dalam jangka waktu setahun. Oleh karena itu, pilih asuransi mobil terbaik dan murah agar mendapatkan benefit sesuai kebutuhan dengan premi terjangkau.

Kamu bisa memilih asuransi mobil terbaik di Lifepal dan membandingkan masing-masing polisnya. Di Lifepal, kamu bisa memiliki asuransi mobil mulai dari premi Rp35 ribu per bulan, loh!

Cek besaran premi asuransi mobil dengan kalkulator di bawah ini.

Tips dari Lifepal! Cara reset remote mobil sebenarnya gampang untuk dilakukan. Namun, sebaiknya untuk menghindari kerusakan pada remote mobil, kamu perlu menghindari penyebab kerusakannya seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Jika cara di atas masih juga belum berhasil, sebaiknya kamu segera membawanya ke bengkel terdekat, ya.

Pertanyaan seputar remote mobil

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.

error: Content is protected !!