Penyebab dan Cara Mengatasi Mobil Ngebul Tanpa Bongkar Mesin 

Cara mengatasi mobil ngebul tanpa bongkar mesin tentu terkadang menjadi hal yang perlu diketahui agar tidak pada saat hal tersebut terjadi pada dirimu. 

Sebab, tidak jarang banyak pengendara mobil yang mengalami mesin ngebul saat sedang beroperasi di jalan raya.

Masalah ini dapat terjadi karena banyak hal dan tentunya penangananya pun akan berbeda-beda.

Apabila kamu mengalami berbagai masalah ini seperti mobil ngebul saat tanjakan ataupun mobil ngebul saat mesin panas, maka simak penjelasan lengkapnya pada artikel ini!

Cara mengatasi mobil ngebul tanpa bongkar mesin

Walaupun terdengar rumit, namun ada banyak cara mengatasi mobil ngebul tanpa bongkar mesin sehingga lebih mudah untuk dilakukan di rumah tanpa perlu khawatir akan menambah kerusakan pada komponen mesin lainnya.

Sebab gangguan berupa mobil ngebul ini akan memakan biaya yang cukup banyak dan waktu yang cukup lama apabila masuk dan terdaftar di bengkel. 

Oleh sebab itulah, berikut adalah beberapa cara mengatasi mobil ngebul tanpa bongkar mesin yang paling mudah untuk kamu lakukan agar kendaraan dapat berfungsi kembali dengan optimal, diantaranya adalah:

1. Rutin mengganti oli secara teratur

Salah satu cara untuk mencegah mobil ngebul tiba-tiba yaitu adalah dengan rutin mengganti oli agar kualitasnya selalu terjaga. Sebab, oli memiliki fungsi yang krusial yaitu untuk melumasi mesin serta mencegah korosi sehingga dapat membantu mesin lainnya berjalan dengan lancar.

Apabila oli tidak rutin diganti, maka akan membuat keualitasnya menurun sehingga mesin berpotensi untuk rusak dan mengeluarkan asap. Oleh sebab itulah, sangat enting untuk menuruti anjuran ganti oli saat mobil sudah mencapai jarak tempuh 10 ribu km atau 6 bulan- 1 tahun sekali.

2. Menghindari tune up mesin berlebihan

Cara mengatasi mobil ngebul tanpa bongkar mesin lainnya secara preventif yaitu adalah tidak melakukan tune up mesin berlebihan. 

Terlebih cara tune up yang tidak sesuai juga akan mendorong pembakaran di dalam mesin menjadi berantakan. Hal inilah yang mengakibatkan suhu mesin mengalami panas saat pembakaran sehingga mobil menjadi berasap.

3. Mencabut selang PVC

Selanjutnya, mencabut selang PVC di  dekat saluran udara juga dapat menjadi salah satu cara mengatasi mobil ngebul tanpa bongkar mesin yang mungkin untuk dilakukan. Jika kamu sudah melihat tetesan oli, maka sudah terjadi kerusakan pada bagian separator.

Oleh sebab itulah, untuk memastikan lagi maka kamu dapat melepas juga saluran udara dan melakukan pengecekan apakah masih ada jejak oli yang tertinggal pada bagian permukaannya. 

Namun, bila sudah terlihat jejak oli di saluran udara maka penting untuk mengganti saluran PVC agar mobil tidak ngebul.

4. Melakukan pengecekan turbocharger

Apabila mobil sudah ngebul, maka kamu perlu untuk melakukan pengecekan pada bagian turbocharger. 

Jadi jika komponen tersebut menampilkan ciri-ciri kerusakan seperti lampu indikator menyala, akselerasi mesin lambat, mesin berisik dan muncul asap ngebul saat gas diinjak maka kamu perlu menggantinya segera dengan yang baru.

5. Rutin membersihkan ruang pembakaran

Cara mengatasi mobil ngebul tanpa bongkar mesin terakhir yang dapat kamu lakukan yaitu adalah dengan rutin membersihkan ruang pembakaran. 

Tujuannya yaitu agar kualitas mesin mobil tetap terjaga dengan baik. Bersihkan bagian kerak pada ruang pembakaran tersebut agar tidak ada asap yang menggebu.

Penyebab mobil ngebul

Setelah mengetahui berbagai cara untuk mengatasi dan mencegah masalah mobil ngebul tanpa perlu bongkar mesin, maka penting juga untuk mengetahui apa saja penyebab mobil ngebul itu. 

Sebab, setiap penyebab yang mungkin terjadi, tentu akan memberikan efek yang berbeda sehingga cara menanganinya pun juga akan berbeda.

Penyebab mobil ngebul saat tanjakan

Saat sedang melewati jalanan tanjakan, seringkali mobil mengeluarkan asap putih atau hitam yang tebal (ngebul).

Walaupun terkadang fenomena ini adalah hal yang wajar terjadi, namun dalam beberapa kasus hal ini malah menunjukkan adanya masalah yang terjadi pada mobilmu. 

Beberapa penyebab mobil ngebul saat tanjakan yang perlu kamu waspadai ini antara lain adalah:

1. Katup mesin mengalami masalah

Umumnya salah satu penyebab mobil ngebul saat tanjakan adalah katup mesin yang bermasalah. Tentu hal ini akan menyebabkan proses pembakaran yang terjadi malah tidak bisa dilakukan dengan optimal. 

Sebab, katup merupakan yang sangat penting untuk keluar-masuk udara pada ruang pembakaran. Jadi bila katup bengkok tentu akan menyebabkan knalpot mengeluarkan asap yang pekat.

Dimana, pada saat tanjakan, mobil akan digas paksa sehingga membutuhkan tenaga yang besar dan proses pembakaran tidak akan bisa berlangsung secara optimal.

2. Gigi transmisi yang tidak sesuai

Apabila asap keluar saat tanjakan namun terus berkurang saat jalanan mulai normal maka hal tersebut kemungkinan terjadi karena adanya gigi transmisi yang tidak pas dengan RPM mesin.

Hal ini tentu normal dan tidak ada masalah yang perlu kamu khawatirkan.

Namun, penyebab ini akan menjadi masalah apabila cara mengendarai mobil yang dilakukan kurang tepat sebab hal ini akan mempengaruhi pengemudi untuk sigap saat perpindahan gigi.

Perpindahan yang kurang tepat inilah yang akan membuat kinerja mesin menjadi besar sehingga mobil ngebul.

Penyebab mobil ngebul saat mesin panas

Mobil ngebul juga kerap kali terjadi pada mesin kendaraan yang panas. Umumnya, hal ini terjadi karena adanya masalah pada komponen silinder dan kepala silinder pada bagian mobil.

Mesin yang menjadi panas ini seringkali disebabkan karena beberapa kondisi mulai dari:

  • Oli yang terlalu encer.
  • Ring piston aus.
  • Adanya masalah pada seal klep.

Tidak hanya itu saja, mobil yang sudah ngebul saat mesin panas juga dapat diakibatkan karena blok silinder baret karena adanya kebocoran pada beberapa komponen mesin.

Tips dari Lifepal! Ada beragam cara mengatasi mobil ngebul tanpa bongkar mesin mulai dari rutin ganti oli, menghindari tune up berlebihan, mencabut selang PVC serta rutin membersihkan ruang pembakaran.

Semua cara ini dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan agar kondisi mesin lebih terjaga.

Simak pula ulasan mengenai turun mesin mobil, ganti ring piston mobil tanpa turun mesin, dan juga biaya turun mesin mobil di artikel Lifepal lainnya!

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Kenapa asuransi mobil itu penting?

Hal paling utama yang perlu diperhatikan oleh setiap pemilik kendaraan khususnya roda empat adalah melindunginya dengan asuransi mobil.

Sebab, asuransi mobil dapat memiliki berbagai manfaat untuk menangani segala resiko yang mungkin akan terjadi pada kendaraan milikmu.

Beberapa resiko yang terjamin akan dibantu ganti rugi oleh pihak asuransi mobil ini mula dari kerusakan kendaraan akibat kecelakaan, kebakaran, huru-hara, bencana alam. 

Selain itu juga kehilangan mobil karena pencurian hingga bantuan tanggung jawab dari pihak ketiga jika terjadi sesuatu yang tidak kamu inginkan.

Lalu biaya servis mobil dan perawatan tentu juga tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Kamu bisa manfaatkan asuransi mobil all risk supaya gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Yuk, coba gunakan kalkulator menabung Lifepal!

Sudah tahu berapa yang harus kamu tabung untuk sesuatu setiap bulannya? Walaupun pemasukan kamu tidak besar, kamu harus berusaha memprioritaskan menabung. Sebab dana tabungan bisa kamu gunakan untuk uang darurat, modal, atau modal usaha.

Gunakanlah kalkulator menabung bulanan untuk bantu menghitung besarnya uang yang harus kamu tabung untuk tujuan kamu. Cobalah kalkulator menabung bulanan ini.

Gunakan pula kalkulator waktu menabung di bawah ini untuk menghitung waktu menabung yang dibutuhkan untuk mencapai target nilai akhir tabungan.

Berapa uang pertanggungan asuransi kamu?

Uang pertanggungan adalah sejumlah uang yang akan cair jika terjadi risiko meninggal dunia. Produk asuransi umumnya akan memberikan uang pertanggungan asuransi (UP).

Nilai uang pertanggungan adalah hasil perhitungan Nilai Hidup Manusia. Jika kamu ingin mengetahui berapa besarannya, manfaatkan kalkulator nilai hidup manusia berikut ini untuk menghitungnya:

Perlu kamu ketahui, asuransi memiliki sejumlah risiko, terutama mengenai risiko kerugian investasi. Jika produk yang kamu pilih berbentuk unit link, maka ada risiko kerugian investasi di dalamnya.

Artinya, ada kemungkinan kamu perlu membayar premi lebih lama dari ketentuan awal jika terjadi risiko kerugian tersebut. Kalau kamu tidak mengisi ulang saldo unit link yang kosong, bisa-bisa polis kamu lapse.

Maka dari itu, pastikan sebelum memilih produknya kamu sudah membaca polisnya secara rinci. Mau cara yang lebih simple? Manfaatkan fitur perbandingan asuransi terbaik di Lifepal!

Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi jiwa terbaik

Pertanyaan seputar cara mengatasi mobil ngebul tanpa bongkar mesin

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.