Cara Menyambungkan Bluetooth ke Mobil dengan Mudah dan Cepat

Pada umumnya, ada dua cara menyambungkan ponsel ke mobil untuk memutar lagu, yaitu melalui bluetooth atau dengan kabel AUX (auxiliary).

Di antara keduanya, ternyata koneksi Bluetooth merupakan yang paling populer digunakan di era digital masa kini.

Pasalnya, banyak mobil keluaran terbaru yang sudah dilengkapi fitur bluetooth, dan kebanyakan handphone masa kini sudah terhubung dengan bluetooth.

Namun terkadang, bluetooth pada audio mobil tidak bisa connect atau tersambung dengan handphone. Apa yang menyebabkan hal ini? Dan bagaimana cara mengatasinya?

Ketahui beberapa hal yang perlu kamu ketahui seputar cara setting atau mengatur bluetooth audio mobil dan cara connect bluetooth ke mobil saat terjadi masalah koneksi dari bluetooth ke ponsel pada artikel berikut.

Keunggulan bluetooth dibandingkan dengan kabel AUX

Sebelum mengetahui cara menghubungkan HP ke audio mobil lewat bluetooth, sebaiknya kamu memahami perbandingan penggunaan bluetooth dari perangkat lain seperti kabel AUX.

Kabel AUX yang biasanya berukuran 3,5 mm merupakan solusi tepat apabila mobil kamu belum dilengkapi fitur bluetooth. Kabel ini bisa diandalkan karena koneksinya yang bersifat langsung sehingga akan ada sedikit gangguan saat memutar lagu.

Namun, kekurangan dari kabel AUX adalah kita harus mengeluarkan anggaran lebih untuk membeli kabel ini karena bukan produk bawaan ponsel maupun mobil.

Harganya pun bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan tergantung jenis material logam yang dipilih. Semakin mahal tentunya semakin mempengaruhi kualitas yang dihasilkan audio mobil.

Selain itu, kamu perlu menaruh ponsel dalam jarak yang berdekatan dengan audio atau tergantung keterjangkauan kabel atau panjang kabel, sehingga bisa dibilang kurang praktis.

Beda halnya dengan bluetooth. Bluetooth banyak digunakan karena lebih praktis tanpa kabel. Bahkan, kecepatan transfer data bisa mencapai 24 Mbps sehingga tidak akan mempengaruhi lagu yang kamu putar.

Kelebihan lainnya yaitu bluetooth merupakan fitur bawaan dari ponsel kini dan mobil keluaran terbaru, sehingga kamu tidak perlu merogoh kocek berlebih untuk membeli perangkat ini.

Selain itu, koneksi bluetooth tidak terbatas hanya bisa memutar lagu dari ponsel saja. Kamu juga bisa menerima panggilan telepon yang masuk sehingga berkendara akan lebih aman.

Meski begitu, kualitas suara yang dihasilkan bluetooth bukanlah yang terbaik. Mendengarkan dari CD asli menawarkan pengalaman mendengarkan lagu yang terbaik. Dalam hal ini, kabel AUX juga memiliki kualitas yang lebih baik dibanding bluetooth.

Cara menyambungkan bluetooth ke mobil

Cara setting atau cara connect bluetooth ke mobil dengan ponsel sebetulnya cukup mudah dan cepat. Ikuti beberapa langkah cara menghubungkan hp ke audio mobil lewat bluetooth di bawah ini.

  1. Pastikan bluetooth head unit telah terpasang pada mobil agar bisa memiliki koneksi bluetooth
  2. Nyalakan audio mobil sebelum menyambungkan bluetooth ke audio mobil
  3. Hidupkan bluetooth yang ada di ponsel Anda dengan membuka menu pengaturan atau setting
  4. Buat bluetooth pada ponsel visible atau dapat dijangkau oleh perangkat audio mobil, sehingga keduanya bisa saling terkoneksi atau pairing
  5. Buka aplikasi pemutar musik yang ada di ponsel dan cobalah untuk putar musik ke audio mobil
  6. Apabila berhasil tersambung, kamu bisa dengan jelas mendengarkan suara musik yang berasal dari audio mobil
  7. Agar membuat pengalaman berkendara lebih aman, pilihlah menu yang bisa membuat kamu mengontrol audio langsung dari head unit mobil

Tips mengatasi bluetooth audio mobil tidak bisa connect

Tak sedikit pengendara mengeluhkan bahwa bluetooth audio mobil tidak bisa connect dengan handphone. 

Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti bluetooth ponsel yang tidak berhasil tersambung atau pairing dengan audio mobil. Beberapa juga mengeluhkan bahwa musik tidak terdengar pada audio mobil.

Untuk mengatasi bluetooth audio mobil tidak bisa connect, ikuti beberapa cara setting bluetooth audio mobil yang telah dirangkum oleh Speakers Mag agar kamu bisa memutar musik lewat bluetooth di audio mobil kembali.

1. Apabila masalah tidak dapat diidentifikasi

Cobalah untuk mematikan bluetooth dari ponsel dan head unit mobil, lalu aktifkan keduanya kembali. Pastikan bahwa kedua perangkat telah tersambung dan terhubung dengan benar.

2. Bluetooth ponsel tidak terkoneksi dengan audio mobil

Apabila masalah ini muncul, kemungkinan besar adalah daftar perangkat yang tersimpan baik di perangkat bluetooth audio mobil maupun ponsel biasanya penuh.

Untuk itu, buka pengaturan bluetooth di handphone, dan pilih opsi ‘lupakan’ semua perangkat yang pernah terhubung. 

Setelah itu, sambungkan keduanya kembali dengan mengikuti cara menyambungkan bluetooth ke audio mobil di atas.

3. Musik tidak terdengar dari audio mobil

Pertama-tama, periksa tingkat volume suara baik di ponsel dan head unit mobil. Lalu, pastikan ponsel telah terkoneksi dengan perangkat bluetooth audio mobil yang tepat.

Opsi lainnya adalah periksa Media Audio yang ada di handphone kamu. Pasalnya, bila Media Audio mati, kamu tidak akan bisa memutar lagu dari handphone.

Untuk mengatasinya, buka pengaturan pada ponsel, lihat daftar bluetooth yang tersambung dengan ponsel, lalu buka pengaturan dengan mengetuk nama bluetooth mobil kamu. 

Setelah itu, aktifkan Media Audio, dan seharusnya kamu sudah bisa mendengarkan musik dari audio mobil.

Tips dari Lifepal! Apabila mobil kamu termasuk mobil keluaran lama dan belum memiliki fitur bluetooth, kamu bisa melakukan pemasangan Car Kit Bluetooth secara mandiri.

Car Kit Bluetooth ini dijual dengan harga yang beragam. Maka dari itu, pastikan kamu memilih perangkat yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhanmu.

Setelah melakukan pembelian, kamu bisa menerapkan cara menyambungkan bluetooth ke audio mobil yang telah dijelaskan sebelumnya pada artikel ini. Simak pula ulasan mengenai setting equalizer audio mobil dan juga warna kabel audio mobil di artikel Lifepal lainnya!

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

 

Cegah kerugian finansial dengan asuransi mobil yang tepat

Selain memperhatikan audio mobil, mengantisipasi segala kemungkinan dan risiko yang mungkin terjadi selama berkendara juga penting.

Apalagi biaya servis mobil dan perawatan tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Antisipasi ini bisa kamu lakukan dengan memiliki asuransi mobil yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Kamu bisa mempertimbangkan untuk memilih asuransi sesuai manfaatnya. Ada yang bersifat TLO (menanggung kerusakan sebagian) dan all risk (menanggung semua jenis kerusakan).

Lifepal pun menyediakan kedua pilihan asuransi itu dengan harga yang kompetitif mulai dari Rp35.000 per bulan. Segera dapatkan asuransi mobil yang menawarkan premi terbaik dengan mengisi data diri kamu di sini.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Yuk, coba gunakan kalkulator menabung Lifepal!

Sudah tahu berapa yang harus kamu tabung untuk sesuatu setiap bulannya? Walaupun pemasukan kamu tidak besar, kamu harus berusaha memprioritaskan menabung. Sebab dana tabungan bisa kamu gunakan untuk uang darurat, modal, atau modal usaha.

Gunakanlah kalkulator menabung bulanan untuk bantu menghitung besarnya uang yang harus kamu tabung untuk tujuan kamu. Cobalah kalkulator menabung bulanan ini.

Gunakan pula kalkulator waktu menabung di bawah ini untuk menghitung waktu menabung yang dibutuhkan untuk mencapai target nilai akhir tabungan.

Berapa uang pertanggungan asuransi kamu?

Uang pertanggungan adalah sejumlah uang yang akan cair jika terjadi risiko meninggal dunia. Produk asuransi umumnya akan memberikan uang pertanggungan asuransi (UP).

Nilai uang pertanggungan adalah hasil perhitungan Nilai Hidup Manusia. Jika kamu ingin mengetahui berapa besarannya, manfaatkan kalkulator nilai hidup manusia berikut ini untuk menghitungnya:

Perlu kamu ketahui, asuransi memiliki sejumlah risiko, terutama mengenai risiko kerugian investasi. Jika produk yang kamu pilih berbentuk unit link, maka ada risiko kerugian investasi di dalamnya.

Artinya, ada kemungkinan kamu perlu membayar premi lebih lama dari ketentuan awal jika terjadi risiko kerugian tersebut. Kalau kamu tidak mengisi ulang saldo unit link yang kosong, bisa-bisa polis kamu lapse.

Maka dari itu, pastikan sebelum memilih produknya kamu sudah membaca polisnya secara rinci. Mau cara yang lebih simple? Manfaatkan fitur perbandingan asuransi terbaik di Lifepal!

Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi jiwa terbaik

 

Pertanyaan seputar cara menyambungkan bluetooth ke mobil

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.