Ini 4 Cara Ampuh untuk Menghilangkan Jamur Kaca Mobil

Tanpa disadari, ternyata cara menghilangkan jamur kaca mobil tidak sesulit yang dibayangkan oleh para pemilik mobil kebanyakan. 

Karena sebetulnya kamu tidak perlu harus membawa mobilmu ke bengkel hanya untuk membersihkan jamur pada kaca mobil. Kamu bisa membersihkan kaca itu sendiri di rumah.

Cara menghilangkan jamur kaca mobil

Kondisi kaca mobil yang berjamur bukan hanya membuat tampilan mobil terasa jorok. Namun, kondisi ini bisa membuat pengemudi tidak nyaman, karena jarak pandang selama berkendara bisa terganggu.

Jarak pandang yang terhalang karena adanya jamur pada kaca mobil tentunya bisa membahayakan keselamatan pengemudi. Selain itu, kamu juga bisa berisiko mengalami kecelakaan saat berkendara.

Oleh sebab itu, jamur pada kaca mobil perlu dibersihkan. Berikut ini beberapa cara bersihkan jamur kaca mobil yang bisa diterapkan sendiri di rumah.

1. Cara menghilangkan jamur kaca mobil dengan odol

Odol atau pasta gigi yang biasa kamu gunakan sehari-hari untuk menggosok gigi bisa digunakan untuk membersihkan jamur membandel pada kaca mobil.

Cara membersihkan kaca mobil yang berjamur dengan pasta gigi ini bisa kamu gunakan untuk menghilangkan jamur ringan di kaca mobil.

Kamu hanya perlu mengoleskan pasta gigi secukupnya di bagian kaca mobil yang berjamur. Lalu, tunggu sekitar 5 menit hingga bereaksi dan menggering.

Setelahnya kamu bisa membersihkan olesan pasta gigi tersebut dengan lap microfiber. Terakhir, kamu bisa bilas dengan air bersih bekas olesan odol tersebut. Cara ini bisa kamu ulangi untuk bagian-bagian kaca mobil lainnya.

2. Cara menghilangkan jamur pada kaca mobil dengan tembakau

Pembersih jamur kaca mobil terbaik selanjutnya adalah tembakau. Kamu bisa merendam tembakau di sebuah wadah air bersih selama kurang lebih 15 menit.

Lalu, kamu bisa mencampurkan rendaman tembakau tersebut dengan sabun atau deterjen. Setelahnya, kamu bisa menggunakan kain dengan air tembakau yang sudah dicampur tersebut untuk digosokkan ke bagian kaca mobil yang berjamur.

3. Cara membersihkan jamur kaca mobil dengan Kit

Kamu juga bisa menggunakan cairan pembersih khusus untuk menghilangkan jamur yang menumpuk. Salah satu rekomendasi cairan untuk menghilangkan jamur kaca mobil adalah Kit.

Kamu cukup menuangkan cairan Kit dan disemprotkan ke kaca mobil, kemudian usapkan dengan kain pembersih. 

Bisa juga menggunakan glass scrub, namun pemakaiannya harus hati-hati karena gosokan yang terlalu keras justru bisa merusak tekstur kaca mobil.

Selain Kit, masih ada juga beberapa cairan lain yang bisa digunakan untuk menghilangkan jamur di kaca mobil, contohnya seperti:

  • Shining Star
  • Dobeli WR 77
  • Primo Glass Polish

Cairan-cairan pembersih tersebut bisa kamu beli dengan mudah di supermarket, toko peralatan mobil, atau di bengkel kaca mobil khusus.

4. Cara menghilangkan jamur kaca mobil dengan Sunlight

Kaca mobil juga bisa dibersihkan dengan menggunakan sabun cuci piring seperti Sunlight, lho. Pemakaian Sunlight terbukti tidak berbahaya untuk pembersih kaca mobil.

Hanya saja, perlu diperhatikan juga untuk tidak mencampurkan terlalu banyak Sunlight ke dalam air untuk membersihkan kaca. Karena, kalau terlalu banyak sabun, maka sabunnya akan sulit dibersihkan dan berisiko menempel di kaca.

Penyebab jamur kaca mobil

Kaca mobil yang lembab adalah penyebab mengapa kaca mobil ditumbuhi jamur. Kelembaban pada kaca mobil ini, tentunya bisa diperparah dengan kebiasaanmu berkendara berikut.

1.  Memarkir mobil di tempat lembab

Terlalu sering memarkir mobil di tempat yang lembab bisa memicu munculnya jamur pada kaca mobil. Misalnya kamu memarkir mobil di area bawah basement atau garasi yang tertutup.

Kondisi ini membuat lingkungan di sekitar tempat parkiran tersebut menjadi lembab karena tidak ada sirkulasi udara. Ciri-ciri tempat parkiran lembap yang bisa kamu ketahui adalah terasa bau apek di sekitaran area tersebut.

Hal ini bisa menunjukkan bahwa area parkir tersebut lembab dan tidak ada sirkulasi udara. Alhasil, lingkungan yang lembab membuat kaca mobil menjadi rentan terserang jamur

2.  Air hujan

Penyebab kaca mobil berjamur yang kedua adalah air hujan. Ketika kamu mengemudi mobil saat sedang hujan, air hujan yang mengguyur kaca mobil kamu akan langsung dibersihkan dengan wiper.

Yang menjadi masalahnya adalah saat hujan sudah berhenti, tetapi masih menyisakan sisa-sisa air hujan yang menempel di kaca mobil.

Jika pemilik mobil tidak langsung membersihkan sisa-sisa air hujan di kaca mobil tersebut, dan kering terkena sinar matahari. Kondisi ini bisa menyebabkan timbulnya jamur pada kaca mobil.

3.  Buruknya kualitas air

Sama halnya dengan paparan air hujan yang bersifat asam, kualitas air yang buruk yang digunakan untuk membilas mobil juga perlu menjadi perhatian bagi setiap pemilik mobil.

Misalnya penggunaan air dengan kandungan kapur ataupun air dengan garam yang tinggi. Penggunaan kedua jenis air ini bisa menimbulkan jamur pada kaca mobil.

4.  Mencuci mobil tanpa dikeringkan

Mencuci mobil dengan shampo khusus adalah salah satu cara menghilangkan jamur kaca mobil. Walaupun begitu, masih ada risiko timbulnya jamur setelah kamu selesai mencuci mobil tersebut.

Timbulnya jamur pada kaca mobil bisa terjadi jika pemilik mobil tidak mengeringkan mobil tersebut pasca dicuci secara sempurna.

Jika kamu ingin menghilangkan cairan dari mobil setelah dicuci sepenuhnya, kamu harus tahu cara mencuci mobil yang benar. Ketika kaca akan dikeringkan, bisa gunakan lap kanebo.

Jenis lap mobil satu ini punya keunggulan untuk menyerap air lebih cepat. Sehingga, kamu lebih cepat untuk mengeringkan mobil kamu setelah dicuci.

Penyebab-penyebab kaca mobil berjamur di atas perlu menjadi perhatian bagi setiap pemilik mobil agar kaca mobil tidak mudah ditumbuhi jamur.

Ciri-ciri kaca mobil jamuran

Jika kamu sudah mengetahui apa saja yang menjadi penyebab timbulnya jamur pada kaca mobil. Kamu bisa mengecek apakah kaca mobilmu terserang jamur atau tidak dengan memperhatikan ciri-ciri kaca mobil jamuran sebagai berikut:

  • Kaca mobil terdapat bercak putih. Walaupun kamu membersihkan dengan lap bersih sekalipun, bercak putih ini masih tetap menempel di kaca mobil.
  • Pandangan terganggu. Kamu bisa mengeceknya dengan menggunakan mobil saat malam hari. Jika kamu melihat cahaya mobil lainnya tidak jelas padahal kondisi kaca mobil bersih, ini pertanda bahwa kaca mobil kamu berjamur. 

Cara menghilangkan jamur kaca mobil tersebut, kamu bisa menggunakan alat-alat pembersih jamur kaca mobil terbaik yang ada di rumah. Ini dia alat-alatnya.

Pentingnya asuransi mobil

Memiliki mobil itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit karena adanya biaya perawatan dan perbaikan. Bisa saja mahalnya biaya tersebut menguras tabungan dan dana investasimu.

Kamu nggak mau kan kalau sampai hal tersebut terjadi. Karenanya jangan lupa untuk mendapatkan jaminan finansial dari asuransi mobil untuk pengalaman berkendara yang aman dan nyaman.

Jika kamu saat ini masih sulit menemukan jenis asuransi mobil mana yang cocok dengan kebutuhan, kamu bisa menemukan jenis asuransi sesuai kebutuhanmu dengan mengikuti kuis asuransi mobil terbaik berikut:

Pertanyaan seputar jamur di kaca mobil

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.