Penyebab Mobil Terbakar dan Langkah Menghadapinya

Ada banyak penyebab mobil terbakar yang harus kamu waspadai sehingga kamu dapat menghindarinya agar tidak terjadi hal tersebut di masa yang akan datang. 

Sebab, kasus mobil terbakar seringkali membuat resah karena dapat terjadi pada siapapun sehingga membutuhkan perhatian yang lebih serius. 

Jadi sangat penting untuk mengetahui berbagai penyebab mobil terbakar di jalan, simak penjelasannya pada artikel ini!

Penyebab mobil terbakar

Supaya lebih berhati-hati saat merawat dan mengendarai mobil, ada beberapa hal yang harus pemilik kendaraan perhatikan. 

Hal ini karena ada banyak hal yang dapat mengganggu keselamatan kamu saat berkendara, terlebih jika hal tersebut berhubungan dengan mobil terbakar.

Berikut adalah beberapa penyebab mobil terbakar saat isi bensin, di jalan ataupun saat parkir yang wajib untuk kamu ketahui, diantaranya adalah:

1. Mesin yang overheating, penyebab mobil terbakar paling umum

Penyebab mobil terbakar di jalan adalah mesin mobil menjadi overheat namun tetapi dipaksakan untuk melaju. 

Umumnya, hal ini dapat terjadi akibat penggunaan mobil yang terlalu lama tanpa dibarengi dengan perawatan yang mumpuni sehingga suhu di ruang pembakaran menjadi sangat mudah memanas.

Selain itu, penting untuk diketahui, jika mesin bekerja terlalu keras maka suhu pada oli akan meningkat dengan cepat sehingga mendorong terjadinya kebocoran yang memicu munculnya apu dengan cepat.

Hal ini jugalah yang memicu dan menjadi penyebab mobil terbakar saat isi bensin. Jadi, kondisi mesin merupakan hal penting yang harus mendapatkan perhatian dengan seksama.

2. Bahan bakar yang bocor

Salah satu penyebab mobil terbakar saat parkir seringkali karena terjadi kebocoran pada bahan bakar kendaraan. Hal ini menjadi hal penting yang harus diperhatikan mengingat sifat dari bahan bakar ini sangat mudah memicu terjadinya api

Selanjutnya, kebocoran bahan bakar juga juga disebut berpotensi menjadi biang masalah hangusnya sebuah mobil. Hal ini cukup masuk akal mengingat sifat bahan bakar itu sendiri yang mudah terbakar.

Jadi pastikan untuk menutup lubang pengisian oli secara rapat agar dapat menghindari cipratan berbahaya yang dapat memicu terjadinya api.

3. Korsleting listrik

Korsleting listrik juga dapat menjadi penyebab mobil terbakar di jalan. Sebab, hal ini berhubungan erat dengan arus pendek pada aki atau baterai di dalam mobil. 

Jika ada kabel yang mengelupas lalu terkena percikan air atau logam tentu akan menimbulkan korsleting. Hal inilah yang memicu percikan api saat mobil sedang dikendarai.

4. Meninggalkan barang yang mudah meledak di dalam kendaraan

Meninggalkan beberapa barang elektronik yang memiliki potensi untuk meledak tentu juga merupakan hal yang harus diperhatikan. Sebab, hal ini dapat menjadi salah satu penyebab mobil terbakar saat parkir.

Power bank, HP, korek gas ataupun laptop yang ditinggalkan di dalam kabin dapat menjadi sumber masalahnya. Terlebih untuk powerbank yang tersambung pada power outlet nyatanya seringkali memiliki potensi besar untuk mengalami peledakan.

5. Konverter katalitik mengalami panas

Konverter katalitik juga dapat menjadi salah satu penyebab mobil terbakar. Sebab, komponen ini menjadi pengendali adanya emisi buangan yang dapat mengubah polutan yang beracun pada buangan bahan bakar menjadi polutan yang tidak beracun.

Jika jumlah polutan yang sedang dibakarnya melebihi kapasitas aslinya maka komponen ini tentu akan mengalami overheat yang memicu terjadinya kebakaran mobil.

Apa yang harus dilakukan jika mobil terbakar?

Jika mobilmu sudah terlanjur terbakar, ada beberapa cara yang harus dapat kamu lakukan segera untuk meminimalisir terjadinya kerusakan yang lebih parah dan mengurangi terjadinya kerugian yang lebih besar, diantaranya adalah:

  • Tetap tenang dan kontrol emosi.
  • Sebelum api membesar dan jika memungkinkan, pindahkan mobil ke tempat yang lebih aman dan jauh dari keramaian.
  • Mulai lakukan evakuasi penumpang.
  • Ambil dan langsung semprotkan pemadam api ringan (APAR) yang tersedia di dalam kendaraanmu ke sumber api (seringkali di ruang mesin).
  • Semprot mobil mulai dari kolong karena api sangat rentang dipicu oleh oksigen dan bahan bakar.

Namun, jika kobaran api sudah terlanjur membesar, maka kamu wajib menghubungi tim pemadam kebakaran yang memiliki peralatan yang lebih lengkap dan mumpuni untuk mematikan api.

Sebab, APAR yang tersedia di dalam mobil umumnya hanya dapat membantu mengatasi kebakaran mobil skala ringan saja yang apinya belum menyebar dan besar sehingga dapat dikendalikan dengan lebih mudah.

Sebagian besar material mobil tidak memiliki sifat fireproof sehingga api dapat mudah menyebar dengan cepat saat terjadi kebakaran. 

Jadi sangat penting untuk setiap pemilik kendaraan memiliki APAR di dalam mobil yang mereka miliki untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan. 

Sebab, banyak mobil yang tidak memiliki kelengkapan APAR sehingga terjadi kebakaran mereka hanya bisa pasrah menunggu petugas pemadam yang tentunya akan memakan waktu yang cukup lama untuk sampai ke TKP.

Jenis APAR yang tepat untuk mobil terbakar

Banyaknya kasus kebakaran mobil tentu membuat pemerintah di Indonesia mewajibkan hadirnya 4 jenis APAR di dalam kendaraan roda empat untuk mencegah terjadinya resiko yang tidak diinginkan.

Pada dasarnya, ada 4 jenis APAR yang wajib ada di dalam mobil, diantaranya adalah:

1. APAR air

Sesuai dengan namanya, APAR air memiliki tekanan yang tinggi dan dinilai paling ekonomis dan efektif untuk memadamkan api yang disebabkan oleh berbagai benda padat non logam (kebakaran jenis A).

2. APAR Foam

APAR busa atau foam adalah jenis peralatan untuk mencegah terjadinyaa kebakaran yang disebabkan oleh minyak,alkohol dan solvent atau yang masuk ke dalam kategori kebakaran kelas A dan B.

Cara kerjanya juga cukup mudah, dimana bisa akan menutupi bahan yang terbakar sehingga oksigen akan terperangkap dan memperkecil peluang api melebar.

3. APAR bubuk kimia

APAR bubuk kimia merupakan jenis alat yang terdiri dari kombinasi bubuk kimia mono-amonium dan ammonium sulphate yang sangat cocok digunakan ketika terjadi kebakaran akibat masalah kelistrikan atau kebakaran tingkat C.

4. APAR karbondioksida

Jenis APAR terakhir yang bisa kamu simpan di dalam mobil yaitu adalah APAR karbondioksida. APAR ini sangat efektif untuk membantu meredakan kebakaran yang masuk ke dalam kategori kelas B dan C.

Pastikan untuk membeli APAR yang sudah memiliki sertifikasi resmi dari SNI sehingga kecil kemungkinannya akan meledak pada suhu tinggi dan tentunya telah terjamin kualitasnya.

Tips dari Lifepal! Ada banyak hal yang menjadi penyebab mobil terbakar, baik itu karena overheating, bahan bakar yang bocor, korsleting listrik, hingga konverter katalitik yang mengalami pemanasan secara pesat.

Hal inilah yang membuat setiap pemilik kendaraan wajib untuk memiliki APAR di dalam mobil mereka untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Simak pula ulasan mengenai kecelakaan mobil di artikel Lifepal!

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Menghitung premi asuransi mobil

Biaya servis mobil dan perawatan tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Coba hitung menggunakan kalkulator menabung Lifepal!

Sudah tahu berapa yang harus kamu tabung untuk sesuatu setiap bulannya? Walaupun pemasukan kamu tidak besar, kamu harus berusaha memprioritaskan menabung. Sebab dana tabungan bisa kamu gunakan untuk uang darurat, modal, atau modal usaha.

Gunakanlah kalkulator menabung bulanan untuk bantu menghitung besarnya uang yang harus kamu tabung untuk tujuan kamu. Cobalah kalkulator menabung bulanan ini.

Gunakan pula kalkulator waktu menabung di bawah ini untuk menghitung waktu menabung yang dibutuhkan untuk mencapai target nilai akhir tabungan.

Cek uang pertanggungan asuransi kamu

Uang pertanggungan adalah sejumlah uang yang akan cair jika terjadi risiko meninggal dunia. Produk asuransi umumnya akan memberikan uang pertanggungan asuransi (UP).

Nilai uang pertanggungan adalah hasil perhitungan Nilai Hidup Manusia. Jika kamu ingin mengetahui berapa besarannya, manfaatkan kalkulator nilai hidup manusia berikut ini untuk menghitungnya:

Perlu kamu ketahui, asuransi memiliki sejumlah risiko, terutama mengenai risiko kerugian investasi. Jika produk yang kamu pilih berbentuk unit link, maka ada risiko kerugian investasi di dalamnya.

Artinya, ada kemungkinan kamu perlu membayar premi lebih lama dari ketentuan awal jika terjadi risiko kerugian tersebut. Kalau kamu tidak mengisi ulang saldo unit link yang kosong, bisa-bisa polis kamu lapse.

Maka dari itu, pastikan sebelum memilih produknya kamu sudah membaca polisnya secara rinci. Mau cara yang lebih simple? Manfaatkan fitur perbandingan asuransi terbaik di Lifepal!

Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi jiwa terbaik

Pertanyaan seputar penyebab mobil terbakar

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *