Bisnis  

Kaya Mendadak Seperti Ghozali? Ini Tips Atur Keuangannya

portalutama.comJakarta, CNBC Indonesia – Pada awal tahun seorang anak muda mendadak viral karena mampu meraup miliaran dari foto selfie. Ia dikenal sebagai Ghozali Everyday.

Ghozali berhasil menjual selfie berupa aset digital atau non-fungible token (NFT) di marketplace OpenSea. Dalam podcast Deddy Corbuzier pada Januari 2022, ia mengungkapkan berapa penghasilan yang didapatkan.

“Sampai hari ini dapet Rp1,7 Miliar,” jawab pemuda asal Semarang, Jawa Tengah tersebut seperti dikutip pada Selasa (18/1/2022).

Sultan Gustaf Al Ghozali, nama lengkapnya, sudah mengambil foto selfie setiap hari sejak lulus SMK 5 Semarang pada 2017.

Diketahui, niat awal Ghozali semata-mata hanya ingin mengabadikan dirinya sepanjang menempuh pendidikan di bangku kuliah dan ditutup pada saat lulus nanti. Harapannya ini akan menjadi kenangan manis bagi dirinya.

“Aslinya itu saya foto setiap hari buat animasi timelapse lima tahun nanti jadi video, begitu,” kata Ghozali mengutip detikINET di kampusnya, Udinus Semarang, Kamis (13/1/2022).

Sebenanrnya Ghozali sendiri baru mempelajari NFT pada Desember 2021. Kemudian mengunggah foto-fotot dirinya sebagai bahan lucu-lucuan saja. Tapi tak disangka fotonya menjadi viral dan membuatnya menjadi miliarder dadakan.

“Awal-awal itu dipromosiin oleh komunitas NFT Indonesia. Terus orang luar negeri jadi ikutan beli bahkan chef Arnold juga beli. Belinya bahkan sampe 25 gitu, foto wajah saya, hahaha,” ujarnya.

Uang miliaran yang diraup oleh Ghozali tidak serta merta akan dihabiskan untuk foya-foya. Namun untuk menggapai cita-citanya yakni memiliki video animasi dan investasi.

Ke depan uangnya buat investasi lagi. Berharap setelah lulus mau kerja di studio animasi buat cari pengalaman terus bikin studio animasi sendiri,” kata Ghozali di kampusnya, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, Kamis (13/1/2022).

Pada waktu itu Ghozali sadar akan heboh soal dirinya dan NFT hanya sementara sehingga menerima bantuan untuk mengelola keuangannya.

“Nanti mau dibantu uangnya mau diputerin gimana. Menurut saya ini paling bertahan cuma seminggu aja sih. Jadi setelah itu uangnya bisa saya puterin,” ujar Ghozali.Dari kisah Ghozali menunjukkan bahwa ia mulai sadar keuangan dengan mau mengelola “durian runtuh” yang seketika menjadikan dirianya seorang miliarder.

Ketika kaya mendadak, hal pertama yang bisa dilakukan adalah cek kesehatan keuangan. Sehingga bisa mengevaluasi diri terutama terkait utang, dana darurat, dan tabungan.

Setelah itu lunasi semua hutang jangka pendek yang sekiranya bisa dilunasi menggunakan uang dari “durian runtuh”. Hal ini untuk menyehatkan keuangan.

Kemudian penuhi dana darurat minimal 6 bulan dari pengeluaran bulanan. Lalu penuhi juga rasio tabungan sebesar minimal 10% dari pendapatan kotor.

Sisa duit bisa digunakan untuk keperluan mendesak dan produktif. Misalnya saja membeli laptop baru atau kendaraan pribadi untuk menunjang pekerjaan. Lebih baik sisakan juga untuk investasi sebesar 20% dari rejeki dadakan tersebut. Baru sisanya bisa untuk konsumsi.

TIM RISET CNBC INDONESIA

error: Content is protected !!