Cara Pasang Aki Mobil di Rumah dan Estimasi Harga Aki Baru

Untuk menjalankan seluruh fitur dan komponen di dalam mobil yang memerlukan listrik seperti lampu dan AC mobil, dibutuhkan aki mobil. Beberapa pemilik mobil sering mengeluhkan aki yang tekor. Aki tekor bisa berasal dari pemasangan aki yang kurang tepat. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara pasang aki mobil yang benar.

Aki sebagai sumber cadangan listrik terbesar pada mobil berperan untuk memenuhi kebutuhan pasokan listrik yang dibutuhkan komponen dan perangkat elektronik pada mobil. Bila aki kurang bekerja optimal maka mobilitas saat berkendara juga jadi terganggu.

Performa mobil semakin menurun bila aki mobil tidak bisa bekerja dengan optimal alias rusak. Mesin mobil jadi tidak stabil sehingga tidak dapat menyala sekalipun distarter. Lampu mobil dan AC mobil juga tidak bisa menyala jika tidak ada aki.

Agar performa mobil maksimal, sebaiknya rutin melakukan perawatan pada mesin mobil terutama aki mobil. 

Sekalipun hanya melepaskan terminal dari kedua kepala aki dan mengendurkan bautnya, bila terjadi kesalahan saat merawat dan mengganti aki mobil maka kerusakan fatal seperti merusak electronic control unit atau ECU mungkin saja terjadi.

Yuk, cari tahu cara pasang aki mobil yang benar untuk mobil sistem injeksi dan non-injeksi serta cara jumper aki mobil yang baik.

Cara pasang aki mobil untuk sistem injeksi

Mobil keluaran terbaru masa kini telah dilengkapi dengan teknologi full elektronik menggunakan electronic control unit atau ECU. Untuk menyeimbangi kecanggihan teknologi ini dibutuhkan penanganan dan perawatan khusus saat mengganti aki.

Apabila terjadi kesalahan pada saat mengganti dan memasang aki, maka yang terjadi adalah risiko hilangnya memori jam, audio, power window macet sampai gangguan ECU. Oleh karenanya penting untuk mengetahui cara pasang aki mobil untuk mobil sistem injeksi.

1. Cara pasang aki mobil injeksi saat mesin masih hidup

Saat berada di dalam kondisi yang darurat, kamu bisa sendiri mengganti aki mobil dalam keadaan mesin mobil masih menyala. Cara memasang aki mobil untuk sistem injeksi yang pertama adalah pastikan mesin mobil dalam keadaan menyala atau hidup.

Selanjutnya adalah mengendurkan baut pada kedua kepala aki dan lepaskan dari tempatnya. Terakhir, pasang aki baru yang telah sesuai dengan spesifikasi mobil kamu dengan benar.

2. Cara pasang aki mobil injeksi dengan charger aki

Cara pasang aki mobil injeksi dengan bantuan charger aki bisa dilakukan untuk menambah setrum pada listrik yang kekurangan daya listrik. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya gangguan listrik saat daya listrik melemah. Caranya sebagai berikut:

  • Biarkan mobil dalam keadaan mesin menyala.
  • Pastikan sudah memiliki battery charger dan aki baru.
  • Langkah selanjutnya adalah kaitkan kabel battery charger dengan ujung kabel di setiap kepala aki agar daya listrik stabil.
  • Lalu, kendurkan batu yang berada di area kepala aki dan lepaskan dari tempat aki tersebut.
  • Pasang aki lama dengan aki yang baru yang sesuai dengan spesifikasi mobilmu. Pastikan telah terpasang dengan benar.
  • Terakhir, setelah memastikan bahwa aki baru telah terpasang dengan benar, kamu melepas kabel battery charger.

Cara pasang aki mobil untuk sistem non-injeksi

Mudahnya memasang aki mobil justru akan menjadi petaka bila kamu belum mengetahui cara memasang aki mobil. Untuk mengurangi kerusakan, sebaiknya memasang aki mobil untuk sistem non-injeksi menggunakan karburator dilakukan dengan penuh kehati-hatian. Berikut ini cara pasang aki mobil untuk sistem non-injeksi.

1. Pastikan mesin mobil dalam keadaan mati

Hal pertama yang harus dilakukan untuk memasang aki mobil untuk mobil sistem non-injeksi adalah mesin dalam keadaan mati. Cabut juga kunci kontak mobil dari lubang pengapian agar tidak ada daya yang masuk ke dalam aki mobil.

Pasalnya, bila kunci kontak tidak tercabut sekalipun mesin dalam keadaan mati, dikhawatirkan akan menimbulkan percikan api karena masih ada aliran listrik yang masuk ke dalam kabel aki.

2. Lepaskan kabel negatif lalu kabel positif pada aki mobil

Langkah selanjutnya adalah melepaskan seluruh kabel yang ada di terminal aki mobil.

Pertama-tama lepaskan terlebih dahulu kabel negatif dengan melonggarkan baut yang ada di kabel terminal negatif menggunakan alat perkakas seperti kunci agar tidak timbul percikan api. Sesuai dengan namanya, terminal baterai negatif dilambangkan dengan simbol minus ( – ).

Setelah kabel negatif benar-benar telah terlepas, baru kamu bisa melepas kabel positif yang ada pada terminal positif aki mobil. Lambang kabel positif disimbolkan dengan tanda plus ( + ) atau tanda berwarna merah lainnya.

Antara kabel negatif dan positif, waktu pelepasannya tidak boleh tertukar. Harus kabel negatif terlebih dahulu baru kabel negatif untuk menghindari risiko terjadinya kerusakan pada sistem kelistrikan mobil. 

Setelah terlepas kedua kabel tersebut, pisahkan agar kabel positif dan negatif tidak saling tersentuh satu sama lain yang mengakibatkan korsleting.

3. Cara melepas aki dengan benar

Sebelum benar-benar melepas aki mobil dari wadahnya, pastikan bawah konektor aki pada bracket juga telah terlepas semua. Lalu kamu bisa melepas aki mobil secara tegak lurus.

Pengeluaran aki secara tegak lurus ini bertujuan untuk mencegah cairan aki mobil meluber. Sebaiknya minta bantuan orang terdekat saat akan mengangkat aki mobil, mengingat berat aki mobil bisa mencapai 10 kilogram.

4. Membersihkan aki mobil

Sebelum memasang kembali aki, bersihkan terlebih dahulu terminal aki. Pasalnya di dalam terminal aki mobil tersebut pasti ditemukan kotoran seperti debu, korosi atau sumber kotoran lainnya yang mengendap. Biasanya kotoran pada terminal aki mobil berwarna hijau, biru atau abu-abu.

Cairan yang bisa digunakan untuk membersihkan aki mobil adalah kain emery atau kertas amplas grit 100. Asam yang menempel pada aki mobil bersifat asam dan berbahaya untuk kulit atau pakaian. 

Berhati-hati dalam membersihkannya adalah hal yang harus diperhatikan. Bersihkan terminal aki dari kotoran dengan benar agar aki mobil dapat bekerja menghantarkan daya listrik dengan maksimal.

5. Pasang aki baru

Saat sudah memastikan bahwa terminal aki dalam keadaan bersih, maka kamu bisa memasang aki baru yang sesuai dengan spesifikasi mobilmu dengan cara memasangnya terlebih dahulu pada bracket. Setelah terpasang, lumuri terminal dengan minyak litium agar tidak berkarat

Saat memasang aki baru, pastikan bahwa posisi aki baru sama dengan posisi aki lama. Selain itu juga pasti baut atau penjepit lainnya telah terpasang rapat sehingga tidak akan bergerak saat mobil dipakai.

6. Sambungkan kabel positif dan negatif

Setelah aki mobil yang baru telah dipastikan terpasang dengan benar, maka kamu bisa menyambung kembali kabel pada aki mobil dengan melakukan penyambungan kabel positif terlebih dahulu. Kencangkan kabel positif dengan kunci inggris

Apabila saat pemasangan kabel positif ini terlihat percikan api, jangan panik. Percikan api tersebut perlahan akan menghilang saat kepala aki sudah terpasang sempurna.

Saat kabel positif telah terpasang dengan benar di terminal positif aki, selanjutnya kamu baru bisa memasang kabel negatif dengan kunci inggris juga. 

Sambungkan kabel dengan penuh kehati-hatian. Sebab, kunci inggris tersebut jangan sampai menyentuh benda apapun berbahan logam untuk menghindari sengatan listrik.

7. Lakukan double check!

Sekalipun semua kabel telah dipastikan terpasang dengan sempurna, pada tahapan ini kamu tetap harus melakukan cek kembali atau double check untuk memastikan kembali bahwa semua kabel dan klem benar-benar sudah terpasang dan tidak ada yang kendur. 

Bila ada kabel atau klem yang kendur maka mesin mobil tetap tidak akan menyala sekalipun aki telah terpasang.

8. Menutup kap mobil dan nyalakan mesin

Terakhir, tutup kap mobil dan nyalakan mesin. Bila mesin menyala berarti seluruh rangkaian cara pasang aki mobil untuk sistem non-injeksi ini telah berhasil. Kamu juga bisa mengatur ulang jam, radio, dan sistem navigasi pada dashboard mobil.

Cara jumper aki mobil yang benar

Faktor yang mempengaruhi mogoknya mobil ada banyak. Bisa saja karena mesin mobil ataupun masalah kelistrikan pada mobil. 

Apabila faktor yang kamu temui adalah masalah pada sistem kelistrikan mobil tentu berkaitan erat dengan kondisi aki yang mungkin saja sudah soak.

Apabila mogoknya mobil sudah dipastikan karena aki yang mulai soak atau rusak maka kamu bisa melakukan cara jumper yang satu ini. Berikut ini adalah cara jumper aki mobil yang benar saat mobil dalam keadaan mogok.

1. Menyiapkan kabel jumper berkualitas bagus

Hal pertama yang harus disiapkan adalah kabel jumper dengan kualitas bagus. Umumnya, kabel jumper berkualitas bagus memiliki ukuran diameter minimal 10 milimeter. Mengapa perlu sepanjang itu? Sebab untuk menghindari risiko kemungkinan terbakar saat proses jumper berlangsung.

2. Menyiapkan kendaraan atau aki mobil lain yang masih bagus

Selanjutnya, siapkan juga aki mobil lain yang masih dalam keadaan bagus. Bisa saja aki mobil baru atau aki mobil berkualitas baik yang berasal dari mobil lain.

3. Dekatkan aki mobil berkualitas bagus tersebut ke mobil yang mogok

Letakkan mobil atau aki berkualitas bagus tersebut di dekat mobil yang mogok. Selanjutnya, buka kedua kap mobil dengan menerapkan posisi saling berhadapan dengan tujuan agar kabel jumper aki mobil yang digunakan tidak terlalu panjang. Selain itu juga semakin dekat jarak mobil yang mogok dengan aki maka semakin bagus.

4. Kaitkan kedua kutub dengan kabel jumper

Sebelum mengaitkan kedua kutub dengan kabel jumper, sebaiknya kamu menggunakan sarung tangan untuk menghindari percikan api dan setrum yang mungkin terjadi.

Kaitkan kutub positif aki mobil dengan kabel jumper yang berwarna merah. Lalu kaitkan kutub negatif aki mobil dengan kabel jumper berwarna hitam. Kaitkan kedua kutub tersebut dengan capitan.

5. Tunggu hingga aki benar-benar sudah habis

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya tunggu beberapa menit. Tujuannya adalah agar kondisi setrum pada aki benar-benar sudah habis.

6. Nyalakan mesin mobil yang mogok

Saat setrum pada aki telah habis, seharusnya kamu sudah bisa menyalakan mesin mobil yang mogok. 

Lakukan secara perlahan dan jangan terlalu dipaksakan. Saat mobil yang mogok berhasil menyala, tunggu selama kurang lebih satu sampai dua menit agar kondisi mesin kembali normal. Lalu, lepaskan kabel jumper.

Harga aki mobil terbaru

Jika kamu memerlukan aki baru, berikut ini Lifepal berikan harga aki mobil terbaru 2021.

Merk dan Tipe Aki Mobil Harga Aki Mobil
Aki Mobil GS Astra 95D31L 12 volt 80 Ah Rp1,4 juta
Aki Mobil GS Astra 95D31R 12 volt 80 Ah Rp1,4 juta
Aki Mobil GS Astra N100 12 volt 100 Ah Rp1,5 juta
Aki Mobil GS Astra N120 12 volt 120 Ah Rp1,9 juta
Aki Mobil GS Astra N150 12 volt 150 Ah Rp2,5 juta
Aki Mobil Global Battery 34B19R 12 volt 45 Ah Rp1 juta
Aki Mobil Global Battery 34B19L 12 volt 45 Ah Rp1 juta
Aki Mobil Global Battery 55B24R 12 volt 55 Ah Rp1,2 juta
Aki Mobil Global Battery 55B24L 12 volt 55 Ah Rp1,2 juta
Aki Mobil Global Battery 55B24RS 12 volt 55 Ah Rp1,2 juta
Aki Mobil Yuasa 34B19L-MF 12 volt 30 Ah Rp835 ribu
Aki Mobil Yuasa 34B19R-MF (NEW) 12 volt 30 Ah Rp835 ribu
Aki Mobil Yuasa NS-40 MF 12 volt 32 Ah Rp850 ribu
Aki Mobil Yuasa NS-40Z MF 12 volt 35 Ah Rp910 ribu
Aki Mobil Yuasa NS-40ZL MF 12 volt 35 Ah Rp910 ribu
Aki Mobil GForce N50 12 volt 50 Ah Rp765 ribu
Aki Mobil GForce NS40Z 12 volt 35 Ah Rp645 ribu
Aki Mobil GForce NT60-S4 12 volt 45 Ah Rp675 ribu
Aki Mobil GForce N50Z 12 volt 60 Ah Rp880 ribu
Aki Mobil GForce NX100-S6 (S) 12 volt 55 Ah Rp760 ribu
Aki Mobil Incoe MF N200 200Ah 12V Rp3,6 juta
Aki Mobil Incoe MF N150 150Ah 12V Rp2,8 juta
Aki Mobil Incoe MF N120 120Ah 12V Rp2,4 juta
Aki Mobil Incoe MF N100 100Ah 12V Rp1,9 juta
Aki Mobil Incoe MF NS60LS 45Ah 12V Rp746 ribu

Bagaimana kalau masih belum berhasil?

Umumnya cara pasang aki mobil yang sudah dijelaskan di atas adalah cara pasang aki mobil yang paling mudah dipahami dan diikuti di rumah. 

Namun, bila ternyata mesin mobil masih belum juga menyala. Sebaiknya bawa mobil kesayangan kamu ke bengkel terpercaya.

Kamu akan merasa lebih aman dan tidak terbebani finansial apabila punya asuransi mobil. Sebab, asuransi mobil akan mengcover biaya-biaya kerusakan mobil termasuk aki mobil.

Coba cek asuransi mobil yang cocok untuk kamu. Kalau masih ada yang ingin ditanyakan, kamu bisa langsung menghubungi ahlinya di Tanya Lifepal!

Tips dari Lifepal! Mengingat aki mobil memiliki peranan cukup penting dan harganya juga tidak murah, sebaiknya kamu merawat aki dengan benar. 

Beberapa di antaranya dengan rutin membersihkan aki, selalu memanaskan mobil secara rutin, dan melepaskan kabel aki apabila tidak digunakan. 

Agar kamu lebih merasa tenang, kamu bisa membeli asuransi mobil yang akan memproteksi finansialmu dari risiko-risiko kerusakan mobil lainnya. 

Asuransi mobil syariah maupun konvensional juga biasanya sudah bekerjasama dengan ribuan bengkel rekanan yang terpercaya, sehingga kerusakan mobilmu akan ditangani dengan baik. 

FAQ seputar cara pasang aki mobil

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.