Nano Ceramic Coating Mobil, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Tren nano ceramic coating adalah tren detailing mobil yang saat ini tengah naik daun. Coating ini berfungsi untuk  menjaga tampilan mobil agar mengkilap seperti baru. 

Lapisan nano ceramic ini mampu melindungi cat pada bodi mobil dari paparan polusi, goresan-goresan halus, oksidasi, serta dapat memberikan efek mengkilap yang lebih lama.

Sekilas, teknik coating ini mungkin tampak tak jauh berbeda dengan upaya perawatan bodi mobil lainnya. Akan tetapi, sebenarnya nano ceramic coating memiliki keunggulan yang berbeda.

Kelebihan dan kekurangan nano ceramic coating

Sama seperti teknik perawatan mobil pada umumnya, teknik ini pun memiliki keunggulan dan kekurangan. Berikut rangkuman kelebihan dan kekurangan nano ceramic coating yang bisa kamu petimbangkan.

Kelebihan nano ceramic coating

Jika kamu ingin cat mobilmu tidak pudar dan kusam untuk jangka panjang, maka kamu bisa mempertimbangkan nano ceramic yang menawarkan beberapa kelebihan berikut ini:

1. Mencegah warna cat mobil kusam dan pudar

Lapisan coating ini dapat memberikan perlindungan dari paparan sinar UV. Sinar UV berlebihan bisa menyebabkan warna cat mobil menjadi cepat pudar dan kusam. Dalam istilah otomotif, nano ceramic disebut juga sebagai Anti-UV.

2. Meningkatkan daya tahan terhadap air dan jamur 

Nano ceramic mampu melindungi permukaan cat mobil menjadi lebih tahan terhadap air dan jamur. 

Hal ini karena bahan coating ini bisa menciptakan efek daun talas yang mencegah air dan kotoran sulit menempel sehingga tidak menyebabkan bercak putih pada bodi mobil.

3. Membuat tampilan mobil lebih mengkilap 

Keunggulan lainnya, teknik coating ini bisa membuat mobilmu terlihat lebih mengkilap seperti mobil baru. 

Efek mengkilap ini mampu bertahan hingga satu tahun bahkan lebih. Untuk mobil lama atau cat mobil yang kusam, proses coating membutuhkan waktu yang lebih lama.

4. Melindungi dari goresan halus

Bahan coating ini diklaim sebagai perlindungan terbaik untuk melindungi mobil dari goresan-goresan halus. 

Goresan halus bisa saja terjadi karena berbagai hal, misalnya kesalahan mencuci, tergores ranting pohon, terkena kerikil jalan, dan sebagainya.

Kekurangan nano ceramic coating

Meski memiliki banyak manfaat, namun nano ceramic coating mobil juga memiliki beberapa kekurangan, misalnya sebagai berikut. 

1. Biaya yang mahal

Untuk bisa mengaplikasikan nano ceramic pada mobilmu, kamu harus rela merogoh kocek agak dalam. 

Pasalnya, harga coating mobil ini tergolong mahal karena bahan dan prosesnya yang cukup rumit. Harganya berkisar jutaan hingga belasan juta tergantung jenis dan ukuran mobil. 

2. Proses yang lama

Durasi pengaplikasian coating  ini membutuhkan waktu yang lebih lama pada mobil yang dipakai harian dan pada mobil yang berusia lama.

Proses coating akan sulit dilakukan jika warna cat mobil terlalu pudar dan goresan terlalu banyak. Ini biasanya terjadi pada mobil yang usianya sudah cukup lama.

Sementara, proses pada mobil baru hanya membutuhkan waktu satu hari, sementara pada mobil yang dipakai harian membutuhkan waktu dua hingga tiga hari. 

3. Risiko aplikasi coating 

Dalam proses pengerjaannya, bisa saja terjadi kesalahan teknik atau human error. Misalnya jika pada proses pengerjaannya terjadi kesalahan coating yang tidak merata dan mengakibatkan bodi mobil belang. 

Ini adalah bentuk-bentuk risiko yang sulit dihindarkan ketika melakukan coating. Tentu hal ini menyebabkan proses coating lebih lama dari estimasi awal karena terjadi kesalahan.

Apa itu nano ceramic coating? 

Nano ceramic coating adalah cara melapisi bodi mobil dengan cairan khusus yang berukuran nano. Coating mobil sendiri merupakan bagian detailing yang dilakukan dengan mengaplikasikan lapisan khusus di permukaan mobil.

Saat diaplikasikan pada bodi mobil, secara kimiawi dan mekanik akan terbentuk lapisan baru yang terlihat bening. Dengan adanya lapisan baru ini, cat mobil akan terlindungi dari terik matahari, pengaruh cuaca, oksidasi, polusi, serta goresan-goresan halus. 

Nano ceramic coating adalah salah satu metode coating yang menggunakan teknologi canggih masa kini. Selain membuat mobil mengkilap, jenis coating ini juga tahan terhadap goresan.  

Bahannya terbuat dari bahan utama silika yang mengandung partikel kecil berukuran nano dengan tingkat kerapatan yang tinggi.  

Karena tingkat kerapatannya yang tinggi dibanding pelindung cat lainnya, nano ceramic bisa lebih cepat meresap ke pori-pori cat, sekaligus mengangkat kotoran dan residu yang menempel pada cat mobil.  

Perbedaan nano ceramic coating dengan wax mobil

Dalam hal daya tahan, bahan ini lebih unggul dibanding waxing biasa. Alasannya karena bahan nano ceramic coating ini memiliki kerapatan molekul yang tinggi. 

Bila ketahanan wax mobil hanya dapat bertahan sekitar 3 hingga 6  bulan saja, nano memiliki ketahanan sekitar 3 -5 tahun.

Awalnya, nano coating ini berbentuk cair dan jika mengeras akan berubah seperti kaca bening. Lapisan kaca bening inilah yang akan melindungi bodi mobil. 

Wax akan hilang sifat coatingnya setelah tiga bulan, sedangkan sealant hanya akan bertahan setelah tiga sampai enam bulan. Sedangkan nano ceramic (coating) bisa bertahan hingga tiga tahun.

Berbeda dengan wax atau sealant yang dapat dilakukan sendiri di rumah, pengaplikasian coating ini tidak boleh sembarangan dalam melakukan prosesnya. 

Pengaplikasiannya harus dilakukan oleh ahlinya di bengkel, apalagi jika yang dikerjakan termasuk interior mobil. 

Proses coating ini membutuhkan waktu dua sampai tiga hari, atau maksimal empat hari agar coating mengeras dengan sempurna. 

Manfaat nano ceramic coating untuk mobil

Secara umum, kegunaan nano ceramic coating ada dua, yaitu hydroponic effect dan self cleaning effect. Berikut penjelasan singkat mengenai fungsi coating nano ceramic.

Hydroponic effect 

Hydroponic effect atau efek hidroponik merupakan efek seperti daun talas pada cat mobil. Ketika cat terkena air, maka tetesan air tersebut akan langsung jatuh, tidak menempel dan menetap pada cat mobil. 

Seperti yang kita tahu, apabila air menempel pada cat mobil terutama air hujan yang bersifat asam, akan menyebabkan bercak yang memicu tumbuhnya jamur dan kerak. 

Namun dengan adanya hydroponic effect ini, dapat meminimalisir tumbuhnya jamur dan kerak pada cat mobil.

Self cleaning effect 

Manfaat nano ceramic coating untuk mobil berikutnya adalah self cleaning effect. Self cleaning effect akan membuat kotoran dan debu tidak mudah menempel pada cat mobil. 

Jika ada kotoran yang terlanjur menempel pun akan sangat mudah dibersihkan. Dengan begitu, proses mencuci mobil menjadi lebih mudah dan efisien. 

Melindungi cat mobil dari sinar UV dan kontaminasi natural acid 

Manfaat selanjutnya,coating ini dapat melindungi cat mobil dari kontaminasi natural acid dan sinar UV (Ultra Violet) yang dapat menyebabkan cat mobil mudah kusam dan pudar. 

Sehingga, coating juga sering disebut sebagai Anti-UV. Coating ini juga memberikan perlindungan cat dari goresan dan baret-baret halus (swirl mark).

Merk nano ceramic coating terbaik dan harganya 

Ada berbagai merk nano ceramic coating terbaik dengan harga yang bervariasi di pasaran. Berikut rangkuman harga nano ceramic coating mobil berdasarkan mereknya. 

Merek Harga (mulai dari)
Scuto Liquid Wax 250 mL Rp156.000
XTO Glass Toner Fabric Coating 250 mL Rp160.000
XTO Glass Toner Metal Coating 250 mL Rp190.000 
XTO Glass Toner Foundation Coating 250 mL Rp530.000
XTO Glass Toner Base Coating 250 mL Rp395.000 
CS-II Ultra Ceramic Protection Double Nano Superior Full Pemasangan  Rp4.980.000
CS-II Ultra Ceramic Kit Shampo 500 mL Rp150.000 
CS-II Ultra Ceramic Auto Interior Small Car Full Pemasangan  Rp1.080.000 
CS-II Ultra Ceramic Exterior Medium Car Full Pemasangan  Rp1.280.000
Turtle Wax Jet Black Spray  Rp405.000 
Turtle Wax Metallic Car Wax  437 mL Rp180.000
Perma Glass PG Polymer Sealant 500 mL Rp144.000
Keem Sealant Guard Ultra Coating Paint Protection 240 mL Rp115.00 
Shield Protection Crystal Nano Shield Protection 9H 30mL Rp413.000

Lokasi nano ceramic coating terbaik di Jabodetabek

Bila kamu tertarik untuk mengaplikasikan coating untuk perlindungan mobilmu, kamu bisa datangi bengkel atau salon mobil. Berikut daftar bengkel nano ceramic coating terbaik Jabodetabek.

Bengkel nano ceramic coating Bogor

Nama Bengkel  Alamat  No. Telepon 
Scuto Bogor Nano Ceramic Jl. Pandawa Raya A2 No. 10, RT.06/RW.15, Indraprasta, Kec. Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat 16151 0877-0200-2000
Coating Nano Ceramic & Detailling Scuto Bogor Dramaga Jl. Raya Dramaga Km. 7 Ruko Blok B No.12, RT.01/RW.07, Pakuan, Kec. Bogor Barat, Kota Bogor, Jawa Barat 16116 0817-1717-3248
Wapro Nano Ceramic Bogor  Jl. Sholeh Iskandar No. Km 2, Tanah Sareal, Gedung Badak, Kota Bogor, Jawa Barat 16161 0818-1815-2022
Nano Ceramic Coating Factory Bogor  Jl. Raya Jakarta-Bogor No.KM, Nanggewer, Kec. Cibinong, Kota Bogor, Jawa Barat 16912 0813-1079-1617
Scuto Laminating Mobil Bogor Jl. Pandawa Raya A2 No. 11 Indraprasta, RT.06/RW.15, Bantarjati, Kec. Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat 16151 0812-1077-5167
Spotless Auto Detailling Bogor l. Sawojajar No.27, RT.02/RW.04, Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16121 0899-1682-727

Bengkel nano ceramic coating Tangerang

Nama Bengkel  Alamat  No. Telepon
Gagego Detailing Salon/ Poles Nano Ceramic Coating  Jl. Sultan Ageng Tirtayasa No.38, Rt.004/RW.009 Kunciran Indah, Kec Pinang, Kota Tangerang, Banten, 15144 0813-8136-2655
Scuto Cimone Karawaci  Jl. Raya Merdeka No.207 RT.03/RW.01, Sukajadi, Kec. Karawaci, Kota Tangerang, Banten 15113 0822-5006-0078
Scuto Ciledug  Jl. HOS Cokroaminoto No.05, RT.001/RW.002 Cipadu, Kec. Larangan, Kota Tangerang, Banten 15155 0812-8787-0067
MTK Auto Care Detailing Nano Coating  Jl. Cemara Raya 46, C-D, RT.001/RW.002, Karawaci Baru, Kec. Karawaci, Kota Tangerang, Banten 15116 (021) 55789680
Endah Detailing Nano Coating Paint Protection Komplek PU, Jl. Danau Kelapa Dua X No.12, Klp. Dua, Kec. Klp. Dua, Kabupaten Tangerang, Banten 15810 0813-1746-4312
Nanotech Protection  Jl. Graha Bintaro Utara 18 Blok GR3 No.70, West Pondok Kacang, Pondok Aren, South Tangerang City, Banten 15226 0816-305-690
HD Car Care Karawaci Jl. Cemara Raya No.46 C-D, RT.005/RW.002, Karawaci Baru, Kec. Karawaci, Kota Tangerang, Banten 15116 0812-9601-1271

Bengkel nano ceramic coating Bekasi

Nama Bengkel  Alamat  No. Telepon 
Scuto Bekasi  Ruko Sentral Niaga Bolevard Hijau, Jl. Harapan Indah No.3, RT.008/RW.030, Pejuang, Kec. Medan Satria, Kota Bekasi, Jawa Barat 17131 0812-1987-3989
Pit Station – Salon Mobil Nano Ceramic Coaitng & Auto Detailing  Jl. Alternatif Cibubur No. 153, RT.002/RW.007, Jatisampurna, Kec. Jatisampurna, Kota Bekasi, Jawa Barat 17435 0813-8563-3616
TDX Auto Care Detailing Nano Ceramic Bekasi  Jl. Raya Pekayon No.9 RT.001/RW.004, Jaka Setia, Kec.Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 0811-185-629
Master Detailing Nano Ceramic Coating  Ruko Taman Tekno Boulevard, Jl. Tekno Widya No. 9 Setu, Kec. Setu, Kota Tangerang Selatan, Banten 15314
Spyder Auto Detailing  Jl. Taman Galaxy Raya No.14, RT.003/RW.014, Jaka Setia, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17147 0813-1607-6500
Mark auto detailing galaxy – nano ceramic coating & auto detailing Rukan Galaxy City Blok RGK 582, Jaka Setia, Grand Galaxy City, RT.002/RW.019, Jaka Setia, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17147 0811-1398-838
Nano coating Bekasi Jl. Keahlian No.56 RT. 004/005, RT.003/RW.009, Jaticempaka, Kec. Pondokgede, Kota Bekasi, Jawa Barat 17412 0821-1483-0037

Bengkel nano ceramic coating Depok

Nama Bengkel  Alamat  No. Telepon 
Scuto Depok Margonda Jl. Margonda Raya No.1e, Depok, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat 16431 0819-0513-4523
Autoverse Coating Mobil Nano Ceramic – Kaca FIlm Solagard  Jl. Tanah Baru No.35 RW.01, Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16426 0812-8003-2698
Scuto Sawangan  Jl. Raya Sawangan No.3, Mampang, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat 16436 0812-9797-3305
Auto Makeover & Detailling Nano Ceramic Coating  Parung Bingung No. 2 RT.04 RW.09 Kel, Rangkapan Jaya Baru, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat 16434 0855-1666-274
BLINZ car care & coating ceramic Jl. Tole Iskandar No.37 A, Abadijaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16412 0813-1983-6919
Kayana Detailing (Poles/Coating Panggilan) Jl. H. Sulaiman No.28, Bedahan, Kec. Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat 16519 0859-6431-2527
Isara Coating Detailing Jl. Serua Raya No.62, RT.2/RW.1, Serua, Kec. Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat 16517 0818-974-888

Bengkel nano ceramic coating Jakarta

Nama Bengkel  Alamat  No. Telepon 
Scuto Kelapa Gading  Ruko Inkopal, Jl. Boulevard Bar. Raya No.27, RT.2/RW.9, Kelapa Gading Barat, Kec. Kelapa Gading, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240 0878-8573-8777
Coating Sealant Jakarta  Jl. Pangeran Antasari No.43, Jakarta 13350 0899-8881-970
Nano Ceramic Coating Mr Brightside Auto Detailing  Jl. RS. Fatmawati Raya No.80J, RT.1/RW.10, Cilandak Bar., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12430 0812-9181-2911
Profitz Nano Ceramic Coating Jl. Srengseng Raya No.3G, RT.1/RW.8, Srengseng, Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11630 0812-9637-7799
Coating mobil boss – car auto detailing Pasar otopart Citra 2 Blok KBI, Jl. Utan Jati No.40 RT.7/RW.12, Pegadungan, Kec. Kalideres, DKI Jakarta 11830 0853-1111-1179

Berapa biaya coating nano ceramic mobil di bengkel?

Biaya nano ceramic coating cukup mahal, mulai dari harga Rp2 juta hingga Rp8 juta. Biaya ini bervariasi tergantung dari ukuran mobil serta lapisan coating yang diaplikasikan pada mobil. 

Semakin besar ukuran mobil, maka akan semakin banyak pula lapisannya sehingga biayanya akan semakin mahal. Berikut estimasi biaya berdasarkan ukuran mobil dan jenis coating yang digunakan.

Nano platinum – paket 4 layer 

Berikut estimasi harga nano ceramic coating dengan paket 4 layer (lapis)

  • Luxury Car : Rp 8 juta
  • Large Size Car : Rp 6 juta 
  • Medium Size Car : Rp 5.5 juta
  • Small SIze Car : Rp 4.5 juta

Nano supreme – paket 2 layer khusus mobil LCGC

Paket nano supreme 2 layer ini dikhususkan untuk mobil LCGC (Low Cost Green Car), berikut estimasi harganya

  • Medium Size Car : Rp 2.5 juta
  • Small Size Car : Rp 2 juta

Dapat disimpulkan, biaya coating tidaklah murah. Secara garis besar, perawatan dan perbaikan mobil memang memerlukan dana besar. 

Sebaiknya, kamu menggunakan asuransi mobil untuk memudahkan dalam menanggung biaya-biaya yang besar seputar kendaraan. Coba cari tahu jenis asuransi mobil yang paling sesuai untukmu dengan kuis berikut ini.

Cara aplikasi nano ceramic coating sendiri di rumah

Jika harga coating mobil dirasa terlalu berat atau mahal, kamu bisa melakukan coating untuk mobil kesayangan di rumah.

Cara coating mobil sendiri cukup rumit dan tidak boleh disepelekan. Akan ada proses pelapisan cat, lapisan pernis, dan lapisan coating yang biasanya menggunakan bahan glass coating.

Kalau kamu ingin aplikasi nano ceramic coating sendiri, berikut ini cara-caranya yang bisa dicoba. 

1. Cuci mobil hingga bersih

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencuci mobil agar debu dan kotoran yang menempel pada cara mobil bisa hilang. 

Gunakan shampo mobil khusus yang mengandung wax. Jangan lupa untuk lap mobil hingga benar-benar kering.

2. Detailing

Jika permukaan mobil sudah benar-benar kering, langkah selanjutnya adalah proses detailing mobil atau pembersihan tingkat lanjut. 

Proses ini dilakukan untuk membersihkan dan mengangkat residu dan oksidasi yang tetap menempel pada permukaan cat mobil.

Proses detailing akan lebih maksimal jika dilakukan di salon, karena itulah coating disarankan untuk dilakukan di salon mobil.

3. Polishing 

Langkah selanjutnya adalah polish atau proses untuk menghilangkan baret dan goresan pada permukaan cat mobil. 

Meskipun dikerjakan sendiri di rumah, disarankan untuk menggunakan mesin poles mobil yang berputar dengan kecepatan dan tekanan yang konstan. 

Kalau tidak ada, kamu juga bisa menggunakan aplikator, tapi prosesnya akan lebih lama dan bikin tanganmu pegal.

4. Waxing 

Proses waxing ini bersifat opsional. Boleh dikerjakan atau tidak. Waxing ini berguna untuk membuat mobil mengkilap sementara. Biasanya waxing ditambahkan sebelum coating agar cat semakin mengkilap.

5. Coating

Proses yang terakhir yaitu coating. Proses finishing ini sebaiknya dilakukan di dalam ruang tertutup yang bebas debu dan kotoran dengan pencahayaan yang baik. 

Gosokkan cairan lapisan coating searah dan jangan memutar. Lalu tunggu coating kering. Setelah kering, kamu bisa ulangi lagi proses coating antara dua hingga tiga kali. Selama proses coating dilakukan, selalu pastikan untuk menggunakan kain atau aplikator yang lembut, ya.  

Perawatan setelah nano ceramic coating

Ada beberapa perawatan yang harus kamu lakukan setelah melakukan coating mobil. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan hasil coating agar tetap awet dan berkilau seperti mobil baru

Sebagai informasi tambahan, berikut ini rangkuman tips perawatan setelah nano ceramic coating pada mobilmu. 

1. Parkir di tempat yang teduh 

Setelah melakukan coating, sebaiknya mobil diparkirkan di tempat yang teduh. Hindari parkir mobil sembarangan di tempat yang terbuka dan panas karena bisa menyebabkan lapisan coating rusak dan tidak bertahan lama.

2. Rutin mencuci mobil 

Rutin bersihkan mobil setiap dua minggu sekali agar lapisan coating pada mobil tetap awet. Jika mobil terkena air hujan, segera bersihkan menggunakan air bersih lalu lap hingga kering. Pastikan menggunakan lap yang lembut untuk menghindari terjadinya goresan.

3. Proteksi dengan wax

Setelah mencuci mobil, kamu bisa menambahkan wax untuk perlindungan ekstra. Wax ini berfungsi untuk melapisi cat mobil agar lebih awet dan tahan lama. 

Apa saja efek samping nano ceramic coating?

Meskipun coating mobil memiliki banyak manfaat, namun ternyata coating juga memiliki efek samping yang perlu kamu ketahui. Berikut efek samping nano ceramic coating.

Tampilan mobil kurang bagus

Tampilan mobil yang kurang bagus karena warna yang tidak merata mungkin saja terjadi jika ada kesalahan teknis atau human error dalam proses pengaplikasian coating.

Mobil butuh perawatan yang rutin

Meskipun coating dengan bahan nano ini bertahan lama dibanding dengan jenis coating yang lain, bukan berarti setelahnya kamu tidak perlu merawatnya lagi. 

Justru, setelah pengaplikasian coating ini, kamu harus menjaga dan merawat mobilmu agar tetap bersih dan mencucinya secara teratur. Hal ini dilakukan agar lapisan coating tidak rusak dan bertahan lama. 

Perbedaan nano coating dan ceramic coating

Saat kamu ingin mengaplikasikan coating pada mobilmu, kamu mungkin sedikit bingung apa perbedaan nano coating dan ceramic coating. Perbedaan keduanya ada pada jenis lapisan dan teknik yang digunakan. 

Nano coating

Nano coating menggunakan cairan khusus yang berukuran nano atau kecil. Karena ukuran partikelnya yang kecil, sehingga memiliki tingkat kerapatan yang tinggi, bisa melapisi mobil hingga partikel terkecil.

Namun, penggunaan coating ini tidak begitu direkomendasikan karena cukup berbahaya untuk lingkungan dan manusia. 

Nano yang berukuran kecil ini mengandung zat kimia berisi racun yang berbahaya apabila sampai masuk ke dalam tubuh. Karena itu, dianjurkan untuk menggunakan baju yang ketat dan aman saat mengaplikasikannya pada mobil.

Ceramic coating

Ceramic coating merupakan salah satu teknik pelapisan permukaan cat mobil menggunakan cairan yang mengandung keramik khusus. Ceramic coating juga sering digunakan sebagai salah satu anti karat mobil terbaik.

Kelebihan utama dari penggunaan ceramic coating yakni coating bisa bertahan lama dan aman. Sayangnya, kamu harus merogoh kocek cukup dalam untuk melakukan ceramic coating ini.

Perawatan setelah nano ceramic coating

Setelah nano ceramic coating mobil, sebaiknya lakukan perawatan khusus agar hasil coating lebih awet dan tidak mudah rusak. Berikut ini tips perawatan setelah nano ceramic coating.

  • Jangan cuci mobil sampai 3-7 hari setelah mobil di-coating
  • Jika terkena air hujan, bilas dengan air bersih dan keringkan dengan kain berbahan lembut
  • Lakukan coating ulang saat servis mobil berkala setiap 6 bulan
  • Cuci mobil dengan shampo mobil yang aman untuk bahan nano ceramic yang dipakai 

Alasan perlu punya asuransi mobil

Ketika membeli mobil, bukan cuma harga mobil saja yang perlu dipertimbangkan, tapi juga biaya perawatannya. Perawatan dan perbaikan mobil memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Apalagi, ketika kamu berkendara, mobil lebih rentan terhadap berbagai risiko kerugian, mulai dari kecelakaan, tertabrak, hilang, dan lain sebagainya.

Tips dari Lifepal! Setelah tampilan luar mobil semakin keren dengan nano coating, kamu juga bisa menyegarkan kabin mobin. Untuk membuat kabin semakin nyaman dan segar, kamu bisa memanfaatkan jasa fogging mobil.

Untuk mengantisipasi kerugian, kamu bisa memiliki asuransi kendaraan. Asuransi kendaraan berfungsi sebagai perlindungan keuangan. 

Jadi, ketika terjadi kerugian, asuransi yang akan membantu menanggung biaya kerugian tersebut. Kamu tidak perlu repot-repot menguras tabungan pribadi. 

Sebelum mulai menggunakan asuransi mobil, sebaiknya coba dulu hitung preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil berikut ini.

FAQ seputar nano ceramic coating

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *