Inilah Alasan Pentingnya Memahami Jalur Kabel Dinamo Starter Mobil

Jalur kabel dinamo starter mobil sebetulnya perlu juga kamu pahami jika kamu sering menggunakan mobil. Pemahaman mengenai jalur kabel dinamo starter mobil bertujuan agar ketika ada masalah pada kelistrikan saat mobil dihidupkan, maka kamu akan paham masalahnya.

Namun sebelum lebih dalam memahami seluk beluk jalur kabel dinamo starter mobil, ketahuilah bahwa ada 4 hal yang bisa jadi penyebab matinya starter mobil. Mulai dari aki, rangkaian kabel, relay, dan starter mobil itu sendiri.

Selain memeriksa jalur kabel dinamo starter mobil, kamu pun harus melakukan pemeriksaan pada dinamo starter motor tersebut.

Kenali jalur kabel dinamo starter mobil

Sepenting apa pemahaman tentang jalur kabel dinamo starter mobil ini untuk pengendara? Simak beberapa informasi seputar dinamo starter mobil di bawah ini.

Pengertian dinamo starter

Dinamo starter juga biasa disebut dengan nama motor starter. Rangkaian dinamo stater memiliki fungsi untuk memutar mesin kendaraan untuk pertama kali.

Dengan kata lain, rangkaian dinamo stater juga berguna untuk pemutar gigi flywheel dan untuk menggerakan atau menyalakan mesin mobil.

Penggerakan mesin tersebut berasal dari perubahan energi listrik ke energi gerak.

Fungsi dinamo starter

Penggunaan dinamo starter mobil ini dapat dipakai untuk pemutaran mesin untuk pertama kalinya. Secara alur, ketika kamu menghidupkan mesin kendaraan atau melakukan starter, maka kamu akan menginjak pedal kopling.

Tujuannya adalah agar pengendara tidak lupa bahwa sebelum dilakukan starter mesin, gigi persneling harus dalam kondisi netral.

Hal ini lantaran mobil akan jalan langsung atau ngegas atau melaju secara tiba-tiba saat dilakukan starter.

Maka dari itu fungsi dari dinamo starter ini untuk memutar mesin kendaraan untuk pertama kali. Lebih tepatnya, sebagai pemutar gigi flywheel untuk menggerakan atau menyalakan mesin mobil. Penggerakan mesin tersebut berasal dari perubahan energi listrik ke energi gerak.

Komponen dinamo starter

Untuk mengetahui rangkaian dinamo stater maka kamu perlu mengetahui juga komponen yang ada pada dinamo starter.

Hal ini berguna agar kamu mampu mengetahui fungsi sekaligus permasalahan yang mungkin ditimbulkan dari bagian tersebut.

Berikut komponen dalam rangkaian dinamo stater tersebut:

  • Solenoid Starter: Untuk menggerakkan drive pinion dan memberikan tegangan pada bagian motor utama.
  • Solenoid plunger: Digunakan sebagai batang yang menghubungkan daya tarik pull in coil dengan kuat.
  • Field coil: Komponen satu ini merupakan rangkaian coil magnet yang dipakai untuk meningkatkan kemagnetan yang ada di sekitar rotor coil.
  • Solenoid caps: Merupakan serangkaian penutup solenoid starter yang ditempatkan pada bagian depan starter.
  • Armature coil: Dikenal juga sebagai rotor coil atau kumparan yang ditempatkan pada poros motor.
  • Commutators: Berguna sebagai penghubung arus listrik dari brush ke kumparan armature.
  • Drive Lever: Komponen ini terdapat pada solenoid dengan bentuk garpu yang dapat digunakan untuk penggerak gear dan bekerja dengan sistem tuas.
  • Brushes: Brush mengirimkan sinyal pada arus listrik dari terminal 50 menuju armature coil.
  • Drive Pinion Brush: Berfungsi memutuskan maupun menghubungkan putaran starter ke flywheel.
  • Drive Pinion Gear: Berguna sebagai penghubung putaran yang diperoleh dari motor listrik ke bagian poros engkol melalui flywheel.
  • Motor Housing: Berfungsi sebagai pelindung dan tempat peletakan beragam jenis komponen starter.

Cara kerja dinamo starter

Jika sudah memahami jalur kabel dinamo starter mobil dengan mengetahui rangkaian dinamo stater.

Jika kamu sudah paham mengenai komponen yang ada pada jalur dinamo starter mobil, maka seharusnya kamu juga tahu warna kabel alternator mobil tersebut.

Sehingga ketika tengah ada masalah, kamu tahu warna kabel alternator mobil yang harus diganti sambungannya atau diganti baru.

Maka selanjutnya yang harus diketahui adalah cara kerja dari dinamo starter.

Cara kerja dari dinamo starter yaitu ketika starter switch atau kunci kontak dengan kondisi start dan arah aliran arus pull in coil. Maka selanjutnya dinamo melakukan penarikan hubungan pada bagian terminal 30 dengan terminal C.

Saat itu, tidak ada jalur yang diputus antara Pull in Coil hingga ke ground. Namun, ketahuilah bahwa arus listrik mengalami pemutusan karena disebabkan oleh karbon brush habis.

Carbon brush ini ditempatkan sebelum dan sesudah armature, lalu pull in coil tidak akan hidup atau bekerja dan motor starter juga akan terjadi hal yang sama. Jika ingin tahu tanda relay starter mobil, kamu bisa mendengar saat relay starter terhubung.

Namun, jika dinamo starter tidak bekerja bisa jadi karena carbon brush habis. Pada keadaan normal, pull in coil akan menarik kontak pada plunger dan shift lever dengan mendorong pinion.

Tujuanya adalah agar dapat terhubung pada putaran motor starter dengan flywheel secara elektrik dengan arah aliran arus listrik.

Kemudian, usai melakukan kontak pada solenoid dan terminal C saling terhubung, maka pull in coil tidak bekerja lagi. Ini terjadi lantaran tegangan antara terminal 50 dan terminal C nyaris seimbang.

Ketika dinamo starter memutar roda gila, maka hold in coil mengambil peran untuk melakukan penahanan kontak agar dapat menghubungkan terminal 30 dan terminal C. Komponen ini juga yang nantinya menahan gigi pinion untuk perputaran flywheel sehingga mesin dapat menyala.

Relay starter mobil

Jika tadi sudah dijelaskan mengenai rangkaian dinamo stater, maka selanjutnya yang perlu kamu tahu adalah rangkaian relay starter mobil.

Pengertian rangkaian relay starter mobil adalah rangkaian elektronik yang berfungsi untuk mengalirkan, mengontrol, menyaring arus setrum sekaligus mengendalikan arus setrum pada aki.

Tujuannya adalah  agar output tegangan listrik yang dihasilkan jauh lebih besar.

Maka dari itu, bisa dibilang bahwa kamu bisa menggunakan relay starter mobil yang output nya lebih besar dan jauh lebih stabil dibandingkan dengan aki.

Namun, perlu diketahui juga bahwa pemasangan relay bukanlah hal wajib dilakukan.

Meski begitu, tidak ada salahnya memasangnya jika kamu ingin lampu menghasilkan cahaya lebih terang atau ingin suara klakson mobil lebih keras.

Untuk hasil yang maksimal maka disarankan untuk menggunakan relay original saja karena kumparan elektroniknya diklaim memiliki masa penggunaan yang cukup awet.

Setelah semuanya dipasang, maka selanjutnya kamu tinggal melakukan perawatan sederhana pada relay starter mobil.

Caranya mudah, salah satunya dengan menghindari dari rendaman air, tersiram genangan air, atau terkena semprotan air. Hal ini karena lembab atau air menjadi salah satu faktor yang membuat relay mengalami penurunan kualitas.

Cara pemasangan relay starter mobil

Setelah paham fungsi dan manfaat dari rangkaian relay starter mobil maka langkah selanjutnya adalah memahami cara pemasangan relay starter mobil.

Mula-mula kamu pasang angka 30 untuk relay yang disambungkan ke aki dengan sekring pengaman 15 hingga 25 ampere. Selanjutnya, dengan angka 85 relay yang disambungkan pada masa.

Angka 87 pada relay dapat disambungkan pada output sasaran, dan angka 86 untuk relay khusus untuk input-nya. Demikian cara pemasangan relay starter mobil, mudah memang namun kamu tetap harus berhati-hati saat memasangnya.

Tanda relay starter mobil mengalami kerusakan

Relay starter mobil bisa saja rusak, dan cara mengetahuinya pun mudah. Umumnya adalah lampu jalan yang mulai redup, kemudian hilangnya bunyi bising pada mesin ketika dihidupkan juga jadi beberapa tandanya.

Selain itu bisa juga diketahui dari suara klakson tidak terdengar dan saat hal-hal tersebut terjadi maka segera periksa relay starter mobil kamu. Jika enggan membawanya ke bengkel, kamu bisa menggantinya sendiri dengan menerapkan cara pasang rangkaian relay starter mobil.

Namun jika mobil dalam kondisi normal dan masih baik baik saja dan terasa nyaman, maka sebaiknya tidak perlu melakukan pemasangan relay tambahan.

Karena jika tetap dilakukan, bisa beresiko buruk bagi komponen lainnya, karena ada satu saja kesalahan, bakal berdampak munculnya kerusakan komponen lainnya.

Tips dari Lifepal! Pemahaman mengenai jalur kabel dinamo starter mobil bertujuan agar ketika ada masalah pada kelistrikan saat mobil dihidupkan, maka kamu akan paham masalahnya.

Namun sebelum lebih dalam memahami seluk beluk jalur kabel dinamo starter mobil, ketahuilah bahwa ada 4 hal yang bisa jadi penyebab matinya starter mobil. Mulai dari aki, rangkaian kabel, relay, dan starter mobil itu sendiri.

Selain memeriksa jalur kabel dinamo starter mobil, kamu pun harus melakukan pemeriksaan pada dinamo starter motor tersebut.

Simak pula ulasan mengenai harga dinamo starter, service dinamo starter mobil, dan juga biaya perbaikan dinamo starter mobil di artikel Lifepal lainnya!

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Menghitung premi asuransi mobil

Biaya servis mobil dan perawatan mobil tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Yuk, coba gunakan kalkulator menabung Lifepal!

Sudah tahu berapa yang harus kamu tabung untuk sesuatu setiap bulannya? Walaupun pemasukan kamu tidak besar, kamu harus berusaha memprioritaskan menabung. Sebab dana tabungan bisa kamu gunakan untuk uang darurat, modal, atau modal usaha.

Gunakanlah kalkulator menabung bulanan untuk bantu menghitung besarnya uang yang harus kamu tabung untuk tujuan kamu. Cobalah kalkulator menabung bulanan ini.

Gunakan pula kalkulator waktu menabung di bawah ini untuk menghitung waktu menabung yang dibutuhkan untuk mencapai target nilai akhir tabungan.

Berapa uang pertanggungan asuransi kamu?

Uang pertanggungan adalah sejumlah uang yang akan cair jika terjadi risiko meninggal dunia. Produk asuransi umumnya akan memberikan uang pertanggungan asuransi (UP).

Nilai uang pertanggungan adalah hasil perhitungan Nilai Hidup Manusia. Jika kamu ingin mengetahui berapa besarannya, manfaatkan kalkulator nilai hidup manusia berikut ini untuk menghitungnya:

Perlu kamu ketahui, asuransi memiliki sejumlah risiko, terutama mengenai risiko kerugian investasi. Jika produk yang kamu pilih berbentuk unit link, maka ada risiko kerugian investasi di dalamnya.

Artinya, ada kemungkinan kamu perlu membayar premi lebih lama dari ketentuan awal jika terjadi risiko kerugian tersebut. Kalau kamu tidak mengisi ulang saldo unit link yang kosong, bisa-bisa polis kamu lapse.

Maka dari itu, pastikan sebelum memilih produknya kamu sudah membaca polisnya secara rinci. Mau cara yang lebih simple? Manfaatkan fitur perbandingan asuransi terbaik di Lifepal!

Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi jiwa terbaik

 

Pertanyaan seputar jalur kabel dinamo starter mobil 

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.