Cara Meningkatkan Performa Mesin Mobil Bensin yang Melemah

Ada berbagai cara meningkatkan performa mesin mobil bensin yang sudah mulai menunjukkan gejala pelemahan.

Peningkatan ini sangat penting untuk dilakukan agar mesin dan komponen mobil dapat bekerja secara maksimal namun dengan konsumsi bahan bakar yang lebih irit.

Seperti yang sudah diketahui jika mesin merupakan komponen utama sekaligus paling krusial di dalam mobil sehingga tentu jika kendaraan masih ingin dikemudikan dengan aman dan nyaman maka performanya harus selalu dijaga dengan baik.

Memang, dalam meningkatkan performa mesin mobil akan ada beberapa tahapan baik yang ringan ataupun berat. 

Namun jika kamu ingin mengetahui cara meningkatkan performa mesin mobil bensin agar usianya menjadi lebih panjang  dengan anggaran yang terbatas, maka simak penjelasan lengkapnya pada artikel ini!

Cara meningkatkan performa mesin mobil bensin

Pada mobil mesin bensin, umumnya terdapat dua jenis kendaraan yang memiliki sistem yang berbeda. Hal ini tentu akan menyebabkan adanya perbedaan dalam cara peningkatan performa mesinnya.

Dimana, jenis mobil bensin tersebut yaitu adalah karburator dan juga injeksi. Cara kerja keduanya juga cukup berbeda, sebab sistem karburator akan bekerja sesuai dengan hukum bernoulli yaitu pergerakan piston yang terjadi karena adanya perbedaan gerakan.

Sedangkan jenis mobil injeksi ini sudah menerapkan sistem sensor seperti yang diatur oleh ECU (Electronic Control Unit).

Namun bagaimana cara meningkatkan performa kedua jenis mobil bensin ini? Berikut adalah penjelasannya:

Cara meningkatkan performa mesin mobil karburator

Penggunaan mobil bensin dengan sistem karburator pada jenis terbaru dan modern tentu mungkin sudah tidak ada. Jadi, mesin ini seringkali hanya ditemukan pada mobil antik dan lawas. Namun sistem tersebut sudah diganti dengan sistem pembakaran yang lebih baik.

Namun walaupun begitu kamu tidak perlu merasa khawatir, sebab, tetap ada banyak cara meningkatkan performa mesin mobil karburator khususnya pada mobil yang sudah berumur, diantaranya adalah:

  • Mengganti bahan bakar dengan oktan yang lebih tinggi.
  • Menambahkan power booster pada mobil.

Namun sayangnya kedua cara ini malah akan meningkatkan konsumsi bahan bakar. Jadi, agar mobilmu tidak boros penggunaan bahan bakar maka ada beberapa cara meningkatkan performa mesin mobil karburator yang dapat kamu lakukan, diantaranya adalah:

1. Penggunaan JS One

JS One merupakan alat penstabil kelistrikan (volt stabilizer) yang seringkali digunakan untuk menambah tenaga pada mobil. Stabilnya listrik yang dikelola oleh mesin karena penggunaan JS One tentu dapat secara langsung dapat membantu mobil untuk lebih irit dalam pemakaian BBM.

2. R-Project

Penggunaan R-Project juga memiliki fungsi yang sama dengan JS One. Hal ini tentu akan membantu untuk meningkatkan kelistrikan mobil karena membuat pasokan aki meningkat 5 kali lipat. Alat ini tentu akan menjadikan mobil lebih hemat bahan bakar.

3. Tune up mobil berkala

Salah satu permasalahan yang seringkali terjadi pada mobil karburator yaitu adalah hasil pembakarannya yang tidak bersih sehingga selalu menyisakan residu pada saluran pembakarannya. Residu inilah yang menyebabkan mobil menjadi kurang bertenaga.

Oleh sebab itulah, masalah kotoran yang menumpuk di saluran pembakaran ini dapat diselesaikan dengan tune up jet clean thronic secara berkala agar komponen tersebut dapat bersih hingga tuntas.

Jadi secara garis besar, sebenarnya cara meningkatkan performa mesin mobil bensin tidaklah sulit. Namun, setiap pemilik mobil harus rutin untuk melakukan perawatan secara berkala untuk mencegah terjadinya kerusakan dan penurunan performa mesinnya.

Cara meningkatkan performa mesin mobil injeksi

Selain mobil karburator, jenis mobil yang saat ini sudah akrab di pasaran dan banyak digunakan orang yaitu adalah mobil injeksi.

Namun selayaknya jenis mobil lainnya, performa mesinnya tentu akan mengalami penurunan seiring berjalannya waktu sehingga tentu perlu ditingkatkan secara berkala.

Berbeda dengan mobil karburator yang dapat menambah tenaga dan performa lewat modifikasi komponennya untuk mengurangi beban mobil, jenis mobil injeksi ini memiliki perlakukan yang berbeda agar dapat ditingkatkan performanya. 

Bagaimana cara meningkatkan performa mesin mobil injeksi namun tetap hemat bahan bakar? Berikut adalah daftar lengkapnya!

1. Remap ECU mobil

Salah satu cara meningkatkan performa mesin mobil injeksi yang dapat digunakan adalah dengan melakukan remap ECU mobil. 

Remap atau tuning dan reflash merupakan sebuah tindakan dalam pengkalibrasian ulang ECU mobil agar bisa mendapatkan hasil yang dapat memberikan performa mesin sebanyak 100%.

Sebab, tanpa kalibrasi ulang, ECU mobil hanya dapat mengeluarkan sekitar 60-75 persen performa yang ia miliki.

Namun pastikan untuk melakukan remap dengan tuner yang sudah berpengalaman da kompeten  serta menggunakan software asli sehingga tentunya aman bagi mobil. 

2. Menggunakan throttle body spacer

Cara meningkatkan performa mobil lainnya terkhusus untuk sistem injeksi yaitu adalah dengan menggunakan throttle body spacer. 

Alat ini dapat bekerja dengan menambahkan kecepatan udara yang masuk ke ruang pembakaran. Hal ini akan menyebabkan oksigen menjadi lebih banyak dan pembakaran akan berlangsung lebih optimal. Hasil pembakaran inilah yang membuat mesin meningkat performanya dan semakin efektif dalam bekerja.

3. Penggunaan tumpukan kecepatan

Tumpukan kecepatan merupakan sebuah alat yang dapat diletakkan pada bagian saluran masuk udara dan memiliki fungsi utama untuk mengurangi turbulensi khususnya pada mobil injeksi.

Turbulensi yang berkurang ini akan berpengaruh besar dalam peningkatan performa mesin dengan syarat tumpukan kecepatan ini harus dirawat dengan baik pada poros engkol.

Tips dari Lifepal! Ada berbagai cara meningkatkan performa mesin mobil bensin baik itu injeksi maupun karburator yang sudah mulai menunjukkan gejala pelemahan. 

Hal ini meliputi penggunaan volt stabilizer, tune berkala, remap ECU, penggunaan tumpukan kecepatan hingga penggunaan throttle body spacer. Dimana semua hal tersebut dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan.

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Kenapa asuransi mobil itu penting?

Ada banyak hal yang membuat asuransi mobil menjadi hal paling penting yang harus dimiliki oleh setiap pemilik kendaraan. Sebab, adanya asuransi mobil akan memberikanmu jaminan perlindungan atas segala resiko yang mungkin akan terjadi di masa depan.

Hal ini tentu akan membuatmu menjadi lebih tenang baik secara batin dan finansial karena berbagai resiko seperti kerusakan akibat kecelakaan mobil, bencana alam, huru-hara hingga kehilangan akibat tindak pencurian dapat dibantu ganti rugi oleh pihak asuransi.

Bahkan, asuransi mobil juga akan memberikanmu jaminan hukum pihak ketiga jika dibutuhkan dan tentu akan membantu segala proses hukum yang akan dilewati tanpa perlu mengeluarkan uang banyak.

Selain itu, biaya servis mobil dan perawatan tentu juga tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Yuk, coba gunakan kalkulator menabung Lifepal!

Sudah tahu berapa yang harus kamu tabung untuk sesuatu setiap bulannya? Walaupun pemasukan kamu tidak besar, kamu harus berusaha memprioritaskan menabung. Sebab dana tabungan bisa kamu gunakan untuk uang darurat, modal, atau modal usaha.

Gunakanlah kalkulator menabung bulanan untuk bantu menghitung besarnya uang yang harus kamu tabung untuk tujuan kamu. Cobalah kalkulator menabung bulanan ini.

Gunakan pula kalkulator waktu menabung di bawah ini untuk menghitung waktu menabung yang dibutuhkan untuk mencapai target nilai akhir tabungan.

Berapa uang pertanggungan asuransi kamu?

Uang pertanggungan adalah sejumlah uang yang akan cair jika terjadi risiko meninggal dunia. Produk asuransi umumnya akan memberikan uang pertanggungan asuransi (UP).

Nilai uang pertanggungan adalah hasil perhitungan Nilai Hidup Manusia. Jika kamu ingin mengetahui berapa besarannya, manfaatkan kalkulator nilai hidup manusia berikut ini untuk menghitungnya:

Perlu kamu ketahui, asuransi memiliki sejumlah risiko, terutama mengenai risiko kerugian investasi. Jika produk yang kamu pilih berbentuk unit link, maka ada risiko kerugian investasi di dalamnya.

Artinya, ada kemungkinan kamu perlu membayar premi lebih lama dari ketentuan awal jika terjadi risiko kerugian tersebut. Kalau kamu tidak mengisi ulang saldo unit link yang kosong, bisa-bisa polis kamu lapse.

Maka dari itu, pastikan sebelum memilih produknya kamu sudah membaca polisnya secara rinci. Mau cara yang lebih simple? Manfaatkan fitur perbandingan asuransi terbaik di Lifepal!

Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi jiwa terbaik

Pertanyaan seputar cara meningkatkan performa mesin mobil bensin

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.