Ketahui Masalah Umum Transmisi Innova Kamu

Masalah transmisi Innova sudah merupakan rahasia umum yang seringkali harus dihadapi oleh para pemilik kendaraan tersebut. 

Ditambah, Kijang Innova Reborn dengan transmisi matic merupakan salah satu jenis mobil yang banyak diminati terutama oleh masyarakat kota. Hal ini karena penggunaannya yang simpel dan praktis sehingga tidak perlu menginjak kopling ataupun mengubah gigi.

Akan tetapi, ada beberapa masalah transmisi matic innova yang wajib untuk kamu perhatikan terlebih saat hendak membeli jenis kendaraan tersebut, terutama bekas. 

Penting untuk memperhatikan secara seksama bagaimana kondisi dari transmisi matic yang ada agar mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan di masa yang akan datang. Jadi, apa saja masalah transmisi Innova? Simak penjelasannya pada artikel ini!

Beberapa masalah umum di transmisi Innova

Ada beberapa masalah transmisi innova yang wajib untuk kamu ketahui terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membelinya. 

Sebab walaupun termasuk ke dalam jenis mobil paling laris di Indonesia, ada beberapa masalah umum yang wajib untuk diperhatikan, diantaranya adalah:

1. Susah masuk gigi mundur, masalah transmisi Innova terbanyak

Salah satu masalah transmisi innova yang paling umum terjadi yaitu adalah sulitnya masuk ke gigi mundur ataupun terasa keras saat masuk ke gigi perseneling. Hal ini umumnya terjadi karena kampas kopling serta sil karet mengalami aus.

Jika tidak rutin dilakukan perawatan, sil karet ini akan putus dan kampas kopling menjadi aus kemudian rusak total.

2. Solenoid rentan mengalami gangguan

Khusus untuk masalah transmisi matic innova, hal yang paling umum terjadi adalah salah satu komponennya yang sering mengalami gangguan, yaitu pada bagian kelistrikan atau solenoid.

Memang, transmisi matic Innova sebenarnya masih masuk ke dalam kategori yang sangat kuat dan bisa diandalkan, akan tetapi seringkali hanya mengalami gangguan di solenoid.

Akan tetapi kamu tidak perlu khawatir, sebab matic Innova memiliki sistem emergency yang dapat menjadi tanda bagian solenoidnya mulai bermasalah sehingga langsung dapat dilakukan penanganan.

3. Downshifting kasar

Beberapa pemilik Innova juga mengeluhkan beberapa masalah transmisi yaitu kerasnya tuas jika dipindahkan dari “P” ke “R”. Hal ini ditimbulkan dengan kerasnya bunyi jedug yang terjadi sehingga menyebabkan downshifting menjadi lebih kasar.

Akan tetapi jangan khawatir, umumnya masalah transmisi innova yang satu ini hanya terjadi pada beberapa konsumen yang sensitif saja.

4. Baut engsel sliding bermasalah di jok tengah

Salah satu masalah transmisi innova yang juga kerap kali terjadi adalah baut pada bagian jok tengah yang sering lepas. Hal ini memang merupakan masalah yang cukup minor, namun seringkali akan merepotkan pengendara mobil.

Jika terjadi hal tersebut, kamu perlu untuk menurunkan bagung mobil dan mengambil baut yang terlepas lalu dipasang lagi ke tempat semula.

5. Tarikan yang kurang bertenaga

Masalah transmisi innova untuk yang bermesin diesel yang lainnya adalah tarikan yang kurang bertenaga. Hal ini umumnya terjadi karena mesin yang pincang pada bagian injektor diesel miliknya.

Pada dasarnya, injektor mesin diesel ini memiliki karakteristik yang sensitif terhadap kualitas dari sebuah bahan bakar. Jika semprotan debit bahan bakar sudah tidak sesuai lagi dengan kriteria mesin maka mesin pincang akan sangat mungkin untuk terjadi.

Ciri saat ada masalah di transmisi Innova

Supaya mudah untuk segera dikenali dan dilakukan perawatan, kamu perlu mengetahui beberapa ciri kerusakan di transmisi Innova. 

Dengan mengenali tanda dan ciri-cirinya, kamu dapat melakukan persiapan dan melakukan pengecekan untuk menghindari munculnya kerusakan yang lebih parah. Beberapa ciri kerusakan transmisi Innova ini antara lain adalah:

  • Tidak adanya sinkronisasi antara ECU (electronic control unit) dengan TCU (transmission control unit). Hal ini tentu akan membuat mobil yang sudah di remapping tetap tidak mampu menyelesaikan masalah.
  • Perpindahan gigi yang tidak lembut. Seringkali terjadi masalah transmisi matic innova yang mengalami lompat setelah pindah gigi dari D ke N.
  • Terjadi kesulitan saat memindahkan gigi P ke R.
  • Mesin mobil menjadi tidak bertenaga.
  • Muncul suara jedug saat berpindah transmisi.
  • Transmisi mengalami dengung yang mengganggu.

Cara merawat transmisi Innova

Masalah transmisi innova memang cukup beragam, namun jangan khawatir kamu dapat memperpanjang usia produktif dari transmisi Innova dengan berbagai cara.

Berikut adalah beberapa cara merawat transmisi Innova yang perlu untuk kamu ketahui, diantaranya adalah:

1. Ganti oli mesin secara rutin

Salah satu cara utama untuk memperpanjang umur transmisi mesin Innova adalah rutin mengganti oli transmisi setiap 30.000-40.000 km. 

Selain itu, ganti oli ini juga penting untuk dilakukan karena ia bekerja secara penuh sebagai pelumas di dalam mesin untuk meningkatkan kinerja dan menjaga daya tahan kendaraan setelah melewati adanya proses pembakaran.

2. Ganti kampas kopling yang aus

Kampas kopling merupakan bagian penting dalam komponen transmisi yang harus dijaga kualitasnya. 

Jadi, jika kampas kopling sudah tampak mengalami gangguan ataupun aus maka harus langsung diganti agar tidak menyebabkan kerusakan pada komponen mesin lain di sekitarnya. 

Sebab, kampas kopling aus juga dapat menyebabkan mobil sulit untuk melakukan mundur. Hal ini menjadi sangat penting untuk diperhatikan mengingat kampas kopling tersusun oleh banyak komponen kecil agar mobil bisa dikendalikan mundur.

3. Hanya gunakan oli yang berkualitas

Dalam rangka menjaga mesin agar dapat bekerja secara prima, penting bagi pemilik mobil untuk hanya memilih oli transmisi yang berkualitas sesuai dengan anjuran pabrikan yang ada, terutama untuk spesifikasi kekentalannya.

Sebab, penggunaan oli yang tepat dan berkualitas akan membuat usia mesin menjadi lebih tahan lama.

4. Melakukan oper gigi yang benar

Selain itu, sangat penting untuk melakukan oper gigi dengan benar dan tepat. Salah satu cara paling mudah untuk menandakan apakah perpindahan gigi yang kamu lakukan sudah tepat adalah adanya bunyi klek yang terdengar halus.

Penting untuk tidak terlalu tergesa saat melakukan perpindahan gigi transmisi agar gigi dapat masuk dengan tepat dan tidak berbahaya saat dikendarai di jalan raya.

Tips dari Lifepal! Nyatanya, ada berbagi masalah transmisi innova yang harus kamu perhatikan terutama saat memutuskan untuk membeli jenis kendaraan ini demi menunjang kegiatan sehari- harimu.

Sebab, masalah transmisi innova yang kerap kali terjadi dan harus kamu perhatikan ini mulai dari gigi yang susah masuk, downshifting kasar hingga solenoid yang mudah mengalami gangguan.

Jadi kamu perlu perhatikan dengan seksama dan melakukan perawatan rutin untuk menjaga komponen mesin tersebut agar tetap dapat bekerja dengan baik.

Simak pula ulasan mengenai ukuran standar ban innova atau ukuran mobil innova di artikel Lifepal!

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Manfaat memiliki asuransi mobil

Biaya servis mobil dan perawatan tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Coba hitung menggunakan kalkulator menabung Lifepal!

Sudah tahu berapa yang harus kamu tabung untuk sesuatu setiap bulannya? Walaupun pemasukan kamu tidak besar, kamu harus berusaha memprioritaskan menabung. Sebab dana tabungan bisa kamu gunakan untuk uang darurat, modal, atau modal usaha.

Gunakanlah kalkulator menabung bulanan untuk bantu menghitung besarnya uang yang harus kamu tabung untuk tujuan kamu. Cobalah kalkulator menabung bulanan ini.

Gunakan pula kalkulator waktu menabung di bawah ini untuk menghitung waktu menabung yang dibutuhkan untuk mencapai target nilai akhir tabungan.

Cek uang pertanggungan kamu

Uang pertanggungan adalah sejumlah uang yang akan cair jika terjadi risiko meninggal dunia. Produk asuransi umumnya akan memberikan uang pertanggungan asuransi (UP).

Nilai uang pertanggungan adalah hasil perhitungan Nilai Hidup Manusia. Jika kamu ingin mengetahui berapa besarannya, manfaatkan kalkulator nilai hidup manusia berikut ini untuk menghitungnya:

Perlu kamu ketahui, asuransi memiliki sejumlah risiko, terutama mengenai risiko kerugian investasi. Jika produk yang kamu pilih berbentuk unit link, maka ada risiko kerugian investasi di dalamnya.

Artinya, ada kemungkinan kamu perlu membayar premi lebih lama dari ketentuan awal jika terjadi risiko kerugian tersebut. Kalau kamu tidak mengisi ulang saldo unit link yang kosong, bisa-bisa polis kamu lapse.

Maka dari itu, pastikan sebelum memilih produknya kamu sudah membaca polisnya secara rinci. Mau cara yang lebih simple? Manfaatkan fitur perbandingan asuransi terbaik di Lifepal!

Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi jiwa terbaik

Pertanyaan seputar masalah transmisi Innova

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *