Deretan Aksesoris Mobil untuk Kenyamanan Berkendara (Plus Harganya)

Jika kamu memiliki mobil, kamu perlu tahu beberapa tools atau aksesoris kendaraan yang dapat menunjang kenyaman dan keamanan saat berkendara

Aksesoris mobil dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang ditambahkan pada mobil untuk mempercantik atau menjadikan penampilan mobilmu lebih baik. Keberadaan aksesoris ini tidak harus menjadikan mobilmu terlihat sumpek juga, ya.

Misal audio yang terlalu besar dan memakan area kabin. Hal ini justru bisa membuatmu tidak nyaman nantinya.

Beberapa aksesoris mobil yang akan kita ulas berikut ini mungkin sudah disediakan oleh merk mobil ataupun pihak dealer. Jadi kamu bisa pilih mana saja yang belum ada di mobilmu dan mungkin membuatmu tertarik untuk memasangnya. Yuk dicek! 

Aksesoris mobil untuk segi keamanan

Mobil dapat dikatakan sebagai barang yang cukup mahal, bekas sekalipun pasti berkisar harga puluhan juta untuk saat ini. Saat berkendara ataupun meninggalkan mobilmu, kamu tentu perlu merasa lebih aman, kan

Coba disimak beberapa jenis aksesoris berikut yang sepertinya tepat untuk dipasang di mobilmu!

1. Alarm mobil

Sebagai suatu perangkat dari bagian sistem keamanan, alarm mobil dapat mencegah terjadinya pencurian mobil ataupun upaya membobol dan merusak mobil. Harga alarm mobil yang dijual di toko aksesoris mobil berkisar antara Rp200 ribu hingga Rp400 ribu. 

2. Kunci stir mobil

Alat ini dapat menjadi perlindungan kedua jika kamu meninggalkan mobilmu di rumah dalam waktu yang lama ataupun parkir di tempat yang asing. Harganya cukup murah yakni sekitar Rp80 ribu hingga Rp100 ribu saja. 

3. Head unit dan GPS

Umumnya mobil baru saat ini sudah dilengkapi head unit dan GPS yang canggih. Tapi jika mobilmu belum punya atau mau upgrade model baru bisa banget, lho

Fitur utama navigasi dengan basis GPS (Global Positioning System) tentu akan membuatmu lebih aman dalam mencari jalan-jalan tertentu yang asing saat berkendara (meminimalkan resiko tersesat/kesasar). 

GPS tracker bahkan mampu untuk mengantisipasi pencurian kendaraan, lho. Dengan pemasangan GPS tracker, lokasi dan arah kendaraanmu akan mudah dilacak jika dicuri.

Kamu bisa mendapatkan GPS mobil ini di platform marketplace dengan harga sekitar Rp300 ribu hingga Rp500 ribu. Cukup mahal, sih, tapi sebandinglah dengan fungsinya. 

4. Charger USB

Sering banget kan gadgetmu mati saat berkendara? Sepertinya aksesoris yang satu ini wajib banget ada di mobilmu. Pilih charger USB bersifat fast charging dan lebih dari satu slot agar bisa digunakan untuk mengisi baterai beberapa device sekaligus.

Biasanya, charger USB untuk di mobil ini dijual di harga Rp100 ribu sampai Rp200 ribu. 

5. Kamera mobil

Perangkat yang satu ini sudah menjadi kebutuhan sekali, khususnya untuk memudahkan memarkir kendaraan dan melewati jalan-jalan yang sempit. Dengan sistem yang lebih modern, kamera mobil saat ini sudah dilengkapi dengan G-sensor yang akan langsung merekam jika kamera bergeser. 

Bermanfaat banget kan kalau terjadi pembobolan mobil? Kamu tinggal memeriksa rekaman kamera saja. Kamera mobil dijual dengan harga Rp500 ribu hingga Rp1 jutaan, tergantung dari resolusi dan fitur sensor yang ditawarkan. 

6. Kabel jumper

Sering dilupakan padahal cukup penting. Alat ini berguna banget untuk menangani mobil mogok ketika di jalan, lho. Harganya mulai dari Rp100 ribu hingga Rp200 ribu. 

Tetapi, yang di bawah Rp100 ribu juga banyak, kok

7. Dongkrak roda mobil

Jika berkendara jauh atau keluar kota, usahakan bawa dongkrak roda mobil, ya. Hal ini untuk antisipasi jika ban bocor dan harus diganti. 

Dongkrak mobil sudah gampang kamu temukan di platform ecommerce dengan harga mulai dari Rp200 ribu. 

8. Tabung pemadam api

Saat ini sudah banyak kok tabung pemadam yang berukuran kecil dan tidak memakan tempat di kabin mobil. Alat ini cukup penting ya jika terjadi kebakaran kecil di sekitar mobilmu.

Harga tabung pemadam api untuk mobil seberat 1 kg biasanya dijual dengan harga Rp100 ribu. 

9. Pompa ban angin atau pompa ban elektrik

Ban kurang angin atau bocor akan menjadi masalah saat di jalan. Dengan ukuran yang kecil dan harga yang murah, alat ini sangat membantumu untuk perbaiki ban mobilmu. 

Pompa ban elektrik sendiri harganya sekitar Rp300 ribu hingga Rp500 ribu. 

10. Kotak perkakas

Jika mobilmu rusak saat di jalan, kamu bisa memperbaikinya sendiri dengan kotak perkakas yang lengkap yang terdiri dari berbagai kunci dan peralatan. Untuk box perkakas mobil ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp50 ribuan saja. 

11. Kotak P3K

Kecelakaan kecil yang tidak disengaja saat berkendara dapat diantisipasi sementara dengan kotak P3K. Umumnya kotak ini telah disediakan oleh pihak dealer, namun kamu bisa melengkapi sesuai kebutuhan standarmu ya.

Aksesoris segi kebersihan

Kamu tentu tidak suka dengan kondisi eksterior dan interior mobil yang kotor, kan? Hal ini dapat membuatmu tidak nyaman saat berkendara. 

Nah berikut ini beberapa aksesoris mobil untuk menunjang kebersihan mobilmu.

1. Cover mobil

Saat mobil tidak digunakan apalagi dalam waktu yang lama, mobil sebaiknya dilindungi dengan cover mobil. Selain menjaga mobil dari debu dan sinar matahari, juga untuk menjaga cat mobil awet dan aman dari goresan.

Untuk cover mobil terbaik, kamu bisa mencari yang berbahan dasar Polyester dengan harga sekitar Rp300 ribuan. 

2. Karpet atau alas mobil

Dengan pemasangan karpet mobil, kamu dapat menjaga lantai mobil tetap bersih. Warna dan model dapat disesuaikan dengan warna mobilmu agar terlihat serasi.

Harga karpet mobil nggak mahal, kok. Harga Rp100 ribuan juga banyak.  

3. Tempat sampah

Membuang sampah keluar jendela mobil dengan langsung melemparnya? Duh, gak banget. Selain mencemari lingkungan, itu juga tidak beretika.

Untuk itu kamu perlu tempat sampah kecil di dalam mobil dan rutin membersihkannya agar mobil tetap terlihat bersih dan rapi. Harganya sangat bervariasi, mulai dari Rp30 ribu hingga Rp100 ribuan. 

4. Vacuum cleaner portable

Sisa-sisa pasir atau tanah dari sepatu dan remah makanan dapat mengganggu kenyamanan saat berkendara. 

Berukuran kecil dan sumber daya dari baterai, mobilmu akan tetap terlihat bersih dan nyaman dengan alat ini. Harganya sekitar Rp200 ribuan. 

5. Air purifier

Alat ini berfungsi untuk menjaga udara dalam mobil tetap bersih, sehat dan segar, apalagi jika membawa bayi dan anak-anak. 

Modelnya beragam dari yang terhubung dengan soket listrik, melekat di AC hingga fitur bawaan yang disembunyikan di belakang head unit. Air purifier untuk mobil yang bagus sekitar Rp400 ribuan. 

Aksesoris segi kenyamanan

Setiap orang tentu betah berkendara di dalam mobil jika memiliki aksesoris yang membuatnya nyaman. Apa saja? Yuk di cek!

1. Car organizer

Penempatannya ada di bagian belakang kursi penumpang dan kursi supir. Car organizer berfungsi sebagai tempat menyimpan segala kebutuhanmu selama berkendara. 

Barang akan terlihat lebih tertata rapi dari bentuk yang kecil tipis (kartu, karcis dll), kotak (makanan, camilan dll) dan besar (dongkrak, kunci mekanik penting dll). Car organizer umumnya dijual dengan harga Rp100 ribu hingga Rp200 ribu. 

2. Parfum mobil atau air freshener

Pilih wangi atau keharuman yang kamu sukai dan pasang di dashboard atau dekat gigi mobil. Ini juga berfungsi untuk menghilangkan bau tidak sedap dari mobilmu ya.

3. Audio mobil

Sebelum membeli, cek dulu audio dengan merk dan kualitas yang bagus untuk kamu yang suka mendengarkan musik saat berkendara. Jika memerlukan audio mobil yang lebih bagus, kamu bisa membelinya dengan harga Rp1 juta hingga Rp4 juta. 

4. Car phone holder

Bagi kamu pengemudi yang aktif menggunakan handphone, aksesoris ini juga wajib kamu punya. Letakkan phone holder di tempat yang mudah dilihat tapi membuatmu tetap nyaman.

TetapI ingat untuk tidak bermain handphone saat berkendara, ya. Untuk car phone holder harganya bervariasi, dari puluhan ribu hingga ratusan ribuan. 

5. Bantal dan kasur mobil

Untuk kamu yang berkendara membawa anak-anak apalagi sedang berlibur, bantal dan kasur mobil sepertinya cocok untuk tetap membuatmu dan keluarga nyaman saat menepi beristirahat.

Di marketplace, bantal mobil dijual dengan harga yang cukup beragam, dari puluhan ribu bahkan ratusan ribu. 

6. Sarung jok mobil

Bahan, kualitas dan warna sarung jok mobil dapat disesuaikan selera kamu, ya. Selain memperindah interior, sarung jok mobil juga dapat menambah kenyamananmu saat duduk berkendara.

7. Cover stir mobil

Ada bentuk stir yang terasa kurang nyaman saat dipegang pada sebagian tipe mobil menurut sopir/pengendara, lho. Dengan bahan kulit sintetis, cover stir dapat membuatmu lebih baik dan tidak licin saat memegang kemudi.

Untuk cover stir mobil ini bisa didapatkan dengan harga Rp50 ribuan aja.

8. Tirai dan kaca film

Berfungsi untuk mencegah orang luar melihat bagian dalam kabin dan juga mengurangi intensitas cahaya matahari yang masuk saat panas terik di luar.

9. Talang air

Bukan sebagai gaya-gayaan, sebenarnya ada banyak fungsi talang air pada mobil. Berikut beberapa di antaranya. 

  • Mencegah air hujan masuk ke dalam kabin
  • Mencegah kerusakan komponen pada mobil
  • Mencegah basah saat mengulurkan tangan
  • Mengurangi embun
  • Membantu sirkulasi udara dalam kabin
  • Mengurangi suara bising
  • Memperindah tampilan mobil

Untuk harga, talang air mobil ini dijual dengan harga Rp100 ribuan aja, kok

Manfaatkan asuransi mobil untuk memproteksi keuangan pribadimu

Jika mobil kamu sudah dilengkapi dengan aksesoris yang fungsional dan menunjang dalam berkendara, jangan lupa juga untuk mengasuransikan mobil, ya. Hal ini untuk meminimalkan risiko kerugian finansial jika terjadi kerusakan atau kecelakaan mobil yang cukup parah.

Kamu bisa pilih asuransi mobil all risk atau asuransi mobil TLO sesuai kebutuhanmu. Jadi, selain aksesoris mobil yang membuatmu nyaman saat berkendara, kamu pun juga lebih merasa aman dan nyaman jika mobil sudah diasuransikan.

Jika kamu masih bingung dalam memilih asuransi mobil all risk ataupun TLO yang tepat, ikuti kuis memilih premi asuransi dari Lifepal di bawah ini. Setelah itu, kamu bisa menggunakan kalkulator perhitungan biaya premi asuransi untuk memperkirakan biaya premi asuransi yang mesti kamu bayarkan. 

Pertanyaan seputar aksesoris mobil

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *