Inilah Fungsi dan Cara Kerjanya!

Sensor oli mobil atau biasa dikenal dengan oil pressure sensor merupakan sebuah alat yang memiliki fungsi utama untuk mendeteksi tekanan oli yang ada di dalam mesin.

Lalu kemudian, alat ini akan mengirimkan hasil sensor berupa informasi ke bagian ECU untuk dilakukan pengolahan.

Alat ini akan terhubung dengan lampu indikator yang akan otomatis menyala saat mesin dinyalakan lalu kembali mati saat mobil hidup.

Namun apabila sensor oli mobil ini yang terletak pada bagian dashboard terus menyala maka telah terdapat bagian yang rusak sehingga harus segera kamu perbaiki.

Akan tetapi apa sebenarnya fungsi sensor oli pada mobil dan bagaimana cara kerjanya? Simak penjelasannya pada artikel ini!

Fungsi sensor oli mobil

Sensor mobil memiliki fungsi yang cukup krusial dalam kendaraan sehingga penting untuk selalu diperhatikan agar menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan di masa depan. 

Fungsi sensor oli mobil yang paling utama adalah mendeteksi kuantitas oli di dalam mesin agar tidak kurang untuk melumasi komponen di sekitarnya sehingga kendaraan lancar saat digunakan.

Alat ini biasanya terletak pada bagian blok silinder di samping mobil sehingga dapat dengan mudah kamu cek secara berkala.

Informasi pada hasil deteksi sensor oli mobil ini menjadi sangat penting untuk diketahui karena ketika oli sedang dalam keadaan kurang maka ada banyak komponen mesin yang tidak bisa mendapatkan cukup pelumasan.

Hal ini akan membuat gesekan di antara komponen yang bekerja sehingga menimbulkan panas dan membuat mesin menjadi overheat.

Kejadian ini akan sangat merugikan dan berbahaya terutama saat berkendara sehingga harus diperhatikan secara rutin kondisi olinya secara berkala.

Adanya sensor oli mobil inilah yang akan membantu pengendara untuk mengetahui kondisi dan kecukupan volume dari oli mesin saat itu.

Dimana jika tekanan oli berada di level rendah atau kurang, maka lampu indikator mesin akan menyala untuk memperingati pengendaranya.

Cara kerja sensor oli mobil

Setelah mengetahui fungsi sensor oli pada mobil, penting juga untuk mengetahui cara kerja dari alat ini agar dapat semakin memahami kenapa penting untuk memperhatikan komponen ini secara rutin.

Selain itu, sensor oli mobil terbagi menjadi dua jenis yaitu mekanik dan digital. Tentu keduanya memiliki cara kerja yang berbeda.

Berikut adalah cara kerja sensor oli mobil untuk masing-masing jenisnya, diantaranya adalah:

1. Cara kerja sensor oli mobil digital

Pada jenis sensor oli mobil digital, kapasitas oli saat itu ditunjukkan dengan nyalanya lampu indikator pada cluster instrumen kendaraan.

Pada jenis sensor yang satu ini, resistansi yang dapat diubah hanya berupa saklar on dan off.

Apabila mesin mati, maka tidak ada tekanan pada oli di ruang  pressure  sehingga contact point dapat tetap bersatu dalam kondisi normal.

Namun apabila contact point menempel, hal ini akan mengakibatkan lampu indikatornya menjadi menyala.

Jika kondisi mesin dalam keadaan hidup, maka akan terjadi tekanan pada Apply Oil Pressure. Hal ini akan mendorong diafragma sehingga menyebabkan contact point menjadi terputus. 

Hal inilah yang mengakibatkan lampu indikator oli menjadi masti dan saat mesin dimatikan, contact point tersebut akan kembali bersatu dengan bagian dorongan pegas di atas.

2. Cara kerja sensor oli mobil mekanik

Sedangkan, sensor oli mobil mekanik bekerja dengan menggerakkan changing resistansi yang ada di dalam bagian sensor.

Tahanan pada bagian changing resistance yang terjadi ini akan berubah sesuai dengan tekanan oli yang sebenarnya terjadi.

Kemudian, informasi mengenai nilai ini akan dikirimkan langsung ke oil pressure gauge sehingga dapat dilihat oleh pengemudi. 

Informasi yang dapat terlihat ini berupa kuantitas oli di dalam mesin dimana jika kuantitasnya berada pada level rendah, berarti oli mengalami kekurangan cairan sehingga harus segera ditambah ataupun dilakukan perbaikan.

3. Cara kerja lampu sensor oli mobil

Adanya sensor oli mobil digital memudahkan pengendara saat melakukan pengecekan kondisi oli di dalam mesin mobil apakah masih layak untuk digunakan atauan kuantitasnya kurang.

Apabila sensor oli mobil ini bekerja dengan normal maka:

  • Saat kunci kontak dalam keadaan ON, indikator lampu oli harus menyala.
  • Jika kunci kontak dalam keadaan ON, mesin akan berputar dan lampu oli harus segera mati karena jika hanya meredup maka harus dilakukan pemeriksaan segera.

Namun, apabila oli pressure sedang tidak dalam keadaan yang normal maka, saat kunci kontak ON terjadi beberapa kemungkinan seperti:

  • Mesin indikator lampu mobil tidak menyala.
  • Mesin berputar lampu indikator juga tetap tidak menyala.

Tanda-tanda sensor oli mobil rusak

Namun hal yang perlu diwaspadai adalah saat sensor oli mobil rusak sehingga tidak dapat memberikan hasil yang valid terhadap kondisi oli sebenarnya di dalam mesin. 

Akan tetapi jangan khawatir, sebab ada beberapa tanda sensor oli mobil rusak yang dapat dikenali dan dijadikan patokan agar komponen ini dapat dengan segera diperbaiki.

Beberapa tanda-tanda sensor oli mobil rusak antara lain adalah:

  • Lampu indikator sensor oli berkedip karena adanya kerusakan pada bagian switch.
  • Lampu indikator yang terus-terusan menyala dan ternyata saat diperiksa, oli masih dalam kapasitas yang cukup.
  • Pengukur tekanan oli yang tidak valid khususnya pada jenis mekanis dimana alat ini hanya membaca angka nol walaupun kondisi oli sedang dalam keadaan baik.

Jadi pastikan untuk selalu menyiapkan anggaran lebih untuk perawatan rutin pada kendaraan kamu agar tidak membahayakan keselamatan saat sedang berkendara.

Tips dari Lifepal! Sensor oli mobil atau Oil pressure sensor merupakan sebuah alat yang memiliki fungsi vital dalam kendaraan yaitu untuk mendeteksi tekanan oli yang ada di dalam mesin. 

Alat ini dapat menjadi indikator dan tanda apakah kondisi oli sudah dalam keadaan yang ideal untuk berkendara ataukah berada dalam kondisi kurang sehingga harus segera ditambah ataupun diperbaiki.

Sebab, oli yang berada dalam keadaan kurang maka ada banyak komponen mesin yang tidak bisa mendapatkan cukup pelumasan. Hal ini akan menyebabkan gesekan pada tiap komponen di dalamnya sehingga mengakibatkan mesin menjadi overheat.

Simak pula ulasan mengenai sensor parkir mobil yang bagus dan juga TPMS mobil di artikel Lifepal lainnya!

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Menghitung premi asuransi mobil

Biaya servis mobil dan perawatan tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Yuk, coba gunakan kalkulator menabung Lifepal!

Sudah tahu berapa yang harus kamu tabung untuk sesuatu setiap bulannya? Walaupun pemasukan kamu tidak besar, kamu harus berusaha memprioritaskan menabung. Sebab dana tabungan bisa kamu gunakan untuk uang darurat, modal, atau modal usaha.

Gunakanlah kalkulator menabung bulanan untuk bantu menghitung besarnya uang yang harus kamu tabung untuk tujuan kamu. Cobalah kalkulator menabung bulanan ini.

Gunakan pula kalkulator waktu menabung di bawah ini untuk menghitung waktu menabung yang dibutuhkan untuk mencapai target nilai akhir tabungan.

Cek uang pertanggungan asuransi kamu

Uang pertanggungan adalah sejumlah uang yang akan cair jika terjadi risiko meninggal dunia. Produk asuransi umumnya akan memberikan uang pertanggungan asuransi (UP).

Nilai uang pertanggungan adalah hasil perhitungan Nilai Hidup Manusia. Jika kamu ingin mengetahui berapa besarannya, manfaatkan kalkulator nilai hidup manusia berikut ini untuk menghitungnya:

Perlu kamu ketahui, asuransi memiliki sejumlah risiko, terutama mengenai risiko kerugian investasi. Jika produk yang kamu pilih berbentuk unit link, maka ada risiko kerugian investasi di dalamnya.

Artinya, ada kemungkinan kamu perlu membayar premi lebih lama dari ketentuan awal jika terjadi risiko kerugian tersebut. Kalau kamu tidak mengisi ulang saldo unit link yang kosong, bisa-bisa polis kamu lapse.

Maka dari itu, pastikan sebelum memilih produknya kamu sudah membaca polisnya secara rinci. Mau cara yang lebih simple? Manfaatkan fitur perbandingan asuransi terbaik di Lifepal!

Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi jiwa terbaik

Pertanyaan seputar sensor oli mobil

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.