Cara Melepas Aki Mobil yang Benar dan Aman: Simak Disini!

Cara melepas aki mobil yang benar tentu harus hati-hati. Jika kalian tidak menggunakan jasa montir, maka haruslah memahami cara-cara melepas aki mobil yang benar.

Hal ini karena cara melepas aki mobil yang benar tidak bisa asal copot lalu pasang kembali.

Seperti diketahui bersama aki adalah cadangan listrik utama yang bekerja memenuhi semua kebutuhan listrik di mobil.

Aki yang bermasalah tentu akan sangat menghambat mobilitas kita ketika berkendara. Dan ketika itu terjadi, kalian harus sudah tahu cara melepas aki mobil yang benar.

Jika kalian sudah memahami cara melepas aki mobil yang benar, maka sebenarnya merupakan hal yang tidak rumit. Kalian hanya perlu mencopot mur pengikat kutub positif dan negatif, namun tetap lakukan secara hati-hati tidak sembrono.

Selain tahu cara melepas aki mobil yang benar, kalian juga harus ingat bahwa aki mengandung listrik. Makanya perlu berhati-hati dan tidak sembarangan.

Ada tahapan yang harus dilalui, salah dalam rangkaian maka bisa saja mobil kalian mengalami kerusakan atau lebih buruk lagi, yaitu kalian terluka karena sengatan listrik.

Inilah cara melepas aki mobil yang benar

Masalah kelistrikan pada mobil biasanya berasal dari aki mobil. Ketika itu terjadi, kita tidak paham harus melakukan apa. Pertama tidak tahu apa masalahnya, kalaupun tahu kita belum paham cara melepas aki mobil yang benar.

Bagi kalian yang masih belum memahami cara melepas aki mobil yang benar, berikut ada beberapa tipsnya. Dalam melepas aki mobil, ada tiga tahap yang harus kalian lakukan mulai dari melepas hingga memasangnya kembali.

Bagaimana cara melepas aki mobil yang benar dan memasangnya kembali? Berikut 3 tahapan alurnya.

Melepas aki lama

Pertama-tama kalian harus melepas aki mobil dengan benar dahulu. Langkah amannya adalah, mula-mula kalian lepaskan kabel, baut dan klem pada kutub negatifnya terlebih dahulu.

Setelah itu baru kemudian dilanjutkan pada kutub positifnya.Setelah semua kabel dan klem terlepas, angkat aki tersebut secara tegak lurus agar cairan dalam aki tidak tumpah.

Hal ini bertujuan untuk agar tidak terjadi hubungan arus pendek listrik yang diakibatkan oleh alat kerja yang jatuh ke terminal positif atau benda lainnya, jika kalian melepas katup positifnya dahulu.

Beda jika kita lebih dahulu mencabut kabel negatif terlebih dahulu maka dengan sendirinya akan memutuskan hubungan arus listrik pada bodi mobil.

Membersihkan karat

Langkah selanjutnya dalam mengetahui cara melepas aki mobil dengan benar adalah, pemeriksa semua kabel dan klem aki.

Jika terdapat karat, gunakanlah cairan anti karat mobil untuk membersihkannya. Atau cara sederhananya kalian bisa gosok saja agar karatnya hilang.

Tentu akan jadi masalah jika karat dan berbagai kotoran yang menempel pada klem. Jangan lupakan juga kotoran dan karat yang ada di ujung kabel akan menjadi isolator atau penghalang masuknya aliran listrik.

Pasang aki baru

Jika semua sudah dilakukan, selanjutnya adalah memasang aki mobil baru. Cara memasang aki baru merupakan kebalikan dari cara melepas aki mobil yang benar.

Letakkan aki pada dudukannya secara tegak lurus, lalu pasang kabel positifnya terlebih dulu, baru kemudian dilanjutkan dengan memasang kabel negatif. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah timbulnya percikan api pada kutub positif.

Pastikan bahwa semua kabel dan klem sudah terkunci dengan sempurna. Setelah itu coba nyalakan mesin mobil, bila semua berjalan baik, maka Sahabat dapat menutup kap mobil dan melanjutkan perjalanan.

Untuk kalian ketahui, biasanya saat memasang kabel positif kemudian memasang kabel negatif pada terminal aki, pastinya akan muncul percikan api sewaktu didekatkan dengan terminal.

Di saat itu kalian tak perlu panik, sebab jika kepala aki sudah terpasang dengan sempurna maka percikan tersebut tidak akan muncul kembali. Kecuali terjadi korsleting maka akan muncul terus percikan api pada kutub negatif.

Tips melepas aki mobil dengan benar

Sebelumnya sudah dijelaskan alur dan tahapan dalam mengganti aki mobil dengan benar. Dengan mengikuti rangkaian itu kalian akan jadi lebih paham dan tahu rangkaian dalam mengganti aki mobil.

Langkah melepas aki mobil itu bersifat umum jadi jika kalian mencari cara melepas aki mobil Avanza atau cara melepas aki mobil Innova hingga cara melepas aki mobil Grand Livina maka semuanya sama.

Namun perlu diingat lagi bahwa melepas aki mobil itu perlu kehati-hatian yang tinggi. Jangan sampai salah, sehingga tidak ada komponen yang error atau konslet. Berikut ada beberapa tips melepas aki mobil dengan benar.

Tips berikut akan menyempurnakan pengetahuanmu yang baru paham cara melepas aki mobil Avanza atau cara melepas aki mobil Innova hingga cara melepas aki mobil Grand Livina. Lalu apa saja tips-nya?

Lakukan secara hati-hati

Tentu saja tips pertama sebelum kalian melepas aki adalah ingat selalu untuk berhati-hati. Hal ini karena aki adalah komponen mobil yang berguna untuk menyalurkan daya listrik ke berbagai bagian.

Jadi sudah pasti kalau proses melepas aki tidak dilakukan secara hati-hati, maka kalian bisa mendapatkan masalah.

Sistem kelistrikan mobil bisa rusak dan akan menimbulkan bahaya lain untuk keselamatan Anda beserta kendaraan.

Jadi untuk melakukan pelepasan aki dengan benar sebaiknya dilakukan secara hati-hati. Jadi meski kalian paham cara melepas aki mobil Avanza tapi kalau sembrono dan tidak hati-hati bisa saja Avanza kesayangan kalian rusak dan mati.

Fokus pada kutub negatif

Aki layaknya baterai, ia memiliki kutub negatif dan positif. Maka dari itu sebagai salah satu cara melepas aki mobil yang benar dan aman, maka fokuslah terlebih dahulu kepada bagian kutub negatif.

Kalian bisa melepas kabel, baut, dan juga klem pada bagian kutub negatif. Alasan mengapa harus dari kubu negatif adalah tentu agar tidak ada hubungan arus pendek yang berbahaya untuk aki dan juga sistem mesin mobil.

Lepaskan bagian kutub positif

Selanjutnya, jika kalian sudah melepas kutub negatif. Maka lepaskan juga kutup positifnya. Untuk kubu positif jika negatif sudah dilepaskan maka melepasnya pun akan mudah.

Selain itu pastikan bahwa semua kabel dan klem telah terlepas. Jangan sampai ada yang masih terhubung dengan aki mobil kalian.

Angkat aki mobil

Ketika semuanya sudah dilepas, baik kabel, klem, dan kedua kutub aki tidak ada yang tersambung lagi dengan bagian lainnya. Selanjutnya kalian bisa mengangkat aki secara perlahan.

Lakukan dengan hati-hati dan angkat secara tegak lurus. Hal ini untuk menghindari cairan di dalam aki tumpah ke luar. Bahaya jika cairan aki tumpah dan mengenai tangan atau bahkan bagian lain dari mesin mobil.

Jika sudah, maka kalian selesai melepas aki. Inilah tips agar mencapai cara melepas aki mobil yang benar dan aman.

Cara melepas aki mobil non-injeksi

Memasang aki pada mobil yang menggunakan sistem karburator dan tidak memiliki perbedaan mendasar.

Namun keduanya tetap harus dilakukan dengan penuh hati-hati. Untuk lebih jelasnya, inilah cara melepas aki mobil yang benar untuk mesin mobil non-injeksi.

Matikan mesin mobil terlebih dulu

Aki mengandung  aliran listrik, maka untuk melepasnya ada baiknya kalian memastikan bahwa mesin mobil dalam keadaan mati dan kunci kontak sudah dalam posisi off.

Bila perlu keluarkan kunci dari lubang pengapian untuk memastikan tidak ada daya yang masuk ke aki.

Bila kunci kontak masih dalam keadaan aktif, dapat beresiko menimbulkan percikan api terlebih saat masih terdapat arus listrik dan kabel aki dalam keadaan tercabut.

Lepas kabel negatif pada aki

Cara melepas aki mobil yang benar selanjutnya dengan melepas kabel terminal negatif aki.

Kalian bisa melonggarkan baut yang ada di kabel terminal negatif dengan perkakas khusus seperti kunci pas untuk mencegah munculnya percikan api. Terminal baterai negatif biasanya berwarna hitam dan memiliki simbol minus (-).

Lepas kabel positif pada aki

Jika sudah melepaskan kabel negatif, maka selanjutnya adalah lakukan hal yang sama pada kabel terminal positif aki mobil. Kabel ini biasanya memiliki ciri berwarna merah dan berlambang plus (+).

Jangan sampai tertukar urutan melepas kabelnya karena bisa menyebabkan kerusakan pada sistem kelistrikan mobil.

Selain itu, pastikan kabel positif dan negatif tidak saling menyentuh. Jangan biarkan kedua jenis kabel ini menyentuh apapun yang terbuat dari logam karena bisa menyebabkan korsleting.

Lepaskan aki

Jika kamu sudah melepas semua jaringan kabel, maka selanjutnya kalian bisa mengeluarkan aki dari kendaraan. Periksa bracket yang menahan baterai di tempatnya dan lepaskan semua konektor yang menahan aki di bracket.

Bila semua penahan sudah lepas, kalian bisa angkat aki dari wadah mesin dan meminta bantuan orang lain karena berat aki bisa melebihi 10 kg, bila tidak kuat.

Bersihkan terminal aki

Kalian bisa membersihkan karat atau korosi pada terminal aki dengan membersihkannya.

Cek endapan terminal yang warnanya bisa abu-abu, hijau, biru, atau putih. Kalian bisa menggunakan kain emery atau kertas amplas grit 100 untuk membersihkan korosi dari terminal sampai berkilau.

Ingat, asam aki bersifat korosif jadi jangan sampai terkena kulit atau pakaian.

Memasang aki baru

Jika semua sudah siap dan bersih, maka selanjutnya adalah memasang aki baru pada bracket dengan erat dan minyaki terminal. Letakkan aki baru di nampan aki dan pasang pada bracket.

Kamu tinggal membalik urutan prosesnya, untuk melepaskan aki dari bracket. Selanjutnya lumuri setiap terminal dengan selapis tipis minyak litium untuk mencegah karat.

Kalian juga harus memperhatikan posisi aki supaya sama dengan posisi aki lama. Pastikan juga semua baut atau penjepit sudah terpasang rapat sehingga aki tidak bergetar atau bergerak saat mobil beroperasi.

Cara melepas aki mobil injeksi

Cara melepas aki mobil injeksi ini perlu kalian ketahui juga karena kebanyakan mobil modern menggunakan jenis injeksi.

Selain injeksi, mobil-mobil modern ini juga umumnya sudah dilengkapi berbagai teknologi full elektronik yang diatur Electronic Control Unit (ECU) sehingga butuh penanganan khusus saat penggantian aki.

Kesalahan pemasangan aki pada mobil injeksi tidak bisa diabaikan karena bisa menyebabkan gangguan seperti hilangnya memori audio, jam, power window macet, hingga gangguan ECU menjadi konsekuensinya.

Untuk itu kalian perlu mengetahui cara melepas aki mobil injeksi agar hal tersebut tidak terjadi.

Karena hal ini juga, cara melepas aki mobil injeksi sama dengan cara melepas aki mobil ECU. Biasanya kerumitan pemasangannya membuat kalian sulit melepaskan aki mobil sendiri.

Oleh karena itu lebih baik menggunakan jasa montir atau minta bantuan ke jasa ganti aki mobil panggilan.

Namun jika kalian merasa yakin memasang sendiri. Kalian harus mengetahui cara melepas aki mobil injeksi atau cara melepas aki mobil ECU. Ada dua cara melepas aki mobil injeksi dan memasangnya.

Cara melepas aki mobil yang benar: aki injeksi dan memasangnya dengan bantuan aki charger

Cara melepas aki mobil ECU atau injeksi sama seperti cara ganti aki mobil matic. Pertama adalah dengan bantuan aki charger. Langkah ini juga bisa untuk memasang aki mobil injection. Cara ini bisa kamu coba untuk memastikan pasokan tenaga tetap terjaga berkat adanya dukungan daya listrik.

Tujuannya untuk meminimalisir gangguan kelistrikan di mobil. Sebisa mungkin kalian pastikan sejak dini gejala aki kurang setrum atau soak untuk meminimalkan gangguan komponen kelistrikan lain.

Berikut cara pasang aki mobil injeksi yang benar dengan bantuan aki charger.

  1. Nyalakan mobil atau starter mobil dan mesin dalam kondisi on
  2. Siapkan battery charger dan aki baru untuk membantu proses penggantian
  3. Kaitkan kabel battery charger pada ujung kabel kepala aki untuk memastikan daya listrik tetap terjaga
  4. Kendorkan baut pada kedua kepala aki (kutub) dan copot dari tempatnya
  5. Selanjutnya ganti dengan aki baru sesuai spesifikasi mobil kamu
  6. Pastikan hal itu terpasang dengan benar
  7. Lepas kabel baterai charger setelah penggantian aki selesai

Itulah beberapa trik cara ganti aki mobil matic. Kalian bisa langsung melakukannya pada mobil-mobil keluaran terbaru yang mayoritas injeksi.

Cara memasang aki mobil yang benar: aki injeksi saat mesin hidup

Cara memasang aki mobil ECU idealnya memang di bengkel resmi atau sentra aki yang punya alat-alat penunjang.

Namun kondisi di jalanan kadang serba mendadak, maka dari itu simak pula cara ganti aki mobil matic pada kondisi darurat.

Berikut adalah cara memasang aki mobil injeksi saat mesin hidup. Berikut urutannya:

  1. Pastikan mesin dalam keadaan menyala atau on
  2. Selanjutnya kendorkan baut kedua kepala aki dan copot dari tempatnya
  3. Jangan lupa siapkan aki baru sesuai spesifikasi mobil kalian
  4. Kemudian, pasangkan kembali aki dengan benar.

Tips dari Lifepal! Cara melepas aki mobil yang benar tentu dengan penuh hati-hati. Jika kalian tidak menggunakan jasa montir, maka haruslah memahami cara-cara melepas aki mobil yang benar.

Jika kalian sudah memahami cara melepas aki mobil yang benar, maka sebenarnya merupakan hal yang tidak rumit. Kalian hanya perlu mencopot mur pengikat kutub positif dan negatif, namun tetap lakukan secara hati-hati tidak sembrono.

Selain tahu cara melepas aki mobil yang benar, kalian juga harus ingat bahwa aki mengandung listrik.

Ada tahapan yang harus kamu lalui, salah dalam rangkaian maka bisa saja mobil kalian mengalami kerusakan atau lebih buruk lagi, yaitu kalian terluka karena sengatan listrik. Usahakan selalu cek aki mobil secara rutin, sesuai dengan cara mengecek aki mobil yang benar.

Jangan lupa untuk melindungi mobil kesayangan kamu dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Lindungi mobilmu dengan asuransi mobil

Biaya servis mobil dan perawatan tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Cobalah kalkulator menabung Lifepal!

Sudah tahu berapa yang harus kamu tabung untuk sesuatu setiap bulannya? Walaupun pemasukan kamu tidak besar, kamu harus berusaha memprioritaskan menabung. Sebab dana tabungan bisa kamu gunakan untuk uang darurat, modal, atau modal usaha.

Gunakanlah kalkulator menabung bulanan untuk bantu menghitung besarnya uang yang harus kamu tabung untuk tujuan kamu. Cobalah kalkulator menabung bulanan ini.

Gunakan pula kalkulator waktu menabung di bawah ini untuk menghitung waktu menabung yang dibutuhkan untuk mencapai target nilai akhir tabungan.

Siapkan dana darurat

Dana darurat adalah sejumlah dana yang perlu kamu siapkan dalam anggaran. Dana ini nantinya dapat kamu pakai untuk menghadapi berbagai kondisi yang tidak diinginkan dalam keseharian.

Jadi dana ini hanya akan digunakan untuk keperluan darurat, yang tidak bisa teratasi dengan anggaran lainnya.

Oleh karena itu, siapkan juga dana darurat untuk keamanan finansialmu. Kamu bisa menggunakan kalkulator dana darurat berikut untuk mengetahui kebutuhan dana daruratmu setiap bulannya:

Hitung uang pertanggungan asuransi kamu

Uang pertanggungan adalah sejumlah uang yang akan cair jika terjadi risiko meninggal dunia. Produk asuransi umumnya akan memberikan uang pertanggungan asuransi (UP).

Nilai uang pertanggungan adalah hasil perhitungan Nilai Hidup Manusia. Jika kamu ingin mengetahui berapa besarannya, manfaatkan kalkulator nilai hidup manusia berikut ini untuk menghitungnya:

Kita juga bisa memilih asuransi jiwa yang paling cocok dengan menggunakan kuis jenis asuransi jiwa berikut ini:

Perlu kamu ketahui, asuransi memiliki sejumlah risiko, terutama mengenai risiko kerugian investasi. Jika produk yang kamu pilih berbentuk unit link, maka ada risiko kerugian investasi di dalamnya.

Artinya, ada kemungkinan kamu perlu membayar premi lebih lama dari ketentuan awal jika terjadi risiko kerugian tersebut. Kalau kamu tidak mengisi ulang saldo unit link yang kosong, bisa-bisa polis kamu lapse.

Maka dari itu, pastikan sebelum memilih produknya kamu sudah membaca polisnya secara rinci. Mau cara yang lebih simple? Manfaatkan fitur perbandingan asuransi terbaik di Lifepal!

Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi jiwa terbaik

Pertanyaan seputar cara melepas aki mobil yang benar 

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.