Pembersih Jok Mobil Kulit dan Sintetis Terbaik, Cek di Sini!

Sedang mencari rekomendasi pembersih jok mobil kulit dan sintetis? Yuk cari tahu di sini agar kamu memilih jenis cairan yang tepat dalam perawatan berbagai model jok mobil.

Bisa dibilang, merawat dan membersihkan jok mobil itu susah-susah gampang. Salah langkah sedikit, kualitas kursi di mobil yang jadi taruhannya.

Namun jangan khawatir, bila kamu sudah mengerti hal-hal apa yang harus dilakukan dan dihindari maka prosesnya mungkin bisa menjadi lebih mudah.

Menggunakan jenis pembersih jok mobil yang sesuai dapat memudahkan kamu merawat kebersihan bagian interior tersebut. Noda atau kotoran sekalipun bisa dihapus hingga jok kembali terlihat kinclong, asalkan kamu tidak melakukan kesalahan dalam prosesnya.

Jangan lupa juga untuk menerapkan langkah-langkah yang tepat, seperti mengatur jangka waktu hingga penggunaan jenis kain atau lap pembersihnya.

Demi lebih memahami cara membersihkan jok mobil dengan benar–serta menemukan rekomendasi pembersih jok mobil kulit dan sintetis terbaik–mari simak ulasan berikut ini!

Cairan pembersih jok mobil terbaik kulit dan sintetis serta bahan lainnya

Ternyata memilih cairan untuk membersihkan jok itu tidak bisa sembarangan, tapi harus disesuaikan dengan bahannya dari jok tersebut. Berikut rekomendasinya:

Pembersih jok mobil kulit dan sintetis

Kira-kira, apa saja pembersih model jok mobil berbahan kulit yang bagus? Merek apa saja yang direkomendasikan, ya? Atau, ada cairan alami yang bisa digunakan untuk menjaga kebersihan tempat duduk di kendaraan roda empat tersebut?

Diperlukan cairan pembersih khusus untuk jok mobil kulit, demi menjaga kualitas lapisan permukaannya. Selain itu, kamu juga membutuhkan pelembap demi menjaga warna cantik pada jok.

Salah satu merek yang disarankan adalah Otobi Leather Cleaner. Merek itu dijual relatif murah, yakni di kisaran Rp55 ribu. Kamu bisa membelinya di situs penjualan daring, ya.

Pembersih jok mobil fabric

Jenis jok mobil fabric juga perlu obat pembersih jika ada noda yang menempel. Sebagai opsi, kamu bisa menggunakan Waxco Tough Stain yang didesain untuk mengangkat kotoran atau noda dari jok yang tidak terbuat dari kulit.

Ada juga merek Astonish leather Conditioning Cream, produk pembersih sekaligus pelembap permukaan jok kulit. Secara umum, harga jualnya berkisar di level Rp90 ribu.

Satu rekomendasi lagi, yakni Auto Dazzling Car Care yang dijual mulai dari Rp50 ribu.

Pembersih jok kulit kain

Cairan pembersih jok kulit kain tidak ribet. Kamu hanya perlu menyemprotkan air sabun ke permukaan jok.

Sebagai pilihan tambahan, kamu juga bisa menjajal Armor All Cleaning Wipes yang hadir dalam bentuk tisu basah. Akan tetapi, harganya cukup tinggi, yakni di kisaran Rp300 ribu hingga Rp500 ribu.

Cara membersihkan sesuai bahan jok mobil

Sebelum mencari tahu jenis pembersih yang tepat, kamu perlu mempertimbangkan bahan jok mobil terlebih dahulu. Apakah materialnya kulit, kulit sintetis, fabric, atau justru kain?

Obat pembersih jok seperti apa yang cocok untuk setiap bahan jok mobil tersebut? Bagaimana dengan cara membersihkan jok dengan bahan jok mobil berbeda itu? Cari tahu jawabannya di ulasan berikut ini!

Cara membersihkan bahan jok mobil kulit sintetis

Setelah kamu memilih pembersih bahan jok mobil kulit sintetis tanpa kandungan deterjen, silakan bersihkan bagian interior kendaraan roda empat tersebut.

Mengapa tidak boleh memakai sabun berbahan deterjen? Sebab, zat itu berisiko mengeraskan kulit pada jok sehingga lebih rentan robek.

Selanjutnya, perhatikan juga jenis kain yang kamu gunakan dalam tahap pembersihan. Jangan sampai salah pilih, ya!

Nah, secara detail, lakukanlah langkah-langkah cara membersihkan jok mobil kulit sintetis yang kotor berikut ini. 

  • Siapkan lap atau kain berbahan halus yang bersih.
  • Basahi kain itu dengan air hangat.
  • Tuang cairan pembersih jok kulit sintetis ke permukaan lap.
  • Bersihkan kotoran atau noda pada jok kulit sintetis.
  • Jika sudah, keringkan jok menggunakan kain bersih baru.
  • Ulangi langkah tersebut setidaknya satu kali dalam sepekan.
  • Sebagai tambahan, bila jok terkena tumpahan minuman manis, maka kamu harus cepat mengelapnya agar kelak tidak meninggalkan noda membekas.

Membersihkan bahan jok mobil kulit

Sudah menemukan cairan pembersih jok kulit mobil terbaik? Maka inilah waktunya untuk segera membersihkan jok mobil kulitmu! Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut ini yuk!

  • Gunakan kain dengan material microfiber, sebab jok mobil kulit mesti diperlakukan secara khusus.
  • Pilih cairan pembersih khusus agar kondisi kulit pada jok tidak terkikis ataupun robek.
  • Jaga kelembapan mobil demi mencegah mengeringnya jok kulit, sehingga bisa menghindari risiko warna memudar atau pecahnya permukaan.

Cara membersihkan bahan jok mobil fabric

Guna menjaga kebersihan bahan jok mobil fabric, kamu memerlukan penyedot debu. Bersihkan jok secara rutin agar kotoran atau debu tidak menumpuk.

Jika ada minuman manis yang tumpah di atas jok ataupun tidak sengaja terkena muntahan maka kamu perlu membersihkannya menggunakan cairan pembersih dan sikat halus.

Segera lakukan hal tersebut sebelum kotoran-kotoran itu menjadi kerak di permukaan jok.

Setelah pembersihan, silakan gunakan penyedot debu atau vacuum cleaner untuk mengeringkan jok jenis fabric. Bila tidak dilakukan, tempat duduk di mobil itu akan rentan terkena jamur sehingga bisa menimbulkan bau yang tidak enak.

Cara membersihkan bahan jok mobil kain

Berikut ini 5 cara membersihkan jok mobil kain yang bisa kamu tiru:

1. Pakai penyedot debu

Pertama, bersihkan permukaan jok dari remah-remah makanan lebih dulu. Kemudian, kamu bisa menyedot tumpukan debu dan mikroba atau partikel halus tak terlihat menggunakan vacuum cleaner.

Sedotlah berbagai sisi jok, termasuk ke bagian celah di antara dua kursi. Jika sudah bersih, lakukan tahap selanjutnya.

2. Bersihkan kembali menggunakan cairan khusus

Siapkan larutan sabun pembersih jok dan botol penyemprot. Setelah itu, semprot cairan itu ke setiap permukaan jok.

Tahap selanjutnya adalah menggosoknya menggunakan sikat yang bulunya cenderung lembut. Supaya serat kain tidak rusak, usahakan untuk menggosok ke satu arah saja. Ulangi terus sampai noda atau kotoran di jok hilang sepenuhnya.

3. Keringkan jok

Selanjutnya, lap jok kain menggunakan kain microfiber guna mengangkat sisa sabun atau kotoran yang tertinggal di permukaan kursi mobil.

Bila sudah, kamu perlu menggunakan pengering rambut guna menjaga kelembapan jok. Dengan begitu, jok akan lebih cepat kering.

4. Pasang lapisan antinoda

Perawatan selanjutnya, memasang lapisan antinoda berupa Scotchgard Fabric atau Upholstery Protector. Itu merupakan langkah preventif agar kotoran dan noda tidak lagi mampir dan melekat di jok kain mobil kamu.

5. Hindari makan dan minum dalam mobil

Sebaiknya, jangan makan atau minum dalam mobil demi mencegah jatuhnya remahan atau tumpahnya air ke jok. Bila itu terjadi, kamu harus kembali membersihkannya.

Yang jadi masalah, pembersihan jok kain mobil yang terlalu sering berisiko merusak lapisan di permukaannya. Untuk itu, kurangilah kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman di dalam mobil.

Kesalahan dalam membersihkan jok mobil

Ada juga ternyata beberapa hal yang harus kamu hindari dalam membersihkan jok mobil karena hal ini mungkin akan membuat jok jadi lebih cepat rusak.

Salah pilih cairan pembersih bahan jok mobil

Tidak tepat dalam memilih cairan pembersih jok kulit bisa jadi malapetaka. Misalnya, kamu menggunakan cairan dengan konsentrat tinggi–atau mengandung bahan kimia–untuk proses perawatan dan pembersihan bahan jok mobil kulit sintetis.

Hal itu amat sangat tak dianjurkan, sebab bahan dan warna jok mobil kulit sintetis bisa rusak ketika terkena cairan seperti itu.

Dibersihkan setiap hari

Sebagai informasi, penggunaan obat pembersih jok kulit mobil setiap hari dapat merusak warna asli jok. Untuk itu, sebaiknya aturlah jadwal membersihkan jok mobil dengan teratur.

Disarankan untuk melakukan pembersihan–dengan bahan pembersih jok kulit mobil yang bagus–setidaknya 14 hari sekali.

Tips dari Lifepal! Agar jok awet, kamu memang harus merawat jok sesuai dengan jenisnya. Mulai dari jenis pembersihnya, cara membersihkan, hingga frekuensinya harus diperhatikan.

Selain itu, hindari juga kebiasaan-kebiasaan buruk yang mungkin bisa merusak jok kamu. Contohnya seperti makan dan minum, hingga merokok dalam mobil.

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Lindungi mobil kesayangan dengan asuransi mobil

Selain merawat interior mobil, jangan lupa juga perhatikan komponen lainnya. Perawatan secara rutin ini penting dilakukan agar performa mobil tetap baik.

Nah hal lain yang bisa kamu lakukan untuk memberikan proteksi pada kendaraan kesayanganmu adalah dengan memiliki asuransi mobil.

Meskipun sudah melakukan servis mobil secara rutin, tapi risiko seperti kecelakaan hingga kehilangan itu tidak dapat sepenuhnya dihindari. Di sini lah peran asuransi mobil sangat dibutuhkan.

Asuransi mobil dapat menghindarkan kamu dari kerugian finansial apabila risiko ini benar terjadi. 

Nah untuk premi asuransi mobil sendiri, itu didasarkan dengan jenis asuransi, kondisi mobil, dan juga bentuk proteksi yang diinginkan. Berapa perkiraan preminya? Hitung dengan kalkulator premi asuransi mobil berikut!

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Yuk, coba gunakan kalkulator menabung Lifepal!

Sudah tahu berapa yang harus kamu tabung untuk sesuatu setiap bulannya? Walaupun pemasukan kamu tidak besar, kamu harus berusaha memprioritaskan menabung. Sebab dana tabungan bisa kamu gunakan untuk uang darurat, modal, atau modal usaha.

Gunakanlah kalkulator menabung bulanan untuk bantu menghitung besarnya uang yang harus kamu tabung untuk tujuan kamu. Cobalah kalkulator menabung bulanan ini.

Gunakan pula kalkulator waktu menabung di bawah ini untuk menghitung waktu menabung yang dibutuhkan untuk mencapai target nilai akhir tabungan.

Cek uang pertanggungan asuransi kamu

Uang pertanggungan adalah sejumlah uang yang akan cair jika terjadi risiko meninggal dunia. Produk asuransi umumnya akan memberikan uang pertanggungan asuransi (UP).

Nilai uang pertanggungan adalah hasil perhitungan Nilai Hidup Manusia. Jika kamu ingin mengetahui berapa besarannya, manfaatkan kalkulator nilai hidup manusia berikut ini untuk menghitungnya:

Perlu kamu ketahui, asuransi memiliki sejumlah risiko, terutama mengenai risiko kerugian investasi. Jika produk yang kamu pilih berbentuk unit link, maka ada risiko kerugian investasi di dalamnya.

Artinya, ada kemungkinan kamu perlu membayar premi lebih lama dari ketentuan awal jika terjadi risiko kerugian tersebut. Kalau kamu tidak mengisi ulang saldo unit link yang kosong, bisa-bisa polis kamu lapse.

Maka dari itu, pastikan sebelum memilih produknya kamu sudah membaca polisnya secara rinci. Mau cara yang lebih simple? Manfaatkan fitur perbandingan asuransi terbaik di Lifepal!

Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi jiwa terbaik

 

Pertanyaan seputar pembersih jok mobil kulit dan sintetis

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.