Harga Obat Norelut untuk Mengatasi Gangguan Menstruasi

Obat Norelut adalah obat yang digunakan sebagai alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan. Selain itu, obat ini juga digunakan untuk mengobati endometriosis, pendarahan uterus abnormal (dysfunctional uterine bleeding), dan mengatasi gangguan menstruasi. Harganya di apotek bervariasi mulai dari Rp50 ribuan.

Sebelum mengetahui harga obat Norelut, kamu sebaiknya mengetahui jika obat Norelut mengandung zat aktif norethisterone. Zat aktif ini dapat mencegah kehamilan dengan membuat cairan vagina menjadi lebih kental untuk membantu mencegah sperma mencapai sel telur (pembuahan). 

Obat Norelut juga akan mengubah lapisan rahim untuk mencegah menempelnya sel telur yang telah dibuahi. 

Jika sel telur yang telah dibuahi tidak menempel pada rahim, sel telur itu akan keluar dari tubuh. 

Penting untuk diketahui, obat Norelut masuk golongan obat keras. Oleh karena itu, obat Norelut harus digunakan sesuai dengan petunjuk dokter.

Harga obat Norelut

Obat Norelut tersedia dalam kemasan tablet dengan dosis 5 mg. Obat Norelut dijual di kisaran harga Rp 49.300 sampai Rp 97.000 per strip (10 tablet).

Dosis dan aturan pakai obat Norelut

Obat Norelut bisa dikonsumsi sebelum atau setelah makan. Berikut pembagian dosis dan aturan pakai penggunaan obat Norelut berdasarkan tujuan penggunaannya.

1. Mengatasi endometriosis

Dosis 10-20 mg per hari. Pengobatan ini dimulai antara hari ke-1 hingga hari ke-5 dalam siklus menstruasi, selama 4-6 bulan.

2. Mengatasi PMS (premenstrual syndrome)

Dosis 5 mg, 2-3 kali sehari yang dikonsumsi pada hari ke-19 hingga hari ke-26 dalam siklus menstruasi.

3. Menunda menstruasi

Dosis 5 mg, 3 kali sehari, selama 14 hari. Pengobatan ini dimulai 3 hari sebelum tanggal perkiraan menstruasi

4. Mengatasi menorrhagia (pendarahan menstruasi yang berlebihan)

Dosis 5 mg, 2 kali sehari. Pengobatan ini dimulai dari hari ke-19 hingga hari ke-26 dalam siklus menstruasi.

5. Mencegah kehamilan atau alat kontrasepsi

Dosis 0,35 mg per hari. Pengobatan ini dimulai pada hari pertama menstruasi atau 1 hari setelah keguguran, atau pada hari ke-21 setelah melahirkan.

6. Mengobati dysfunctional uterine bleeding (pendarahan uterus abnormal)

Dosis 5 mg, 3 kali tiap hari, selama 10 hari. Dosis untuk pencegahan kekambuhan 5 mg, 2 kali sehari. Pengobatan dimulai dari hari ke-19 hingga hari ke-26 selama dua siklus menstruasi.

7. Mengatasi dismenore (nyeri haid)

Dosis 5 mg, 3 kali sehari, selama 20 hari. Pengobatan ini dimulai pada hari ke-5 dari siklus menstruasi.

Ikuti anjuran dokter dan baca informasi yang tertera pada kemasan obat sebelum mengonsumsi obat Norelut. Jangan menambahkan atau mengurangi dosis tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter.

Efek samping obat Norelut

Setiap obat tentunya memiliki efek samping masing-masing, tidak terkecuali dengan obat Norelut. Berikut efek samping obat Norelut yang perlu diketahui.

1. Perubahan berat badan

Cobalah mengonsumsi makanan sehat seimbang tanpa menambah ukuran porsi kamu. Olahraga teratur juga akan membantu menjaga berat badan kamu tetap stabil. Jika kamu masih mengalami penambahan berat badan, temui dokter kamu

2. Mual

Minumlah obat ini dengan atau setelah makan. Konsumsilah makanan sederhana dan hindari makanan pedas.

3. Sakit kepala

Pastikan kamu istirahat dan minum banyak cairan. Jangan minum terlalu banyak alkohol. Mintalah apoteker merekomendasikan obat penghilang rasa sakit. Bicaralah dengan dokter jika sakit kepala berlangsung lebih dari seminggu atau bertambah parah

  • Perubahan mood
  • Depresi
  • Tidak mengalami menstruasi (amenorea)
  • Perdarahan atau munculnya bercak
  • Sekresi serviks
  • Kesulitan tidur (insomnia)
  • Nyeri pada payudara
  • Perubahan gairah seksual
  • Perut kembung
  • Pembengkakan pada kaki atau pergelangan kaki
  • Tkamu-tkamu pembekuan darah, seperti nyeri atau sesak di dada, batuk, kesulitan bernapas, sakit kepala parah, masalah penglihatan, nyeri di kaki, pusing, atau pingsan

Segera hubungi dokter jika efek samping tersebut tidak kunjung membaik.

Obat Norelut untuk ibu hamil dan menyusui

1. Peringatan kehamilan

Kategori X: Penggunaan obat Norelut tidak disarankan pada ibu hamil.

Penelitian menunjukkan adanya dampak berupa kelainan pada janin, mengganggu pertumbuhan dan perkembangan janin, serta risiko efek sampingnya lebih besar daripada manfaatnya.

Konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi obat ini. Khusus ibu hamil trimester pertama, harus lebih berhati-hati mengingat efek sampingnya dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan janin.

2. Peringatan menyusui

Norethisterone yang terkandung dalam obat Norelut dapat terserap ke dalam ASI. Oleh karena itu, harap berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat Norelut.

Interaksi obat norelut

Berikut adalah interaksi Norelut bersama obat lain.

1. Barbiturat, fenitoin, karbamazepin, griseofulvin, dan felbamate

Obat di atas dapat menurunkan efek terapi norethisterone.

2. Ketokonazol, eritromisin, verapamil, dan diltiazem

Penggunaan norethisterone dengan obat di atas dapat meningkatkan konsentrasi plasma, sehingga menimbulkan risiko terjadinya efek samping.

3. Ulipristal

Norethisterone dapat mengurangi efek pengobatan ulipristal.

Kontraindikasi

  • Pasien yang menderita atau memiliki riwayat penyakit penggumpalan darah pada pembuluh darah paru-paru, seperti stroke, nyeri dada atau serangan jantung
  • Pasien yang menderita atau memiliki riwayat kanker payudara
  • Pasien yang memiliki alergi terhadap komponen obat ini
  • Pasien yang mengalami perdarahan vaginal yang tidak diketahui penyebabnya
  • Wanita hamil
  • Pasien penderita kencing manis (diabetes melitus)
  • Pasien penderita gangguan fungsi hati yang berat

Peringatan sebelum konsumsi obat Norelut

Obat Norelut hanya boleh dikonsumsi sesuai resep dokter. Sebelum mengkonsumsi obat Norelut, kamu perlu memperhatikan beberapa hal berikut.

  • Beri tahu dokter tentang riwayat alergi yang kamu miliki. Obat Norelut tidak boleh digunakan oleh pasien yang alergi dengan obat ini.
  • Beri tahu dokter jika kamu pernah atau sedang menderita asma, penyakit ginjal, hipertensi, obesitas, penyakit jantung, epilepsi, diabetes, migrain, penyakit hati, atau depresi.
  • Beri tahu dokter jika kamu menderita perdarahan vagina yang belum diketahui penyebabnya, kanker payudara, kanker endometrium, porfiria, atau penyakit akibat trombosis, seperti emboli paru dan trombosis vena dalam.
  • Beri tahu dokter jika kamu baru menjalankan tindakan operasi atau mengalami kondisi yang memerlukan tirah baring lama untuk waktu yang lama.
  • Beri tahu dokter jika kamu memiliki kebiasaan merokok, karena dapat meningkatkan efek samping dari obat Norelut.
  • Hindari berada terlalu lama di bawah paparan sinar matahari, karena obat Norelut dapat menyebabkan kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari.
  • Beri tahu dokter jika kamu sedang hamil, menyusui, atau merencanakan kehamilan.
  • Beri tahu dokter jika kamu sedang menggunakan obat-obatan lain, termasuk suplemen, atau produk herbal tertentu.
  • Segera ke dokter jika muncul reaksi alergi obat, efek samping yang serius, atau overdosis setelah mengkonsumsi obat Norelut

Cara mengkonsumsi obat Norelut dengan benar

  • Ikuti anjuran dokter dan baca informasi yang tertera pada kemasan obat sebelum mengkonsumsi norethisterone. Jangan menambahkan atau mengurangi dosis tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter.
  • Konsumsi Norelut secara teratur pada waktu yang sama setiap harinya. Obat Norelut dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan. Telan obat dengan bantuan segelas air putih secara utuh, jangan mengunyah atau menghancurkannya.
  • Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya. Usahakan untuk mengkonsumsi obat Norelut pada jam yang sama setiap harinya agar pengobatan maksimal.
  • Bila lupa mengkonsumsi obat Norelut, segera konsumsi jika jeda dengan jadwal konsumsi berikutnya belum terlalu dekat. Jika sudah dekat, abaikan dan jangan menggemukan dosis.
  • Saat menjalani pengobatan dengan obat Norelut, jangan lupa untuk tetap rutin memeriksakan diri ke dokter untuk memonitor kondisi. Salah satu pemeriksaan yang biasa disarankan adalah kadar gula darah bagi penderita diabetes.
  • Gunakan alat kontrasepsi saat melakukan hubungan seksual sewaktu masih dalam pengobatan menggunakan obat Norelut. Hal ini karena dapat obat Norelut dapat mengganggu pertumbuhan janin jika hamil.
  • Simpan Obat Norelut di tempat kering, tertutup, dan terhindar dari paparan sinar matahari langsung. Jauhkan obat ini dari jangkauan anak-anak.

Yang perlu dilakukan jika ada dosis terlewat

  • Masih dekat dengan jadwal sebelumnya

Jika masih dekat dengan jadwal sebelumnya, segera konsumsi obat sesuai dosis yang terlewat.

  • Sudah mendekati jadwal berikutnya

Jika sudah mendekati jadwal selanjutnya, dosis yang terlewat dapat diabaikan dan lanjutkan mengkonsumsi obat sesuai jadwal berikutnya.

  • Jangan menggemukan dosis yang terlewat

Jangan mengkonsumsi total dosis yang terlewat dan dosis berikutnya, kecuali atas anjuran dokter.

  • Sering lupa mengkonsumsi obat

Jika sering lupa mengkonsumsi obat, cobalah menggunakan pengingat (alarm) atau mintalah bantuan orang lain mengingatkan jadwal minum obat kamu. Selain itu, alternatif lainnya yaitu menggunakan kotak obat harian sesuai kebutuhan kamu.

Pentingnya memiliki asuransi kesehatan

Endometriosis, pendarahan uterus abnormal (dysfunctional uterine bleeding), gangguan menstruasi, memang bisa diobati dengan obat Norelut. 

Namun demikian, bukan berarti kamu tidak memerlukan asuransi kesehatan swasta. Ada kalanya, beberapa hal memburuk hingga butuh biaya besar untuk menyembuhkannya.

Asuransi kesehatan swasta akan memberikan manfaat dengan mengalihkan kewajiban kamu untuk membayar biaya rumah sakit dan obat-obatan yang di luar kemampuanmu. Apalagi mengingat biaya pengobatan bertambah tinggi setiap tahunnya.

Tak hanya itu asuransi kesehatan juga bisa memberikan manfaat lain, seperti rasa tenang dan aman karena tidak perlu mengkhawatirkan akan mengalami kerugian finansial. 

Mulai dari biaya rawat inap, tindakan operasi, hingga rawat jalan bisa ditanggung dan terjamin.

Beberapa asuransi kesehatan juga menyediakan manfaat untuk jenis penyakit lain, seperti asuransi gigi, mata, persalinan, bahkan pencegahan penyakit dalam bentuk medical check-up. Kamu bisa tanyakan pada ahlinya di Tanya Lifepal apabila masih bingung.

FAQ seputar obat Norelut

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *