Penyebab Koil Mobil Tidak Mengeluarkan Api dan Solusinya

Sudah tahu apa itu koil mobil? Ternyata ada beberapa penyebab koil mobil tidak mengeluarkan api dan bisa jadi indikasi mobil kamu rusak dan perlu diperbaiki.

Sebagai salah satu komponen dalam sistem pengapian, koil mobil berperan dalam membangkitkan tegangan tinggi sehingga muncul percikan bunga api pada busi.

Kalau nggak ada percikan, tentu saja mobil pun nggak bisa memulai proses pembakaran hingga mati total. Lantas, bagaimana cara memperbaiki dan mengeceknya? Apa memang langsung dibawa ke bengkel saja?

5 penyebab koil mobil tidak mengeluarkan api

Banyak pemilik mobil yang panik ketika sedang menyalakan mesin tapi malah berbunyi aneh atau bahkan mati total. Jika demikian, maka salah satu komponen yang harus dicek adalah koil mobil.

Meski koil mobil berukuran kecil, namun peranannya nggak boleh disepelekan. Koil mobil merupakan komponen berbentuk gulungan kawat tembaga yang dialiri arus listrik atau kumparan.

Kalau koil mobil tidak keluar api, mungkin saja ada masalah pada komponennya. Berikut ini beberapa penyebab api koil mobil kecil atau tidak ada percikan api.

1. Kabel busi terputus

Busi dan koil adalah dua komponen utama yang memicu timbulnya percikan api. Jika kabel busi terputus, maka sangat mungkin koil mobil tidak ada percikan api.

Dengan kondisi kabel busi yang terputus, koil bisa mengalami kebocoran dan api koil akan mati meski mesin kendaraan mulai memanas.

2. Adanya kerak pada kabel dan kontak penghubung

Kerak atau kotoran yang menempel pada kabel dan kontak penghubung dapat menghalangi aliran listrik dari koil menuju busi.

Hal ini tentu tidak dapat memicu percikan api dan menghambat kinerja mesin untuk distarter atau dihidupkan. Nggak boleh dianggap sepele ya, karena semakin lama koil dapat mengalami keretakan dan overheat.

3. Adanya kebocoran listrik

Kalau kamu memiliki mobil dengan sistem karburator dengan kabel busi panjang, hati-hati dengan kondisi kabel yang sangat rawan putus dan membuat api keluar ke body koil.

Kebocoran bisa terjadi karena tegangan listrik tinggi cenderung mencari jalan singkat menuju massa, jadi sistem pengapian dan busi pun tidak dapat bekerja secara optimal. 

4. Busi tidak sesuai 

Selain kabel busi terputus, kondisi busi yang tidak sesuai juga merupakan penyebab koil mobil tidak mengeluarkan api.

Sebagai pemilik kendaraan, alangkah baiknya jika kamu memahami jenis mesin dan spesifikasi busi yang dibutuhkan. Misalnya busi resisten, busi tanpa resisten dan busi jenis platinum atau iridium.

Kondisi ketidaksesuaian fungsi busi mobil ini dapat menyebabkan kinerja koil semakin berat dan menjadi rusak. Hal ini jugalah yang bisa memicu koil mobil tidak keluar api.

5. Koil sudah lama dan rusak atau berkualitas buruk

Usia pakai maksimal koil mobil umumnya adalah 5 tahun. Jika memang sudah lebih dari waktu pemakaian, kinerja koil akan semakin menurun dengan ciri insulator penutup mulai rapuh, koil membesar, hingga kebocoran.

Dengan perubahan kondisi koil yang seperti itu, maka kualitasnya pun akan menurun. Selain itu, kualitas koil mobil yang buruk juga turut menjadi penyebab api koil mobil kecil atau bahkan tidak memunculkan percikan sama sekali.

Penting untuk mengetahui ciri-ciri koil mobil lemah agar kamu tahu kapan mobil perlu dibawa ke bengkel untuk melakukan perbaikan koil. Jadi, jangan abaikan pentingnya untuk mengecek kondisi koil mobil secara berkala, ya.

Cara memperbaiki koil mobil yang rusak

Meski ada berbagai jenis penyebab kerusakan pada koil, lantas apa iya semua masalah tersebut dapat diselesaikan dengan mengganti koil mobil?

Sebetulnya tidak juga, karena solusi untuk memperbaiki kerusakan koil harus disesuaikan dengan penyebabnya. Berikut ini adalah beberapa cara memperbaiki koil mobil yang rusak:

1. Memberi lap basah 

Kondisi kabel busi mobil yang terputus dapat disebut juga sebagai koil panas. Meski begitu, kamu bisa memperbaiki sementara dengan cara memberikan lap basah sebagai kompres pada koil mobil.

Namun, tetap lakukan pengecekan kondisi koil jika memang sudah terlalu parah dan butuh untuk diganti dengan yang baru.

2. Mengganti koil dengan yang baru

Kerak pada kabel dan kontak penghubung dapat berakibat keretakan dan overheat yang dapat membahayakan pengendara. Kondisi koil mobil yang sudah retak akan lebih baik jika diganti dengan yang baru.

3. Menutup kebocoran

Meski kebocoran listrik koil mobil dapat membuat panik, nyatanya kamu tetap bisa memperbaikinya terlebih dahulu dengan cara sederhana.

Kebocoran tersebut dapat ditutup dengan lem plastic steel atau lem besi yang sangat kuat. Namun, tetap bawa mobil ke bengkel untuk pengecekan lebih lanjut ya.

4. Sesuaikan jenis mesin dan spesifikasi businya

Koil akan bekerja optimal dengan komponen busi yang sesuai dengan spesifikasinya. Jika spesifikasi komponen terlalu kecil atau terlalu besar tentu akan mempengaruhi kinerjanya.

Jika kamu berniat untuk mengganti koil mobil dengan yang baru, pastikan bahwa spesifikasi businya juga sesuai, ya.

5. Cek kondisi koil dan gunakan kualitas yang bagus

Meski koil memiliki batas waktu pemakaian hingga 5 tahun, nggak ada salahnya kalau kamu tetap rutin mengeceknya setiap servis mobil dan menggantinya dengan yang baru jika memang dibutuhkan.

Tanyakan kepada pihak bengkel bagaimana kualitas koil yang bagus serta tahan lama. Lebih baik jika kamu menggunakan Original Equipment Manufacturer (OEM) atau suku cadang asli pabrikan mobil ya.

Cara cek koil mobil

Melakukan pengecekan rutin adalah salah satu cara untuk memastikan semua komponen mesin mobil tetap dalam kondisi yang baik ketika ingin dikendarai.

Kalau kamu ingin tahu cara cek koil mobil injeksi dan mengetahui apakah koil mobil kamu masih bagus atau sudah perlu diganti, coba lakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Matikan mobil dan buka kap, cari lokasi koil mobil yang umumnya terletak di dekat spakbor atau dipasang dengan baut pada bracket dekat distributor.
  • Lepas satu kabel dari businya
  • Lepas busi dengan soket busi
  • Pasang kembali busi ke kabel busi
  • Kontakkan bagian berulir busi terhadap logam yang terekspos pada mesin
  • Lepas sekring atau pompa bahan bakar
  • Minta bantuan teman untuk menstarter mesin
  • Lihat dan temukan percikan api biru. Jika kamu menemukan percikan api jingga atau tidak ada percikan sama sekali, sebaiknya segera ganti koil dengan yang baru
  • Pasang busi dengan hati-hati dan sambungkan kembali kabelnya

Pentingnya punya asuransi kendaraan

Perbaikan kendaraan memerlukan biaya yang tidak sedikit, apalagi kalau kerusakannya parah akibat kecelakaan. Inilah mengapa penting untuk punya asuransi kendaraan.

Asuransi kendaraan akan menanggung biaya perbaikan mobil yang kamu butuhkan. Jadi, kamu bisa menghemat pengeluaran tanpa perlu khawatir dengan mahalnya biaya perbaikan tersebut. Simak lebih jelasnya di video berikut.

Asuransi kendaraan yang dipilih bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi mobil. Ada dua jenis asuransi mobil yang umum ditemui, yaitu: 

  • Asuransi all risk, yaitu jenis asuransi yang menanggung segala bentuk risiko pada mobil, baik itu kerusakan ringan, kerusakan berat, bahkan sampai risiko kehilangan mobil akibat pencurian
  • Asuransi TLO, yaitu asuransi Total Loss Only, yang menanggung kerugian apabila nilai kerugian tersebut sama dengan atau lebih dari 75 persen nilai kendaraan

Jadi, jenis asuransi mana yang paling cocok untuk mobilmu? Coba cari tahu dengan mengikuti kuis asuransi mobil terbaik dari Lifepal berikut ini. 

FAQ seputar penyebab koil mobil tidak mengeluarkan api

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *