Penyebab Aki Mobil Habis Sendiri dan Cara Mengatasinya

Ada beberapa penyebab aki mobil habis sendiri sehingga dapat mengganggu setiap pemilik mobil saat akan berkendara. 

Hal ini menjadi sesuatu yang harus diperhatikan mengingat aki merupakan komponen di dalam kendaraan yang memiliki fungsi krusial sehingga harus dijaga dan dirawat dengan baik.

Sebab, apabila aki mulai mengalami kerusakan atau aus maka akan sering kali membuat mobil tidak dapat distarter ataupun dioperasikan. 

Supaya kamu dapat menghindari munculnya masalah yang tidak diinginkan, simak penyebab aki mobil habis sendiri atau tekor yang kayak kamu ketahui pada artikel di bawah ini!

Daftar penyebab aki mobil habis sendiri

Aki merupakan salah satu komponen paling penting di dalam kendaraan yang mampu untuk menyimpan dan menyalurkan listrik dalam bentuk kimia dan digunakan oleh komponen mobil lainnya agar dapat bekerja dengan optimal.

Hal inilah yang menyebabkan komponen mesin yang dayanya disuplai oleh akin iut terkena imbas saat aki mengalami drop. Bahkan efek jangka panjangnya adalah mesin mobil yang akhirnya sama sekali tidak bisa dinyalakan sama sekali.

Karena itulah, kamu perlu mengetahui penyebab aki mobil habis sendiri agar dapat menghindari banyaknya kerusakan dan kerugian yang diakibatkan oleh kejadian ini. Beberapa penyebab aki mobil tekor ini antara lain adalah:

1. Melakukan modifikasi mobil

Salah satu hal utama yang dapat menyebabkan aki mobil soak yaitu adalah modifikasi yang dilakukan pada kenradaan hingga membuat komponen di dalamnya ikut berubah dari semula.

Terlebih dalam modifikasi mobil seringkali terdapat penggunaan aksesoris yang berlebihan sehingga konsumsi listrik pun akan menjadi lebih besar. 

Salah satu komponen yang memakan daya listrik yang cukup besar adalah sistem audio mobil dan lampu proyektor.

Jadi pastikan untuk mengecek kapasitas aki terlebih dahulu sebelum melakukan modifikasi mobil agar komponen ini tidak mengalami tekor yang mengakibatkan kerugian yang tidak diinginkan.

2. Mobil jarang dinyalakan, penyebab aki mobil habis sendiri tersering

Mobil yang hampir didiamkan saja dan jarang digunakan akan membuat aki menjadi tekor. Sebab, saat mesin mobil mati, aki tetap akan memberikan suplai listrik ke seluruh komponen di dalamnya. 

Jadi ketika mobil dinyalakan, mesin malah tidak bisa digunakan karena akinya sudah habis. Pastikan untuk selalu mengecek kondisi aki saat mobil jarang digunakan agar tidak terjadi mogok di tengah jalan. Kamu bisa melepas terminal aki jika mobil jarang digunakan. 

Selain itu, kamu juga dapat memanaskan mobil secara berkala agar aki tetap dapat berfungsi dengan optimal.

3. Air aki habis

Jika kamu memiliki tipe aki mobil basah, maka tentu hal ini dapat memudahkan kamu untuk mengganti isian airnya. Air ini memiliki fungsi untuk menghantarkan arus listrik dari alternator ke sel-sel aki.

Namun, ada banyak pemilik kendaraan yang lupa untuk melakukan cek pada sisa air aki sehingga dapat menyebabkan komponen tersebut menjadi tekor. 

Hal ini memang lumrah terjadi, namun air aki dapat menguap karena adanya proses pengisian setrum yang berasal dari alternator.

4. Alternator mengalami kerusakan, salah satu penyebab aki mobil habis sendiri

Salah satu komponen penting di dalam mobil yang dapat memiliki fungsi untuk menjaga kelangsungan kendaraan agar tetap dapat dikendarai dengan optimal yaitu adalah alternator.

Adanya alternator ini dapat memberikan aki suplai listrik secara terus menerus sehingga mesin dapat dinyalakan. 

Jadi, ketika alternator mengalami kerusakan maka tentu tidak akan ada daya listrik yang masuk ke dalam aki mobil. Hal inilah yang menyebabkan aki menjadi rusak juga.

5. Cairan aki kotor dan keruh

Salah satu tanda aki yang bermasalah adalah cairan di dalamnya yang dapat berubah menjadi keruh. 

Seringkali, aki yang keruh ini disebabkan oleh banyaknya kotoran yang menumpuk di dalam cairan ataupun adanya korosi pada bagian yang mengalami karat. 

Hal ini tentu akan menurunkan kualitas aki sekaligus memperpendek usianya. Tidak heran jika cairan aki yang kotor ini akan menyebabkan tekor dan mobil jadi tidak bisa dikendarai dengan optimal.

Cara menghindari penyebab aki mobil habis sendiri

Sebelum berpikir untuk mengganti aki dengan yang baru, ada beberapa cara mengatasi aki mobil soak yang dapat kamu coba untuk memperpanjang usia pemakaian komponen tersebut, diantaranya adalah:

  • Matikan suda perangkat mesin yang menghantarkan listrik.
  • Siapkan berbagai peralatan penunjang mulai dari obeng minus, lap, suntikan tinta printer, air zuur, serta pisau dan isolasi.
  • Mulai lepaskan aki dari kutub positif terlebih dahulu lalu dilanjutkan ke kutub negatif.
  • Bersihkan aki dan lap menggunakan kain bersih.
  • Gunakan obeng minus untuk bongkar bagian penutup aki dengan hati-hati agar tidak rusak.
  • Mulai isi tempat aki dengan cairan zuur menggunakan suntikan tinta printer ke lubang-lubang kecil pada komponen tersebut. Isi cairan hingga batas kurang lebih 1 cm dari bawah lubang aki lalu tutup kembali dengan rapat.

Namun perlu untuk diperhatikan, walaupun sudah diperbaiki sekalipun aki masih dapat rusak lagi sehingga tetap butuh diganti dengan yang baru agar kondisinya menjadi optimal untuk dioperasikan.

Selain itu, tidak semua aki mobil soak dapat diatasi dengan cara diatas. Jika kerusakan sudah sangat parah maka langsung menggantinya dengan aki baru tentu merupakan hal paling bijak yang bisa kamu lakukan.

Cara merawat aki mobil

Cara merawat aki merupakan hal penting yang harus diketahui, jika kamu ingin usia pemakaian komponen tersebut menjadi lebih lama serta meminimalisir terjadinya mogok yang merugikan diri kita.

Sebagai gambaran, berikut adalah beberapa cara merawat aki mobil yang mudah dan dapat kamu lakukan, diantaranya adalah:

1. Rutin melakukan pemeriksaan pada terminal aki

Salah satu cara paling mudah untuk merawat aki adalah dengan rutin melakukan pemeriksaan pada bagian terminalnya. Bagian terminal ini adalah komponen yang berfungsi untuk menghubungkan kutub positif dan negatif dari aki.

Bagian ini rentan kotor karena mudah disisipi oleh bakteri dan jamur sehingga perlu rutin untuk dilakukan pemeriksaan secara berkala.

2. Panaskan mobil secara berkala

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan aki adalah dengan rutin memanaskan mobil agar aki tetap dapat berfungsi dengan maksimal saat hendak digunakan. 

Sebab mobil yang jarang digunakan dan membuat aki mesin cepat tekor dan dayanya cepat berkurang.

3. Rutin cek dan membersihkan aki

Pastikan untuk membersihkan dan mengecek aki secara berkala. Hal ini dapat dilakukan dengan selalu memastikan terminal aki tidak tertutup oleh debu dan kotoran agar hantaran listrik dari aki ke komponen mobil yang lainnya menjadi lebih lancar.

Pembersihan aki ini dapat dilakukan dengan menggunakan sikat di jalan agar lebih maksimal. Selain itu, kamu juga perlu untuk rutin cek kondisi aki dengan menggunakan alat berupa Battery load tester.

Jika kamu menggunakan jenis aki basah, rutin cek juga cairan elektrolit di dalam  komponen tersebut secara periodik agar segera melakukan pengisian ulang saat hendak habis.

Tips dari Lifepal! Penyebab aki mobil habis sendiri ini cukup beragam sehingga harus kamu perhatikan agar menghindari kejadian yang tidak diinginkan seperti mogok saat sedang dikendarai di jalan raya.

Beberapa penyebab aki soak ini mulai dari adanya modifikasi yang melebihi kapabilitas kendaraan, mobil yang jarang dipanaskan, air aki terlanjur habis dan tidak diisi hingga cairan aki yang mengalami kotor.

Pastikan untuk mencegah hal tersebut jika ingin menjaga aki mobil agar tetap dapat bekerja dengan prima dan optimal.

Simak pula ulasan mengenai cara menghidupkan mobil aki soak dan juga cara menghidupkan mobil matic aki tekor di artikel Lifepal!

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Lindungi mobilmu dengan asuransi mobil

Biaya servis mobil dan perawatan tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Gunakan kalkulator menabung Lifepal!

Sudah tahu berapa yang harus kamu tabung untuk sesuatu setiap bulannya? Walaupun pemasukan kamu tidak besar, kamu harus berusaha memprioritaskan menabung. Sebab dana tabungan bisa kamu gunakan untuk uang darurat, modal, atau modal usaha.

Gunakanlah kalkulator menabung bulanan untuk bantu menghitung besarnya uang yang harus kamu tabung untuk tujuan kamu. Cobalah kalkulator menabung bulanan ini.

Gunakan pula kalkulator waktu menabung di bawah ini untuk menghitung waktu menabung yang dibutuhkan untuk mencapai target nilai akhir tabungan.

Cek uang pertanggungan asuransi kamu

Uang pertanggungan adalah sejumlah uang yang akan cair jika terjadi risiko meninggal dunia. Produk asuransi umumnya akan memberikan uang pertanggungan asuransi (UP).

Nilai uang pertanggungan adalah hasil perhitungan Nilai Hidup Manusia. Jika kamu ingin mengetahui berapa besarannya, manfaatkan kalkulator nilai hidup manusia berikut ini untuk menghitungnya:

Perlu kamu ketahui, asuransi memiliki sejumlah risiko, terutama mengenai risiko kerugian investasi. Jika produk yang kamu pilih berbentuk unit link, maka ada risiko kerugian investasi di dalamnya.

Artinya, ada kemungkinan kamu perlu membayar premi lebih lama dari ketentuan awal jika terjadi risiko kerugian tersebut. Kalau kamu tidak mengisi ulang saldo unit link yang kosong, bisa-bisa polis kamu lapse.

Maka dari itu, pastikan sebelum memilih produknya kamu sudah membaca polisnya secara rinci. Mau cara yang lebih simple? Manfaatkan fitur perbandingan asuransi terbaik di Lifepal!

Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi jiwa terbaik

Pertanyaan seputar penyebab aki mobil habis sendiri

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *