Ketahui 4 Penyebab Setir Mobil Lari ke Kiri Agar Aman Berkendara

Setir mobil termasuk komponen mobil penting untuk mengontrol arah laju mobil atau menjaga setir dalam keadaan stabil. Namun, tak jarang juga kamu akan menghadapi situasi di mana stir mobil narik ke kiri terus-menerus. Apa penyebab setir mobil lari ke kiri?

Terlepas dari fitur keamanan dan keselamatan serta mesin mobil, setir atau kemudi memiliki peran yang cukup krusial dalam menjaga laju mobil. 

Kemungkinan besar yang akan terjadi saat setir mobil tidak lurus atau setir mobil tidak bisa belok adalah kecelakaan lalu lintas.

Oleh karena itu, untuk menghindari situasi yang tidak diinginkan tersebut, artikel ini akan membahas tentang penyebab setir mobil berat ke kiri dan cara mengatasi setir mobil lari ke kiri.

Penyebab setir mobil lari ke kiri

Penyebab setir mobil lari ke kiri bisa karena permasalah pada tie rod, sudut toe, kaki-kaki mobil atau understeel mobil. Ini penjelasan lengkapnya.

1. Tie rod sudah aus

Penyebab setir mobil lari ke kiri yang pertama adalah karena tie rod telah aus atau ada bagian-bagian tie rod yang berkarat dan tidak dibersihkan. 

Apabila dibiarkan begitu saja maka komponen mobil lainnya seperti understeel akan ikut bermasalah.

2. Understeel rusak atau tak layak pakai

Tie rod yang karat atau rusak menyebabkan understeel atau kaki-kaki mobil ikut rusak sehingga setir mobil tidak lurus. 

Bukan hanya tie rod saja yang rusak melainkan komponen kaki-kaki mobil yang rusak atau sudah tak layak pakai bisa menciptakan kerusakan pada understeel mobil.

Terkadang, pemilik mobil tidak mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengganti Understeel yang sudah tak layak pakai. Hal ini juga bisa menjadi penyebab setir mobil lari ke kiri.

3. Understeel kehilangan kestabilan

Bila ditanya, pernahkah kamu mengemudi dengan mobil dan melintas begitu saja di medan jalan yang tidak rata atau bahkan menghantam begitu saja lubang di jalan tanpa mengurangi kecepatan laju mobil? Hampir seluruh jawabannya tentu pernah melakukan hal demikian.

Mulai sekarang, sebaiknya kebiasaan buruk tersebut dihilangkan. Pasalnya, dengan melaju di atas medan jalan yang kurang rata atau bahkan berlubang tanpa mengurangi kecepatan bisa membuat understeel jadi tidak stabil. Ketidakstabilan itulah yang penyebab setir mobil berat ke kiri.

Ketidakstabilan understeel ini yang menjadi penyebab setir mobil lari ke kiri dengan konsekuensi paling fatalnya adalah kecelakaan lalu lintas.

4. Sudut toe sudah terlalu lebar

Penyebab setir mobil lari ke kiri yang terakhir adalah sudut toe mobil yang terlalu lebar ke kiri atau ke kanan. Sudut toe sendiri merupakan posisi terbaik untuk menentukan kelurusan roda dibandingkan garis horizontal yang terlihat dari atas mobil. Biasanya pabrik sudah mengatur posisi ini.

Kendati demikian, berjalannya waktu mungkin saja sudut toe ini mengalami pergeseran sehingga terlalu menghadap ke dalam atau ke luar. Kondisi seperti ini yang menjadi penyebab setir mobil tidak lurus, cenderung stir mobil narik ke kiri atau ke kanan.

Ada dua jenis sudut toe, yakni sudut toe-in dan sudut toe-out. Sudut toe-in merupakan kondisi di mana roda depan mobil menguncup ke bagian dalam. Sedangkan sudut toe-out yakni kondisi di mana roda depan membuka ke luar.

Apabila salah satu sudut toe ini terbuka terlalu lebar, maka dampaknya terjadi pada putaran roda menyeret ke sisi sebaliknya dan putaran kemudi jadi lebih sensitif.

Khusus untuk sudut toe-out, terlalu lebarnya sudut yang terbuka disebabkan karena ketidaksempurnaan saat memasang komponen understeel yang baru atau mur pengunci tie rod yang bergeser. Untuk memperbaikinya dibutuhkan mekanik handal yang mengerti.

Cara mengatasi setir mobil lari ke kiri

Saat merasa bahwa setir mobil tidak lurus atau stir mobil narik ke kiri atau ke kanan, sebaiknya kamu segera membawa mobil ke bengkel. 

Bila ditunda-tunda maka bukan tidak mungkin kerusakan spare part tersebut akan menyambar ke komponen mobil lainnya yang berada di sekitar understeel atau kaki-kaki mobil.

Berikut ini cara mengatasi setir mobil lari ke kiri yang biasa dilakukan mekanika andal.

Servis spooring & balancing

Cara mengatasi setir mobil lari ke kiri yang pertama adalah dengan melakukan servis mobil spooring dan balancing. Kedua servis mobil ini bertujuan untuk mengembalikan dan meningkatkan kembali performa roda mobil.

Spooring adalah teknik yang digunakan untuk mengatur ulang roda depan dan roda belakang mobil agar simetris. Sedangkan balancing merupakan metode yang digunakan untuk mengetahui apakah ban mobil berada di titik sumbu yang tepat atau sebaliknya.

Penting untuk rutin melakukan spooring dan balancing, khususnya saat kamu merasa setir mobil tidak lurus, agar kemudi mobil mudah dikontrol oleh pengemudi.

Ganti understeel mobil

Hampir seluruh penyebab setir mobil lari ke kiri adalah adanya kerusakan di bagian understeel atau kaki-kaki mobil. Solusinya cukup mengganti understeel yang lama dengan yang baru. 

Namun, dalam memilih spare part-nya, disarankan untuk membeli spare part understeel atau kaki-kaki mobil yang original dan diproduksi langsung oleh pabrik pembuat mobil. Tujuannya tentu saja agar spare part tersebut dapat digunakan dalam jangka panjang.

Servis sudut toe

Solusi terakhir adalah dengan melakukan perbaikan pada sudut toe mobil. Baik sudut toe-in maupun sudut toe-out, kedua sudut ini perlu dicek oleh mekanik profesional agar sumber kerusakannya pasti dan bisa segera diperbaiki.

Yang perlu digarisbawahi adalah melakukan pengecekan dan perbaikan sudut toe-in dan sudut toe-out hanya bisa dilakukan oleh tenaga profesional karena tingkat kesulitan yang cukup tinggi dan tingkat potensi merusak komponen mobil yang lain juga tinggi.

Untuk mendapatkan servis spooring, balancing, sampai perbaikan sudut toe terbaik, maka kamu bisa mengandalkan para mekanik di bengkel mobil resmi. Dibandingkan bengkel umum, disarankan kamu melakukan perbaikan setir mobil di bengkel resmi.

Bengkel resmi memiliki mekanik-mekanik andal bersertifikat dan pengalaman memperbaiki mobil bertahun-tahun bisa meminimalisir potensi memperbaiki komponen satu dan merusak komponen lainnya.

Selain mekaniknya yang profesional, peralatan di bengkel resmi juga cukup lengkap, bahkan hidrolik dan scanner sudah tersedia di bengkel resmi.

Tips dari Lifepal! Jika mengharuskan untuk ganti spare part, maka jaminan spare part original di bengkel resmi sangat terjamin. Dengan menggunakan spare part mobil original maka usia pakai spare part tersebut bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama.

Kendati demikian, banyak dari pemilik mobil yang ragu untuk datang ke bengkel resmi karena biaya servis mobil di bengkel resmi terkenal cukup mahal dibandingkan bengkel umum atau bengkel spesialis. 

Oleh karenanya, bila kamu ingin melakukan servis mobil di bengkel resmi maka sebaiknya kamu memiliki asuransi mobil.

Manfaatkan asuransi mobil untuk meng-cover biaya perbaikan di bengkel 

Memiliki mobil tentu sudah harus siap dengan berbagai biaya yang menyertainya. Yang biasanya paling menguras kantong adalah biaya perbaikan mobil di bengkel. 

Karena itu, agar keuangan kamu tidak terbebani karena mahalnya biaya servis mobil, gunakan asuransi mobil terbaik yang bisa meng-cover biaya kerusakan baik kecil maupun besar. 

Temukan asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan kamu melalui kuis asuransi mobil terbaik dari Lifepal berikut ini. 

Setelah itu, hitung biaya premi asuransi yang mesti kamu bayarkan menggunakan kalkulator premi asuransi mobil yang sudah disesuaikan dengan aturan dari Otoritas Jasa Keuangan. 

Pertanyaan seputar setir mobil lari ke kiri

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *