Kapan Sebaiknya Ganti Oli Transmisi Mobil Matic? Simak di Sini

Sebagai pemilik mobil matic, kamu tentu harus mengetahui kapan ganti oli transmisi mobil matic. Terlambat mengganti oli bisa menimbulkan kerusakan pada kendaraan roda empat kamu.

Pemilik mobil tentu harus mengetahui seluk-beluk kendaraan. Salah satu yang tidak boleh luput dari perhatian adalah tentang oli kendaraan. Beberapa dari kamu juga pasti bertanya-tanya, kapan ganti oli transmisi mobil matic?

Sebelum memahami waktu yang tepat untuk ganti oli transmisi mobil matic, kamu perlu memahami terlebih dahulu beberapa hal.

Pertama, kamu perlu mengetahui tanda oli matic mobil harus diganti. Kemudian, kamu pun perlu mencari tahu rekomendasi harga oli matic mobil untuk mengetahui penawaran terbaik.

Untuk mengetahui selengkapnya, simak paparan berikut ini. Jangan sampai kamu terlewat mengganti oli, ya, karena bisa berisiko bagi kendaraan roda empat kamu.

Kapan ganti oli transmisi mobil matic?

Penggantian pelumas pada mobil harus dilakukan secara rutin. Tidak hanya mesin, tapi juga oli transmisi otomatis. Oli transmisi mobil matik perlu diganti secara rutin agar girboks transmisi tetap bisa bekerja optimal.

Lantas, kapan harus ganti oli transmisi mobil matic?

Pada umumnya, pihak bengkel akan menyarankan penggantian oli transmisi matik setiap interval 15.000 kilometer. Selanjutnya, untuk menguras oli ini secara menyeluruh dilakukan tiap 50.000 kilometer.

Di samping itu, setiap jenis mobil matik memiliki interval penggantian oli transmisi yang bervariasi. Ada yang jangka panjang bisa mencapai 100.000 kilometer. Ada pula yang perlu penggantian setiap 50.000 kilometer.

Namun, para pemilik mobil tetap perlu berpedoman pada interval yang sudah dianjurkan pabrikan mobil. Setelah mengganti oli di interval pertama, kamu bisa mengganti oli setiap setengah dari interval yang ditentukan.

Hal ini lantaran semakin tinggi jarak tempuh, daya kerja girboks perlahan akan menurun. Penggantian oli transmisi yang lebih intens setidaknya bisa memperlambat penurunan daya kerja girboks transmisi.

Tanda oli matic mobil harus diganti

Saat oli matic sudah harus diganti, mobil kamu pasti akan memberikan beberapa pertanda. Salah satunya adalah perpindahan gigi yang sulit. Ini merupakan salah satu tanda yang bisa kamu deteksi. Ada pula beberapa tanda lainnya:

1. Sulit pindah gigi

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, perpindahan gigi yang sulit menjadi salah satu tanda oli transmisi mobil matic harus diganti.

Pada umumnya, perpindahan gigi ini sulit dilakukan pada tingkat-tingkat tertentu. Misalnya, saat gigi berada di posisi satu atau tiga. Posisi gigi transmisi sulit berpindah meski laju mobil dipercepat atau diperlambat.

2. Mobil sulit menanjak

Tanda lain oli matic mobil harus diganti, yakni mobil tidak kuat menanjak, terutama pada jalanan yang kemiringannya cukup curam. Penyebab dari minimnya tenaga pada mobil matic di medan yang menanjak, yakni kualitas oli yang sudah menurun karena sudah lama tidak diganti.

3. Transmisi berat

Apakah kamu pernah merasakan tarikan mobil tersendat atau berat? Jika ya, jangan buru-buru menduga bahwa mobil kamu mengalami kerusakan pada sistem injektor atau kompresi mesin.

Masalah ini bisa jadi bersumber pada transmisi matic. Hal ini disebabkan karena banyaknya timbunan kotoran atau debu yang menggumpal di dalam oli. Debu dan kotoran tersebut dapat berasal dari kampas transmisi.

Ini adalah efek samping dari keterlambatan penggantian atau penggunaan oli yang kurang tepat. Karena kondisi oli yang kotor, tekanan fluida di dalamnya melemah.

Hal inilah yang secara tidak langsung membuat komponen-komponen di dalamnya bekerja lebih keras. Gesekan yang lebih keras juga menyebabkan makin menumpuknya serbuk partikel halus.

4. Muncul suara mendengung

Apakah kamu mendengar suara mendengung yang berasal dari mesin kendaraan, lalu lama-kelamaan suara tersebut bertambah keras dan muncul bunyi ketukan seperti benda tumpul yang sedang beradu?

Jika ya, suara mendengung itu berasal dari beberapa komponen di dalam sistem transmisi yang saling beradu atau berbenturan dikarenakan mekanisme pergerakannya yang terhambat diakibatkan dorongan pada oli transmisi yang kurang kuat.

Oli adalah komponen yang cukup penting untuk sistem transmisi otomatis.

Jika oli sudah aus, kotor, kadaluarsa, dan encer maka tentu saja membuat tekanan dan pelumasannya menjadi berkurang. Kondisi tersebut akan berpengaruh pada kerja komponen di dalam sistem transmisi.

5. Oli berubah warna

Untuk melihat apakah kondisi oli sudah seharusnya diganti atau tidak adalah dengan cara melihatnya secara langsung.

Jika warna oli sudah berubah menjadi menghitam pekat dan encer, maka hal tersebut menandakan jika oli transmisi mobil sudah seharusnya diganti secepatnya.

Rekomendasi dan harga oli matic mobil

Setelah mengetahui waktu ganti oli transmisi matic mobil berapa km dan tanda-tanda oli matic mobil harus diganti, kamu tentu penasaran mengenai harganya.

Ya, mengetahui rekomendasi harga oli matic mobil sangat penting untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Saat ini, biaya ganti oli mobil per liter di pasaran berada di kisaran Rp 62.000 hingga Rp 850.000, tergantung merek dan tipe dan belum termasuk jasa ganti oleh montir.

Sebagai contoh untuk tipe mesin empat liter, ada beberapa pilihan dan biaya ganti oli mobil:

  • Castrol Magnatec Rp 325.000
  • Pertamina Fastron Techno Rp 270.000
  • Shell Plus Rp 350.000

Sementara itu, banyak bengkel mobil yang menyediakan layanan servis mobil dan penggantian oli dengan harga atau biaya penggantian bervariasi, tergantung jenis atau merek mobil dan merek oli yang dipakai.

Contohnya, biaya ganti oli mobil avanza di auto2000 dibanderol dengan harga Rp 300.000 sampai Rp 500.000.

Sementara itu, biaya kuras oli mobil berkisar antara Rp 590.000 sampai Rp 708.000 untuk kapasitas 10-12 liter.

Biaya ini rata-rata juga berlaku buat merek mobil lain di kelas yang sama. Sementara itu, untuk mobil Kijang Innova, biaya ganti oli berkisar Rp 360.000 per satu galon atau empat liter, dengan biaya kemasan liter Rp 92.500.

Tips dari Lifepal! Sebagai pemilik mobil matic, kamu tentu harus mengetahui kapan ganti oli transmisi mobil matic. Terlambat mengganti oli bisa menimbulkan kerusakan pada kendaraan roda empat kamu.

Pemilik mobil tentu harus mengetahui seluk-beluk kendaraan. Salah satu yang tidak boleh luput dari perhatian adalah tentang oli kendaraan.

Sebelum memahami waktu yang tepat untuk ganti oli transmisi mobil matic, kamu perlu memahami terlebih dahulu beberapa hal.

Pertama, kamu perlu mengetahui tanda oli matic mobil harus diganti. Kemudian, kamu pun perlu mencari tahu rekomendasi harga oli matic mobil untuk mengetahui penawaran terbaik.

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Menghitung premi asuransi mobil

Biaya servis mobil dan perawatan tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Yuk, coba gunakan kalkulator menabung Lifepal!

Sudah tahu berapa yang harus kamu tabung untuk sesuatu setiap bulannya? Walaupun pemasukan kamu tidak besar, kamu harus berusaha memprioritaskan menabung. Sebab dana tabungan bisa kamu gunakan untuk uang darurat, modal, atau modal usaha.

Gunakanlah kalkulator menabung bulanan untuk bantu menghitung besarnya uang yang harus kamu tabung untuk tujuan kamu. Cobalah kalkulator menabung bulanan ini.

Gunakan pula kalkulator waktu menabung di bawah ini untuk menghitung waktu menabung yang dibutuhkan untuk mencapai target nilai akhir tabungan.

Cek uang pertanggungan asuransi kamu

Uang pertanggungan adalah sejumlah uang yang akan cair jika terjadi risiko meninggal dunia. Produk asuransi umumnya akan memberikan uang pertanggungan asuransi (UP).

Nilai uang pertanggungan adalah hasil perhitungan Nilai Hidup Manusia. Jika kamu ingin mengetahui berapa besarannya, manfaatkan kalkulator nilai hidup manusia berikut ini untuk menghitungnya:

Perlu kamu ketahui, asuransi memiliki sejumlah risiko, terutama mengenai risiko kerugian investasi. Jika produk yang kamu pilih berbentuk unit link, maka ada risiko kerugian investasi di dalamnya.

Artinya, ada kemungkinan kamu perlu membayar premi lebih lama dari ketentuan awal jika terjadi risiko kerugian tersebut. Kalau kamu tidak mengisi ulang saldo unit link yang kosong, bisa-bisa polis kamu lapse.

Maka dari itu, pastikan sebelum memilih produknya kamu sudah membaca polisnya secara rinci. Mau cara yang lebih simple? Manfaatkan fitur perbandingan asuransi terbaik di Lifepal!

Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi jiwa terbaik

FAQ seputar kapan ganti oli transmisi mobil matic

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.